Yuk Cobain, 10 Tips Menurunkan Berat Badan Untuk Mendapatkan Hasil yang Ideal

Selasa 04 Juni 2024, 11:15 WIB
Ilustrasi Yuk Cobain, 10 Tips Menurunkan Berat Badan Untuk Mendapatkan Hasil yang Ideal (Sumber : pixabay.com/@hilux50)

Ilustrasi Yuk Cobain, 10 Tips Menurunkan Berat Badan Untuk Mendapatkan Hasil yang Ideal (Sumber : pixabay.com/@hilux50)

SUKABUMIUPDATE.com - Menurunkan berat badan secara sehat dan efektif memang memerlukan kombinasi baik dari pola makan, aktivitas fisik secara rutin, serta perubahan gaya hidup yang berkelanjutan. Proses ini tidak hanya sekedar mengurangi asupan kalori, tetapi juga memperhatikan kualitas makanan ketika dikonsumsi dan bagaimana tubuh merespons perubahan tersebut.

Pola makan baik dengan melibatkan pemilihan makanan yang kaya nutrisi, seimbang, dan bervariasi, serta menghindari kebiasaan buruk seperti makan larut malam atau mengkonsumsi makanan cepat saji secara berlebihan.

Makanan yang kaya serat, protein, dan lemak sehat sangat disarankan karena dapat menjaga kenyang lebih lama dan menghindari keinginan ngemil yang tidak sehat. Mengatur porsi makan juga penting untuk mengontrol asupan kalori tanpa merasa kelaparan.

Baca Juga: Resep Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Cara Buatnya Simpel!

Aktivitas fisik secara rutin, seperti berjalan kaki, berlari, atau berolahraga di gym, juga membantu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya membantu menurunkan berat badan lebih efektif.

Olahraga tidak hanya membakar kalori tetapi juga meningkatkan kesehatan kardiovaskular, memperkuat otot, dan memperbaiki suasana hati. Olahraga aerobik, seperti berlari dan berenang, sangat efektif untuk membakar lemak. Sementara latihan kekuatan seperti angkat beban membantu membangun otot serta meningkatkan metabolisme basal.

Rutin melakukan aktivitas fisik juga membantu tubuh mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin, yang penting dalam pencegahan penyakit kronis.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tips yang bisa membantu menurunkan berat badan dengan baik:

Baca Juga: Asam Urat Gak Sembuh Tapi Tambah Parah! Kenali 9 Makanan yang Wajib Dihindari

1. Makan dengan Porsi yang Teratur

Langkah pertama adalah hindari makan dengan porsi besar. Sebaiknya makan dalam porsi kecil namun sering, sekitar 5-6 kali sehari agar bisa membantu menjaga metabolisme tubuh tetap aktif.

2. Pilih Makanan yang Sehat

Saat diet sebaiknya konsumsi lebih banyak buah, sayuran, biji-bijian utuh, hingga protein rendah lemak. Lalu, hindari makanan yang tinggi gula, lemak jenuh, dan karbohidrat olahan.

3. Minum Air yang Cukup

Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari. Sebab, kadang-kadang tubuh salah menginterpretasikan rasa haus sebagai rasa lapar.

4. Olahraga Secara Teratur

Agar mendapatkan hasil maksimal lakukanlah olahraga setidaknya 30 menit sehari, 5 kali dalam seminggu. Pilih aktivitas yang Anda nikmati, seperti berjalan kaki, berlari, berenang, atau bersepeda, sehingga bisa dilakukan secara rutin.

5. Tidur yang Cukup

Pastikan Anda mendapatkan 7 - 9 jam tidur per malam. Karena kurang tidur dapat mempengaruhi hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang, sehingga meningkatkan nafsu makan apalagi di malam hari.

Baca Juga: 9 Cara Efektif Mencegah Asam Urat Secara Alami Tanpa Obat, Cukup Di Rumah!

6. Hindari Stres Berlebih

Stres dapat menjadi salah satu pemicu makan berlebihan atau memilih makanan tidak sehat. Carilah cara untuk mengelola stres seperti meditasi, yoga, atau hobi yang menyenangkan.

7. Catat Asupan Makanan dan Aktivitas

Membuat catatan harian tentang apa yang dimakan dan aktivitas yang dilakukan karena dapat membantu Anda tetap pada jalur benar dalam diet sekaligus melihat sudah sampai mana kemajuannya.

