Demam Terus Menerus? Waspadai 4 Penyakit Penyebab Demam Pada Bayi

Selasa 04 Juni 2024, 13:45 WIB
Ilustrasi Penyakit Penyebab Demam Pada Bayi yang Perlu Penanganan Benar (Sumber : Pexels.com/@CDC)

Ilustrasi Penyakit Penyebab Demam Pada Bayi yang Perlu Penanganan Benar (Sumber : Pexels.com/@CDC)

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak alasan mengapa bayi mengalami demam, bahkan saat tumbuh gigi pun dapat menyebabkan sedikit peningkatan suhu meski sebagian besar penyebabnya tidak mengancam nyawa, tetapi harus diwaspadai.

Demam biasanya merupakan tanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi agar tetap sehat. Namun demam pada bayi dapat mengkhawatirkan, terutama jika mereka mengalami gejala lain.

Ada kalanya demam dan gejala terkait yang muncul mungkin menandakan keadaan darurat sebenarnya, sehingga menghubungi dokter anak untuk meminta bantuan adalah langkah yang tepat. Apalagi suhu tubuh manusia normal diketahui ada pada kisaran 98,6 derajat F (37 C).

Baca Juga: Resep Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Cara Buatnya Simpel!

Perlu diketahui, hipotalamus adalah bagian otak yang menerima informasi dari tubuh untuk membantunya menyesuaikan dan menjaga keseimbangan. Ini akan mengirimkan instruksi menaikkan atau menurunkan suhu karena beberapa alasan ketika bayi sakit.

Orang tua perlu waspada karena ada beberapa penyakit yang menyebabkan demam pada bayi bersifat serius dan mungkin mengancam nyawa.

Mengutip dari laman verywellhealth.com, berikut jenis penyakit yang dapat menyebabkan demam pada bayi :

Baca Juga: Asam Urat Gak Sembuh Tapi Tambah Parah! Kenali 9 Makanan yang Wajib Dihindari

1. Meningitis

Meningitis adalah infeksi pada jaringan dan cairan yang menutupi otak serta sumsum tulang belakang, sehingga meningitis bakterial berpotensi berakibat fatal. Tanda bayi dengan meningitis akan mudah tersinggung, tidak makan dengan baik, dan banyak mengantuk.

Bayi dengan meningitis kemungkinan besar mengalami demam dan mungkin ada benjolan atau pembengkakan di ubun-ubun (titik lemah di kepala).

Berikut gejala meningitis lainnya pada bayi dapat berupa:

  • Penyakit kuning (warna kekuningan pada kulit)
  • Kekakuan leher dan badan
  • Kelemahan saat menghisap
  • Kelesuan
  • Suhu tubuh rendah

Hubungi dokter dengan segera jika si kecil mengalami gejala di atas agar bisa melakukan pemeriksaan tulang belakang jika ia dicurigai menderita meningitis.

2. Kanker

Demam yang terus-menerus, terutama ketika bayi sampai berkeringat di malam hari atau kulitnya sangat pucat serta berminyak, bisa jadi merupakan gejala yang berhubungan dengan kanker pada masa kanak-kanak.

Menurut American Academy of Pediatrics, jenis kanker yang paling umum terjadi pada anak-anak yang masih sangat kecil termasuk neuroblastoma dan leukemia.

Baca Juga: 8 Cara Efektif Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat, Bisa Dilakukan di Rumah

3. Penyakit Kawasaki

Penyakit Kawasaki adalah peradangan pada pembuluh darah. Jika tidak diobati, penyakit ini adalah salah satu penyebab utama masalah jantung yang berkembang di masa kanak-kanak.

Demam membandel bisa menjadi tanda terkena penyakit Kawasaki, yaitu penyakit yang dapat menyerang semua bayi dan lebih umum terjadi pada beberapa keluarga di Asia. Gejala lainnya berupa pembengkakan, pengelupasan kulit pada tangan dan kaki, muntah, serta diare.

Penyebab penyakit ini tidak diketahui secara pasti, namun dapat diobati. Tetapi hal ini mungkin terkait dengan genetika, faktor lingkungan, dan virus pernapasan.

4. Gangguan Autoimun

Meski tidak umum terjadi, namun demam pada bayi dapat dikaitkan dengan gangguan autoimun. Penyakit tersebut hampir seperti diabetes tipe 1 dan lupus, dengan demam sebagai salah satu tanda awal penyakit lupus. Penyebab lain mungkin termasuk reaksi alergi terhadap makanan atau obat-obatan.

