Jangan Diabaikan, Perhatikan 7 Tanda-tanda Anak Berduka

Sabtu 01 Juni 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi -  tanda-tanda anak sedang berduka. (Sumber : Pexels.com/@Mikhail Nilov)

Ilustrasi - tanda-tanda anak sedang berduka. (Sumber : Pexels.com/@Mikhail Nilov)

SUKABUMIUPDATE.COM - Anak-anak sering kali memproses dan menampilkan emosi kompleks seperti kesedihan dengan cara yang berbeda dari orang dewasa. Jadi ketika seorang anak sedang berduka, Anda mungkin tidak menyadarinya sebagai kesedihan.

Namun hanya karena kesedihannya tidak terlihat seperti yang biasa orang dewasa alami, bukan berarti kesedihan mereka tidak begitu nyata. Terlebih lagi, anak-anak belum terlalu kecil untuk berduka.

Duka pada anak-anak memang rumit karena mereka yang lebih kecil mungkin belum sepenuhnya memahami konsep kematian dan keabadiannya. Seorang anak bahkan mungkin percaya bahwa kematian itu bersifat sementara, keyakinan ini yang mungkin didukung oleh media (seperti kartun yang menampilkan tokoh-tokoh yang hidup kembali).

Akibatnya, anak-anak yang lebih kecil sering kali merindukan orang-orang terkasih yang meninggal dalam waktu singkat dan mungkin hanya sesekali mengungkapkan kesedihan selama beberapa menit.

Tanda-tanda Duka pada Anak

Ketika orang dewasa berduka, sering kali hal itu tampak selalu ada, bahkan di saat-saat bahagia. Namun, anak-anak yang sedang berduka seringkali tampak baik-baik saja pada satu saat, namun kemudian menjadi sangat sedih di saat berikutnya. Peralihan ini terjadi karena otak mereka sepertinya tidak mampu mengatasi kesedihan dalam jangka waktu yang lama.

1. Mencari Perhatian

Anak-anak mungkin menjadi sangat melekat setelah kehilangan. Mereka mungkin tidak ingin bersekolah atau meminta bantuan untuk tugas-tugas yang sebelumnya mereka kuasai hanya untuk mendapatkan perhatian Anda.

Bayi dan balita dapat merasakan tekanan yang ada pada pengasuhnya, sehingga mereka mungkin merespons dengan mudah tersinggung, lebih banyak menangis, dan ingin dipeluk meskipun mereka tidak menyadari kehilangannya. 

2. Regresi Perkembangan 

Balita dan anak prasekolah mungkin mulai mengompol atau berhenti tidur sepanjang malam. Sementara itu, anak kecil mungkin akan kembali merangkak, berbicara seperti bayi, atau ingin minum dari botol lagi.

3. Masalah Akademis

Anak-anak yang lebih besar dan remaja yang mengalami kehilangan seringkali menunjukkan kesedihan karena tertinggal dalam pelajaran atau gagal dalam kelas yang pernah mereka kuasai. Mereka juga mungkin mengalami kesulitan berkonsentrasi pada tugas atau gagal menyelesaikan tugas.

4. Masalah Tidur

Anak-anak yang dilanda kesedihan mungkin ingin tidur dengan orang tuanya atau orang lain yang dekat dengan mereka, atau mungkin mengalami mimpi buruk atau mimpi tentang orang yang meninggal. Sementara itu, anak-anak yang lebih besar mungkin mengalami sedikit insomnia atau mungkin takut mati sehingga membuat mereka tidak bisa tidur. 

5. Kesulitan Berkonsentrasi

Terkadang anak-anak yang berduka tidak dapat fokus pada aktivitas tertentu atau kesulitan mengambil keputusan dan memecahkan masalah. Mereka juga kesulitan untuk fokus dan mungkin tampak terganggu atau tersesat. 

6. Kecemasan

Baik anak-anak maupun remaja mungkin mulai khawatir tentang segala hal, terutama tentang kematian orang lain dalam hidup mereka. Jika anak Anda mengalami kecemasan, mereka memerlukan kepastian bahwa ia akan aman dan dijaga setiap hari. Kebutuhan ini terutama terlihat pada anak-anak prasekolah.

7. Perasaan Ditinggalkan

Anak-anak mungkin merasa dikhianati, ditolak, atau ditinggalkan oleh orang yang meninggal, dan mungkin juga oleh orang lain. Oleh karena itu, mereka mungkin juga perlu diyakinkan bahwa Anda akan selalu ada untuk mereka. 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)