5 Kondisi Umum Penyebab Demam Pada Bayi yang Perlu Diketahui Orang Tua

Selasa 04 Juni 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi Kondisi Umum Penyebab Demam Pada Bayi yang Perlu Diketahui Orang Tua (Sumber : Pexels.com/@karolinagrabowska)

Ilustrasi Kondisi Umum Penyebab Demam Pada Bayi yang Perlu Diketahui Orang Tua (Sumber : Pexels.com/@karolinagrabowska)

SUKABUMIUPDATE.com - Bayi dan anak-anak mungkin mengalami variasi ringan berbeda pada suhu tubuh yang disebut "normal". Jadi, penting untuk orang tua mengetahui apa yang sebenarnya disebut demam.

Kecuali dokter atau penyedia layanan kesehatan anak memberitahu orang tua sebaliknya, dan mengatakan suhu tinggi anak tidak dianggap demam kalau tidak sampai melebihi 100,4 F.

Jika bayi mengalami demam 100,4 F (38 C) atau lebih tinggi, hubungi dokter untuk panduan lebih lanjut. Tetapi apabila orang tua belum sempat ke dokter dan ingin memberikan obat sebagai penanganan pertama, ada beberapa hal yang perlu diketahui bahwa:

  • Tylenol (acetaminophen) aman untuk bayi, tapi hati-hati dengan dosisnya.
  • Motrin atau Advil (ibuprofen) aman untuk bayi diatas 6 bulan.
  • Jangan berikan aspirin kepada anak kecil

Baca Juga: Resep Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Cara Buatnya Simpel!

Orang tua juga dapat mencoba teknik penurun demam yang tidak memerlukan pengobatan, seperti melepas lapisan pakaian tambahan, mandi air hangat (bukan air dingin), dan memberikan cairan tambahan. Tindakan ini mungkin sesuai untuk kondisi demam yang tidak dianggap serius.

Melansir dari laman verywellhealth.com, berikut beberapa kondisi umum penyebab demam pada bayi yang perlu diketahui:

1. Infeksi Virus

Virus mudah menular, terutama pada bayi meski jarang ada yang bersifat serius. Akan tetapi ada beberapa pengecualian. Di antara infeksi virus paling umum yang dikaitkan dengan demam pada bayi:

  • Pilek biasa : Adenovirus, virus corona non-COVID, dan rhinovirus yang menyebabkan sebagian besar pilek.
  • Influenza : Flu merupakan penyakit yang umum terjadi, namun dapat menyebabkan demam tinggi sehingga memerlukan kunjungan dokter.
  • Gastroenteritis : Muntah dan diare dapat disertai demam dan juga menyebabkan dehidrasi.
  • Infeksi telinga : Penyakit ini umum terjadi pada bayi dan dapat menyebabkan demam, namun biasanya akan membaik tanpa pengobatan.
  • Croup : Batuk dan demam yang khas paling sering terjadi pada bayi berusia 6 bulan hingga 3 tahun.
  • Respiratory syncytial virus (RSV) : Dengan gejala pilek dan flu, RSV dapat mengancam jiwa pada bayi prematur. Ini adalah penyebab paling umum dari bronkiolitis pada anak-anak di bawah 1 tahun.

2. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri biasanya hanya menyebabkan penyakit ringan seperti radang tenggorokan dan infeksi telinga saja. Adapun muncul demam mungkin bisa menandakan adanya infeksi bakteri yang lebih serius, seperti salmonella, Escherichia coli (E. coli), tuberkulosis, dan MRSA yang resisten terhadap antibiotik.

Bahkan, meningitis atau radang jaringan di sekitar orang juga dapat disebabkan oleh virus. Namun, bentuk meningitis yang disebabkan oleh bakteri dapat mengancam jiwa.

Sebuah studi tahun 2021 menemukan E. coli, yang umumnya terkait dengan tinja (kotoran) adalah penyebab paling umum dari infeksi bakteri parah pada bayi baru lahir dengan demam tinggi sehingga perlu dibawa ke ruang gawat darurat. Seperti halnya infeksi virus, infeksi bakteri juga memiliki gejala lain selain demam.

Karena bayi tidak dapat memberitahu apakah tenggorokannya atau perutnya sakit, jadi perlu diwaspadai bila mengalami muntah, diare, atau kurang nafsu makan secara tiba-tiba. Apalagi ternyata dehidrasi bisa menjadi komplikasi dari jenis infeksi ini.

Baca Juga: Asam Urat Gak Sembuh Tapi Tambah Parah! Kenali 9 Makanan yang Wajib Dihindari

3. Reaksi Vaksin

Bayi terkadang mengalami demam setelah vaksinasi, termasuk imunisasi DTaP (difteri, pertusis, tetanus). Demam ringan dari ini memang sering terjadi dan tidak perlu dianggap serius.
Demam ringan yang berhubungan dengan imunisasi biasanya dapat diobati dengan mandi spons dan obat pereda nyeri non-aspirin yang diresepkan oleh dokter.

4. Suhu Terlalu Panas

Ini mungkin terlihat jelas, tetapi bayi mengalami sedikit demam karena suhunya terlalu hangat. Seperti diketahui kalau bayi tidak bisa mengatur suhu tubuhnya sebaik anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa.