Gejalanya berubah tergantung penyakit yang mendasarinya, namun penting untuk menghubungi dokter bayi jika menurut orang tua demamnya berlebihan dari seharusnya sehingga diperlukan diagnosis secara benar.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat04 Juli 2024, 15:45 WIB

Diet Sesuai Golongan Darah, Inilah Makanan yang Direkomendasikan Ahli

meskipun orang-orang masih mengikuti diet golongan darah saat ini, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung diet tersebut dan para ahli telah mengkritik konsepnya
Ilustrasi Inilah makanan rekomendasi dari ahli untuk diet sesuai golongan darah (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com)
Sukabumi04 Juli 2024, 15:30 WIB

Bupati Marwan Ajak Warga Sukabumi Perangi Narkoba

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menghadiri acara Launching Lomba Desa dan Kelurahan BERSINAR (Bersih Narkoba) Se-Kabupaten Sukabumi Tahun 2024 bertempat di Aula Setda, Palabuhanratu, Rabu, 3 Juli 2024.
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Dokpim
Musik04 Juli 2024, 15:30 WIB

The Dream Reborn, Konser DPR yang Akan Kembali ke Indonesia Bulan Desember

Label yang menaungi penyanyi hip hop DPR Ian yaitu Dream Perfect Regime mengumumkan akan melaksanakan tour dunia bertajuk The Dream Reborn tahun ini di kawasan Asia, Eropa, hingga Amerika.
The Dream Reborn, Konser DPR yang Akan Kembali ke Indonesia Bulan Desember (Sumber : Instagram@/dpr_official)
Life04 Juli 2024, 15:15 WIB

Terlalu Menyenangkan, Simak 5 Cara Klasik Mengenali Orang Palsu Menurut Psikologi

Menurut psikologi, ada cara klasik untuk mengenali orang palsu yang ada di sekitar dengan memperhatikan sikap yang ditunjukkan.
Ilustrasi Cara Klasik Mengenali Orang Palsu Menurut Psikologi (Sumber : Pexels.com/@fauxels)
DPRD Kab. Sukabumi04 Juli 2024, 15:06 WIB

DPRD Hadir, 1.000 Penari Jipeng Meriahkan Syukuran Nelayan Palangpang Sukabumi

Kegiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati Sukabumi Ahmad Syamsul Bahri.
Pembukaan syukuran Hari Nelayan Palangpang ke-67 di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Kamis (4/7/2024). | Foto: Istimewa
Gadget04 Juli 2024, 15:02 WIB

Kenapa Tiktok? Media Sosialisasi dan Edukasi yang Tepat untuk Siswa Kekinian

media sosial sebagai alat efektif dalam menyampaikan informasi dan pesan edukatif kepada generasi muda.
Ilustrasi bocah. Kenapa Tiktok? Media Sosialisasi dan Edukasi yang Tepat untuk Pelajar Kekinian (Sumber: freepik)
Inspirasi04 Juli 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Cibadak, Cicurug dan Cisaat

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Cibadak, Cicurug dan Cisaat.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Food & Travel04 Juli 2024, 14:30 WIB

Liburan Sekolah Makin Seru! 8 Wisata Kids Friendly di Sukabumi yang Siap Menghibur Anak-anak

Sukabumi, salah satu kota di Jawa Barat, menawarkan berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi, menjanjikan petualangan seru dan tak terlupakan bagi anak-anak.
Goalpara Tea Park - Sukabumi, salah satu kota di Jawa Barat, menawarkan berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi, menjanjikan petualangan seru dan tak terlupakan bagi anak-anak. (Sumber : Instagram/@goalparateapark).
Nasional04 Juli 2024, 14:26 WIB

Cerita Pejabat Indonesia Tak Kuat Nahan Hasrat Berujung Hilang Jabatan

Berita unik tentang pejabat di Indonesia kali ini menimpa Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari. Kasus telah menarik perhatian publik.
Ilustrasi paksa anak buah berhubungan badan berujung hilang jabatan | Foto : Pixabay
Life04 Juli 2024, 14:00 WIB

Bukan Marah-marah! Ini 10 Tips Mendidik Anak dengan Cara yang Sehat

Dengan pendekatan yang holistik dan konsisten, orang tua dapat membantu anak tumbuh dan berkembang secara sehat, baik secara fisik, mental, maupun emosional.
Ilustrasi. Bukan Marah-marah! Ini Cara Mendidik Anak dengan Cara yang Sehat (Sumber : Freepik/@freepik)