8. Kurangi Konsumsi Minuman Berkalori

Minuman manis seperti soda, jus buah, dan minuman berenergi tinggi kalori, bisa menambah berat badan. Jadi hindari minuman tersebut, lebih baik minum air putih atau teh tanpa gula.

9. Pilih Cemilan Sehat

Gantilah cemilan tinggi kalori dengan yang lebih sehat seperti buah segar, kacang-kacangan, atau yogurt rendah lemak.

10. Konsultasikan dengan Ahli Gizi atau Dokter

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau memerlukan panduan khusus, konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter untuk mendapatkan rencana diet yang tepat.

Baca Juga: 9 Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat yang Bisa Dilakukan Sendiri Dirumah

Perubahan kecil tapi konsisten dalam kebiasaan sehari-hari seringkali lebih efektif untuk menurunkan berat badan dalam jangka panjang dibandingkan dengan perubahan drastis yang sulit dipertahankan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 21:51 WIB

Rayu PKS Gabung Koalisi Sulanjana, Fikri Bertemu Sodikin Untuk Pilkada Sukabumi

Tokoh muda yang siap menjadi Bakal calon (Bacalon) Wakil Bupati Sukabumi, Fikri Abdul Aziz  bertemu dengan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sukabumi, M Sodikin.
Bakal Calon Wakil Bupati, Fikri Abdul Aziz dan M. Sodikin saat bertemu membahas Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi02 Juli 2024, 21:11 WIB

Bupati Sukabumi Akan Serahkan Raperda LPj APBD 2023 ke Gubernur untuk Evaluasi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengumumkan bahwa Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 telah resmi disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life02 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Bahasa Tubuh Wanita yang Diam-diam Menyukaimu, Dia Memendam Rasa!

Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya.
Ilustrasi - Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya. (Sumber : Freepik.com).
Nasional02 Juli 2024, 20:41 WIB

Hacker Bakal Berikan Kunci Enkripsi Pusat Data Nasional yang Diretas

Kelompok hacker, Brain Chiper, yang diduga meretas Pusat Data Nasional (PDNS), membuat pengumuman yang mengejutkan publik. Hal itu diungkap akun perusahaan intelijen siber @stealthmole_int di X.
Brain Chiper, yang diduga peretas Pusat Data Nasional (PDNS), menyebutkan bahwa kunci untuk membuka akses enkripsi PDNS 2 akan diberikan pada Rabu, 3 Juli 2024 | Foto : Ilustrasi
DPRD Kab. Sukabumi02 Juli 2024, 20:06 WIB

Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Tetapkan Laporan APBD 2023 Menjadi Perda

DPRD Kabupatem Sukabumi, menggelar Rapat Paripurna untuk menetapkan hasil laporan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, menjadi peraturan daerah (Perda).
Rapat Pipurna DPRD Kabupaten Sukabumi tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 | Foto : Istimewa
Gadget02 Juli 2024, 20:00 WIB

3 Rekomendasi HP dengan RAM Besar Harga Mulai Rp3 Jutaan Saja!

HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan.
Ilustrasi - HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan. (Sumber : samsung.com/Mi.co.id).
Nasional02 Juli 2024, 19:05 WIB

Penjambret Beraksi Di Jakarta Ditangkap Di Sukabumi: Ini Kronologi dan Identitasnya

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihaknya telah menangkap dua penjambret yang beraksi di arena Car Free Day Jalan Sudirman, Jakarta Pusat
Penjambret tertangkap kamera fotografer saat beraksi di car fre day di Sudirman Jakarta | Foto : @zakwanoe di X (Twitter)
Sehat02 Juli 2024, 19:00 WIB

Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol. (Sumber : YouTube/@Classic Bakes).
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 18:18 WIB

Bersaing di Pilbup Sukabumi, Asjap dan Iyos Kompak Hadiri Acara DPP Golkar: Ini Kata Relawan

Bakal calon bupati Sukabumi, Asep Japar dan Iyos Somantri kompak menghadiri acara DPP Partai Golkar, pada Minggu 30 Juni 2024, di Jakarta.
Asep Japar dan Iyos Somantri kompak hadiri acara DPP Partai Golkar | Foto : Istimewa
Life02 Juli 2024, 18:00 WIB

8 Doa-doa Pendek yang Pahalanya Bukan Main! Amalkan Setiap Hari

Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya.
Ilustrasi - Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya. (Sumber : pexels.com/@SERHAT TUĞ)