11 Tanda Bayi Terlalu Terstimulasi dan Cara Jitu Untuk Menenangkannya

Senin 03 Juni 2024, 11:45 WIB
Ilustrasi orang berusaha menenangkan bayo ketika terlihat tanda akan mengalami stimulasi berlebihan (Sumber : Pexels.com/@williamfortunato)

Ilustrasi orang berusaha menenangkan bayo ketika terlihat tanda akan mengalami stimulasi berlebihan (Sumber : Pexels.com/@williamfortunato)

SUKABUMIUPDATE.com - Hal-hal seperti terlalu banyak kebisingan, orang-orang baru, atau lingkungan baru semuanya bisa menyebabkan bayi mendapat rangsangan berlebihan. Adapun tandanya dapat terlihat ketika dia mudah tersinggung, menangis, atau mengamuk.

Akan tetapi setiap bayi berbeda, namun beberapa diantaranya cenderung lebih mudah mendapatkan rangsangan berlebihan dibandingkan dengan bayi-bayi lainnya.

Jelas Dr. Kevin Kathrotia, seorang neonatology dan dokter anak, stimulasi berlebihan terjadi ketika bayi atau anak mengalami lebih banyak rangsangan daripada biasa mereka tangani atau diterima.

Baca Juga: 9 Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat yang Bisa Dilakukan Sendiri Dirumah

Sementara menurut Kathrotia, overstimulasi pada bayi cukup sering terjadi. Terutama ketika dia berada di usia sekitar 2 minggu hingga 3 dan 4 bulan.

Ternyata anak-anak yang lebih besar juga bisa mendapatkan rangsangan berlebihan. Misalnya, orang tua mungkin mendapati balita atau anak prasekolah mengalami kekacauan setelah seharian menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga.

Tanda-tanda Bayi Mengalami Overstimulasi

Mengutip dari laman healthline, stimulasi berlebihan terlihat sedikit berbeda pada setiap anak, tetapi orang tua mungkin bisa memperhatikan beberapa tanda umum, terutama pada bayi:

  1. Menangis lebih keras dari biasanya
  2. Menarik diri dari sentuhan atau memalingkan muka dari orang tua
  3. Ingin diadakan
  4. Ingin menyusui lebih sering
  5. Menjadi sangat rewel atau mudah tersinggung
  6. Mengepalkan tangan atau melambaikan tangan dan kaki
  7. Bertindak takut
  8. Mengalami tantrum
  9. Bergerak dengan panik atau tersentak-sentak
  10. Bertindak sangat lelah
  11. Melakukan tindakan menenangkan diri, seperti menghisap tangan atau kepalan tangan

Baca Juga: Bebas dari Tinggi Purin! 8 Makanan yang Membantu Menurunkan Asam Urat dalam Darah

Cara Menenangkan Bayi yang Terlalu Terstimulasi

Bagi, orang tua tidak perlu takut karena ada beberapa langkah dalam menenangkan bayi yang memiliki stimulasi berlebihan, berikut di antaranya:

1. Singkirkan Mereka Dari Situasi Saat Ini

Ketika orang tua menyadari bahwa bayi mengalami rangsangan berlebihan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membawa mereka ke tempat yang lebih tenang dan gelap, bisa berupa kamar bayi, ruangan gelap di rumah, gendong bayi di dada Anda, simpan di kereta dorong bayi, atau bahkan kursi mobil mereka.

Pastikan saja ruangannya tenang dan bicaralah dengan bayi menggunakan suara begitu lembut serta menenangkan. Jika memungkikan, untuk beberapa saat hindari dulu warna-warna cerah karena ini dapat merangsang stimulasi berlebihannya.

2. Bedong Bayi

Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk membedong si kecil karena dapat memberikan tekanan lebih stabil, meniru kenyamanan rahim, dan mengumpulkan refleks kaget mereka, yang menurut sebagian bayi dapat menenangkan. Namun tidak semua bayi suka dibedong. Jadi jika si kecil tidak suka, maka tidak apa-apa.

3. Tenangkan Mereka Dengan Suara Lembut

Para orang tua juga dapat memutar musik lembut, menyalakan mesin suara, atau mesin white noise, untuk menenangkan bayi. Hindari saja TV atau telepon, karena para ahli sepakat bahwa ini terlalu menstimulasi anak di bawah usia 2 tahun.

Baca Juga: 8 Cara Efektif Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat, Bisa Dilakukan di Rumah

4. Gendong Bayi, Tapi Bersiap Juga Untuk Memberinya Ruang

Ada beberapa bayi ingin digendong atau disentuh, namun banyak pula yang tidak. Karena faktanya ketika bayi dalam “fase menangis ungu” di masa perkembangannya antara usia 2 minggu dan 4 bulan mungkin menolak sentuhan dan pelukan ketika sedang terlalu terstimulasi.

Bisa jadi karena itulah yang membuat mereka terlalu terstimulasi. Jadi, jika si kecil tampak menarik diri dari sentuhan baringkan dia di tempat yang aman, seperti tempat tidurnya dan duduklah di dekatnya hingga tenang.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science07 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Juli 2024, Minggu Pagi Cerah Berawan di Semua Wilayah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari pada Minggu 7 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari pada Minggu 7 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay