9 Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak, Yuk Ajarkan Bunda

Rabu 05 Juni 2024, 15:45 WIB
Ilustrasi cara orang tua untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak (Sumber : Pexels.com/@Andikuzma)

Ilustrasi cara orang tua untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak (Sumber : Pexels.com/@Andikuzma)

SUKABUMIUPDATE.com - Kemampuan membaca merupakan salah satu keterampilan terpenting yang harus dikuasai oleh seorang anak di tahun-tahun awal sekolah dasar.

Namun, anak yang bisa membaca dengan fasih belum tentu lebih dari mereka yang belum bisa membaca benar. Karena kalau dilatih terus, sering bertambahnya usia akan membuat membaca memiliki peran penting dalam memahami pembelajaran seperti matematika, sains, dan ilmu sosial.

Jika para orang tua merasa khawatir dengan kemampuan membaca si kecil sebelum masuk usia sekolah. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan anak-anak.

Merangkum dari laman verywellfamily, berikut beberapa cara meningkatkan kemampuan membaca pada anak:

Baca Juga: Taklukkan Lonjakan Gula Darah: 11 Panduan Lengkap Mengelola dan Mencegahnya

1. Bacakan Buku untuk Anak

Bacakan buku untuk anak sangat penting. Bahkan, kalau mereka sudah cukup umur dan bisa membaca sendiri. Karena hal ini akan sangat membantunya mendengarkan seseorang yang lebih terlatih membacakan untuknya. Dia akan lebih memahami ritme, intonasi, dan, genre dari buku tersebut.

2. Buat Area Membaca yang Nyaman

Berikan anak Anda tempat di mana dia bisa merasa nyaman saat membaca. Kalau bisa berisikan buku-bukunya miliknya sendiri. Meskipun hal ini mungkin tidak membantu komponen teknis kefasihan, tapi dapat membantu dalam membangun apresiasi keseluruhan terhadap membaca.

3. Membangun Kosakata Penglihatan

Kata-kata penglihatan atau dikenal sebagai kata ini merupakan landasan keterampilan dalam membaca dan menulis pada Anak. Jika dia tidak bisa dengan cepat mengenali kata-kata umum, ada kemungkinan besar dia mengalami kesulitan dalam mencoba mengucapkan semua yang dia baca.

Baca Juga: 9 Cara Menjaga Kualitas Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

4. Membaca Berpasangan

Membaca secara berpasangan dapat diartikan dengan mengganti kalimat saat para orang tua membaca bersama si kecil, atau membaca dengan suara keras bersama-sama.

5. Membaca dengan Gema

Membaca gema adalah strategi yang bagus untuk anak-anak agar memiliki keterampilan teknis membaca baik. Jika dia mengalami kesulitan membaca dengan ekspresi, cobalah orang tua membaca satu bagian lalu minta “menggaungkan” menggunakan intonasi serta penekanan yang sama seperti Anda lakukan.

6. Pilih Buku yang Dapat Dikaitkan dengan Anak-Anak

Memilih buku yang dapat membuat anak-anak menemukan solusi terhadap masalah yang mereka hadapi tidak hanya membantu membangun kelancaran, tetapi juga menangani masalah seperti penindasan dan penolakan di sekolah.

7. Berlatih Membaca Kritis

Kemampuan membaca bukan hanya tentang bisa mengenali kata-kata dan membacanya secara ekspresif dengan kecepatan yang baik. Namun, ini juga tentang bagaimana cara memahami apa yang dibaca, sehingga mampu mengevaluasi informasi tersebut. Membaca kritis merupakan salah satu keterampilan penting bagi siswa kelas tiga, empat, dan lima.

Baca Juga: Cara Meracik Rebusan Kayu Manis untuk Menyembuhkan Penyakit Gula Darah Tinggi, Simpel!

8. Cari Masalah Membaca

Meskipun mungkin beberapa tidak mau mengakuinya, tetapi terkadang anak tidak fasih membaca disebabkan kesulitan pada kemampuan belajar yang mendasarinya dalam membaca.

Jika strategi yang Anda coba untuk meningkatkan kefasihan membaca tampaknya tidak berhasil, waspadai tanda-tanda masalah membaca lainnya. Maka dari itu, ketika anak menunjukkan ketidakmampuan dalam membaca, orang tua perlu mencari tahu masalahnya.

