Bunda Perlu Tahu, Inilah 7 Cara Membantu Anak-anak yang Memiliki Perasaan Sensitif

Minggu 02 Juni 2024, 11:30 WIB
Ilustrasi anak sensitif yang perlu dibantu orang tua agar bisa menanganinya (Sumber : Pexels.com/@Yankrukau)

Ilustrasi anak sensitif yang perlu dibantu orang tua agar bisa menanganinya (Sumber : Pexels.com/@Yankrukau)

SUKABUMIUPDATE.com- Setiap anak kesulitan mengatur emosinya dari waktu ke waktu. Apalagi melihat mereka yang selalu menangis setiap ada sesuatu yang kecil maupun besar. Sudah pasti orang tua bertanya-tanya apakah sesuatu telah terjadi padanya tanpa diketahui.

Anak-anak yang cenderung menangisi hal-hal kecil sekalipun memanglah sangat sensitif. Kabar baiknya adalah menjadi sangat sensitif bukanlah hal yang buruk. Justru, mereka yang sangat sensitif cenderung memiliki perasaan lebih penyayang, lembut, dan kreatif.

Meskipun demikian, anak-anak yang sangat sensitif mungkin memerlukan sedikit bimbingan ekstra untuk membantu mengelola emosinya .

Baca Juga: 8 Cara Efektif Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat, Bisa Dilakukan di Rumah

Bagaimana Membantu Anak yang Sangat Sensitif?

Dengan mengenali tanda-tanda bahwa anak sangat sensitif akan memungkinkan orang tua mengajari mereka strategi dan teknik mengatasi masalah untuk membuat hidup sedikit lebih mudah.

Berikut beberapa cara membantu anak yang memiliki perasaan sensitif melansir dari laman parents.com:

1. Fokus Pada Kegiatan Positif

Hindari menggunakan label seperti "terlalu sensitif", "pemalu", atau "pendiam", dan fokuslah pada kualitas positif yang muncul dari sikap sangat sensitif sang anak. Misalnya, orang tua dapat memuji atas ketelitian mereka, berterima kasih karena mengetahui ketika mengalami hari buruk, atau meminta anak-anak untuk menunjukkan apa yang mereka sukai dari dirinya sendiri.

2. Bantu Mereka Mengelola Emosinya

Jika sedang berada di pesta ulang tahun dimana semua anak bergembira memakan kue mangkok, sementara anak Anda menangis karena mendapat kue berwarna biru, bukan merah muda.

Naluri pertama orang tua untuk menghentikannya dengan segera mengubah emosi si anak. Lebih baik lagi jika dilakukan dengan pendekatan berbeda, seperti memberinya pengertian. Karena jika langsung melakukan hal tersebut, anak-anak mungkin kehilangan kepercayaan pada kemampuannya untuk memecahkan masalahnya sendiri.

Sebaiknya Anda juga menghindari dorongan untuk menyuruh mereka berhenti menangis dengan memarahinya. Karena mungkin hanya akan memicu lebih banyak air mata. Sebaliknya, salah satu cara untuk membantu anak mengendalikan emosinya adalah dengan mengatakan, "Diam.” menggunakan suara lembut.

Baca Juga: Hidup Sehat Asam Urat Pergi: 10 Rahasia Alami Mencegahnya Tanpa Obat-obatan

3. Alihkan Perhatiannya

Mengalihkan perhatian anak dengan membimbingnya ke aktivitas lain juga merupakan alat yang ampuh. Cobalah mengajaknya melakukan kegiatan yang disukai, daripada menyuruh mereka berpikir.

Pada usia 3 atau 4 tahun, berhitung masih membutuhkan fokus dan konsentrasi. Jadi apapun yang membuat anak kesal mungkin akan terasa seperti berita lama saat mereka mencapai usia 10.

4. Nilailah Reaksi Orang Tua Sendiri

Sebagai orang tua memeriksa emosi diri sendiri ketika berhadapan dengan anak yang sangat sensitif juga dapat membantu. Anak-anak sangat pandai membaca emosi orang tua dan pengasuhnya.

Jika Anda menjadi tegang, hal ini memberitahu mereka bahwa apapun yang membuat kesal adalah sesuatu yang perlu diwaspadai sehingga menunjukkan perilaku yang ingin orang tua ubah.

5. Mencari Solusi

Berikutnya, bujuk anak-anak untuk memberitahu apa sebenarnya yang membuat mereka tidak bahagia, sehingga orang tua dapat membantu anak-anak menemukan solusinya.

Jika mereka kehabisan ide, ingatkan tentang hal-hal yang membuatnya merasa senang, seperti mengajak anak lain bermain atau melihat buku bergambar favorit. Dengan sedikit latihan, mereka akan segera menemukan solusinya sendiri, tanpa disuruh oleh orang tua.

Baca Juga: 9 Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat yang Bisa Dilakukan Sendiri Dirumah

6. Beri Waktu

Meskipun orang tua mungkin tidak dapat mengubah kepribadian sensitif anak, mereka pada akhirnya akan mencapai kedewasaan untuk memantau emosinya dan menjadi lebih tangguh.

Menghabiskan waktu bersama teman-temannya juga dapat membantu walaupun anak yang sangat sensitif mungkin memerlukan waktu lebih banyak.

7. Atasi Pemicunya

Jika Anda memiliki anak yang menangisi segalanya, langkah pertama adalah berbicara dengan dokter anak-anak untuk menyingkirkan potensi masalah atau pemicu medis lainnya seperti gangguan terhadap rutinitas mereka. Jika tidak ada kekhawatiran yang jelas, mungkin anak sangat sensitif dan hanya membutuhkan sedikit bantuan ekstra dalam mengelola emosinya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)