Hal ini terutama berlaku pada suhu musiman yang panas atau ruangan dingin tapi bisa menyebabkan tubuhnya jadi panas. Jadi, yang perlu dilakukan adalah lepaskan pakaian, pindah ke ruangan lain, pastikan bayi mendapat cairan, dan cobalah mandi spons.

Namun, demam berlebih bisa berakibat serius sehingga menyebabkan kelelahan akibat panas dan serangan panas di tubuh. Panas berlebih juga dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terjadinya Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SID).

Baca Juga: 8 Cara Efektif Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat, Bisa Dilakukan di Rumah

5. Kondisi Serius

Beberapa penyakit serius dapat menyebabkan demam pada bayi bersifat serius atau mungkin mengancam nyawa. Misalnya, meningitis, kanker, hingga gangguan autoimun.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Juli 2024, 15:30 WIB

Bupati Marwan Ajak Warga Sukabumi Perangi Narkoba

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menghadiri acara Launching Lomba Desa dan Kelurahan BERSINAR (Bersih Narkoba) Se-Kabupaten Sukabumi Tahun 2024 bertempat di Aula Setda, Palabuhanratu, Rabu, 3 Juli 2024.
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Dokpim
Musik04 Juli 2024, 15:30 WIB

The Dream Reborn, Konser DPR yang Akan Kembali ke Indonesia Bulan Desember

Label yang menaungi penyanyi hip hop DPR Ian yaitu Dream Perfect Regime mengumumkan akan melaksanakan tour dunia bertajuk The Dream Reborn tahun ini di kawasan Asia, Eropa, hingga Amerika.
The Dream Reborn, Konser DPR yang Akan Kembali ke Indonesia Bulan Desember (Sumber : Instagram@/dpr_official)
Life04 Juli 2024, 15:15 WIB

Terlalu Menyenangkan, Simak 5 Cara Klasik Mengenali Orang Palsu Menurut Psikologi

Menurut psikologi, ada cara klasik untuk mengenali orang palsu yang ada di sekitar dengan memperhatikan sikap yang ditunjukkan.
Ilustrasi Cara Klasik Mengenali Orang Palsu Menurut Psikologi (Sumber : Pexels.com/@fauxels)
DPRD Kab. Sukabumi04 Juli 2024, 15:06 WIB

DPRD Hadir, 1.000 Penari Jipeng Meriahkan Syukuran Nelayan Palangpang Sukabumi

Kegiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati Sukabumi Ahmad Syamsul Bahri.
Pembukaan syukuran Hari Nelayan Palangpang ke-67 di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Kamis (4/7/2024). | Foto: Istimewa
Gadget04 Juli 2024, 15:02 WIB

Kenapa Tiktok? Media Sosialisasi dan Edukasi yang Tepat untuk Siswa Kekinian

media sosial sebagai alat efektif dalam menyampaikan informasi dan pesan edukatif kepada generasi muda.
Ilustrasi bocah. Kenapa Tiktok? Media Sosialisasi dan Edukasi yang Tepat untuk Pelajar Kekinian (Sumber: freepik)
Inspirasi04 Juli 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Cibadak, Cicurug dan Cisaat

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Cibadak, Cicurug dan Cisaat.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Food & Travel04 Juli 2024, 14:30 WIB

Liburan Sekolah Makin Seru! 8 Wisata Kids Friendly di Sukabumi yang Siap Menghibur Anak-anak

Sukabumi, salah satu kota di Jawa Barat, menawarkan berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi, menjanjikan petualangan seru dan tak terlupakan bagi anak-anak.
Goalpara Tea Park - Sukabumi, salah satu kota di Jawa Barat, menawarkan berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi, menjanjikan petualangan seru dan tak terlupakan bagi anak-anak. (Sumber : Instagram/@goalparateapark).
Nasional04 Juli 2024, 14:26 WIB

Cerita Pejabat Indonesia Tak Kuat Nahan Hasrat Berujung Hilang Jabatan

Berita unik tentang pejabat di Indonesia kali ini menimpa Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari. Kasus telah menarik perhatian publik.
Ilustrasi paksa anak buah berhubungan badan berujung hilang jabatan | Foto : Pixabay
Life04 Juli 2024, 14:00 WIB

Bukan Marah-marah! Ini 10 Tips Mendidik Anak dengan Cara yang Sehat

Dengan pendekatan yang holistik dan konsisten, orang tua dapat membantu anak tumbuh dan berkembang secara sehat, baik secara fisik, mental, maupun emosional.
Ilustrasi. Bukan Marah-marah! Ini Cara Mendidik Anak dengan Cara yang Sehat (Sumber : Freepik/@freepik)
Food & Travel04 Juli 2024, 13:44 WIB

Destinasi Impian, 5 Penginapan dengan Pemandangan Menakjubkan di Geopark Ciletuh Palabuhanratu

Saat berkunjung ke Geopark Ciletuh, memilih penginapan yang nyaman dan strategis adalah hal yang penting untuk memastikan pengalaman wisata yang optimal.
Nikmati mentari dari teluk ciletuh, geopark ciletuh palabuhanratu (Sumber: ngko tourguide)