9. Tetap Berhubungan Dengan Guru Anak Anda

Komunikasi orang tua dengan guru merupakan salah satu kunci keberhasilan anak, terutama dalam membaca. Karena Guru dapat memberitahu Anak-anak pada tingkat apa mereka lancar serta mampu membaca, juga dapat memberikan saran buku untuk membuatnya tertarik di rumah.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life04 Juli 2024, 10:30 WIB

15 Kegiatan Bersama Pasangan Untuk Bisa Mengembalikan Cinta yang Hilang

Ketika menjalin hubungan pasti yang dipikirkan oleh pasangan adalah bagaimana cara untuk mempertahankan cinta serta kebahagiaan di dalamnya. Akan tetapi, pada perjalanannya pasti ada hambatan serta rintangan.
Ilustrasi Liburan menjadi salah satu kegiatan untuk mengembalikan cinta dalam hubungan pada pasangan (Sumber : freepik.com/@marymarkevich)
Gadget04 Juli 2024, 10:07 WIB

Ada Samsung dan Apple, Daftar 35 HP yang Tidak Bisa Lagi Menggunakan WhatsApp

Langkah ini bertujuan meningkatkan kinerja dan keamanan aplikasi.
(Foto Ilustrasi) WhatsApp mengumumkan perubahan signifikan dalam persyaratan sistem minimum penggunaannya. | Foto: Pixabay
Life04 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Orang yang Memiliki Mental Kuat, Tak Pernah Goyah di Tengah Cobaan

Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang.
Ilustrasi - Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi04 Juli 2024, 09:46 WIB

Bersanding dengan Kampus Besar Se-Indonesia, PSM UMMI Sukabumi Jadi Finalis LPSMN 2024

Syarif Firdaus mengatakan LPSMN merupakan lomba yang dilaksanakan 2 tahun sekali oleh Badan Pusat Talenta Infonesia di bawah naungan Pusat Prestasi Nasional.
PSM Simfoni UMMI masuk sebagai finalis bersama 29 perguruan tinggi se-Indonesia. | Foto: UMMI
Nasional04 Juli 2024, 09:43 WIB

Tim PKM Mahasiswa Asal Sukabumi Ciptakan Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih

Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic ini diciptakan oleh tim PKM UB yang diketuai oleh mahasiswa asal Sukabumi.
Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic (Sumber : Istimewa)
Inspirasi04 Juli 2024, 09:26 WIB

Lewat Program Diskumindag, Pemkot Sukabumi Gelar Pelatihan Ekonomi Kreatif

Pelatihan ini diharapkan memberikan pengetahuan dan pemahaman untuk peserta.
Diskumindag Kota Sukabumi pada Rabu, 3 Juli 2024, mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku ekonomi kreatif. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Sehat04 Juli 2024, 09:00 WIB

8 Manfaat Blewah untuk Kesehatan, Mencegah Dehidrasi Hingga Mengatur Tekanan Darah

Blewah dengan segudang manfaat kesehatannya, terbukti menjadi tambahan bergizi untuk diet seseorang.
Ilustrasi - Blewah dengan segudang manfaat kesehatannya, terbukti menjadi tambahan bergizi untuk diet seseorang. (Sumber : Pixabay.com/@colibri5).
Food & Travel04 Juli 2024, 08:30 WIB

Kadar Purin Tinggi! 10 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Ketahui apa saja daftar makanan yang harus dihindari penderita asam urat (terutama karena kandungan purinnya tinggi) untuk mengelola kondisi kesehatan dan mengurangi risiko serangan asam urat.
Ilustrasi. Kandungan purin daging merah yang tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat. (Sumber : Freepik/@stockking)
Sehat04 Juli 2024, 08:00 WIB

Atur Porsi Makan, 15 Tips Terbaik Menurunkan Berat Badan dengan Cara yang Sehat

Pastikan mendapatkan tidur yang cukup, sekitar 7-9 jam per malam agar berat badan bisa turun dengan cara yang sehat.
Ilustrasi. Kombinasikan latihan kardio dengan latihan kekuatan untuk membakar kalori dan membangun otot sehingga bisa menurunkan berat badan dengan sehat. (Sumber : Pexels/JessicaMonte)
Food & Travel04 Juli 2024, 07:00 WIB

Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat?

Diet untuk menurunkan berat badan tidak harus berarti mengabaikan camilan lezat. Lantas, Apakah Ngemil Itu Sehat?
Ilustrasi. Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat? (Sumber : Pexels/shvetsproduction)