5 Tips Ampuh Membesarkan Anak yang Berkemauan Keras, Terapkan Yuk Bund

Jumat 31 Mei 2024, 10:30 WIB
Ilustrasi seorang ibu melatih anak yang berkemauan keras dengan baik demi masa depannya (Sumber : Pexels.com/@Yankrukau)

Ilustrasi seorang ibu melatih anak yang berkemauan keras dengan baik demi masa depannya (Sumber : Pexels.com/@Yankrukau)

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi orang dewasa, berkemauan keras seringkali dipandang sebagai aset berharga. Karena orang yang dengan keinginan seperti ini bagaimanapun juga lebih sukses secara profesional, mencapai tujuan hidup mereka, dan bertahan dalam menghadapi tantangan.

Namun putar ulang waktu sedikit dan terapkan deskripsi berkemauan keras tersebut pada seorang anak kecil dan dilakukan secara tiba-tiba. Hal tersebut memiliki konotasi yang berbeda atau sering dibicarakan dengan pandangan negatif.

Anak-anak berkemauan keras dapat dilihat dari sudut pandang negatif yang digambarkan sebagai anak suka menentang, keras kepala, argumentatif, atau sulit diatur. Sebagai orang tua dari mereka dengan sikap seperti ini, pasti di beberapa waktu merasa hal-hal di atas ada benarnya.

Baca Juga: Bebaskan Diri dari Asam Urat: 6 Bahan Herbal yang Berkhasiat Mengobatinya

Apa Itu Anak yang Berkemauan Keras?

Kata Erin O'Connor, EdD, direktur program pendidikan anak usia dini di New York University, meskipun setiap anak itu unik, namun ada beberapa karakteristik dan perilaku umum yang sering dikaitkan dengan anak-anak berkemauan keras, seperti:

  • Tekad dan ketekunan
  • Pendapat yang kuat
  • Ketegasan
  • Kesediaan untuk menantang otoritas
  • Rasa keadilan yang kuat
  • Intens secara emosional atau lebih sensitif secara emosional

Ini bukanlah daftar yang lengkap, namun ini adalah beberapa tanda bahwa orang tua mungkin membesarkan anak dengan mempunyai sifat berkemauan keras. Selain itu, perilaku lain yang dikaitkan sama anak berkemauan keras termasuk ledakan amarah, keras kepala, suka memerintah, tidak sabar, dan pendengaran selektif.

Meski begitu orang tua tidak perlu khawatir, merangkum dari laman parents.com ada beberapa tips membesarkan anak berkemauan keras dengan baik:

Baca Juga: Begini Cara Buat Teh Jahe Untuk Obati Asam Urat, Simpel Banget!

1. Pilih Pertempuran yang Tepat

Orang tua mudah sekali kelelahan karena konflik atau pertikaian dalam rumah tangga ketika memiliki anak berkemauan keras. Namun, tidak perlu khawatir karena kalian tidak perlu selalu terlibat dalam pertempuran dengannya.

Orang tua bisa memilih pertempuran berdasarkan apa yang paling penting untuk hari atau waktu tertentu. Maksud di sini, jika kalian mengalami perselisihan dengan si kecil bisa diselesaikan menggunakan cara baik sekaligus mendisiplinkan mereka agar kemauan keras itu bisa menghasilkan sesuatu baik di masa depan nanti.

2. Miliki Harapan yang Jelas

Anak-anak berkembang dengan batasan, struktur, dan rutinitas. Mereka mungkin mengeluh tentang hal-hal ini, namun jauh di lubuk hati hal itulah yang membuatnya merasa aman dan didukung.

Ketika anak-anak memiliki batasan yang konsisten, mereka memiliki kebebasan untuk memilih bagaimana berperilaku dalam batasan tersebut. Begitu jika memutuskan ingin melampaui batas, anak juga mempunyai pemahaman jelas mengenai konsekuensinya.

Maka dari itu, orang tua perlu memberitahu beberapa harapan yang jelas untuk menyalurkan kemauan kerasnya menjadi tekad dalam meraih keinginan serta prestasi baik.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Makanan Sehat Anti Purin untuk Penderita Asam Urat dan Contoh Menunya

3. Temukan Cara Untuk Memberitahu Anak Dalam Menentukan Sesuatu

Bagi anak-anak yang berkemauan keras, penting bagi untuk mempunyai suara dan mengambil keputusan sendiri. Memberikan pilihan mengenai keinginannya jauh lebih baik, daripada mengeluarkan tuntutan. Karena hal ini dapat membantu orang tua mencapai tujuan diinginkan bersama anak yang berkemauan keras.

4. Orang Tua Perlu Jelaskan Alasan Dengan Baik

Anak-anak berkemauan keras sering kali perlu memahami alasan di balik permintaan, keputusan, atau batasan yang ditetapkan orang tua. Meluangkan waktu untuk menjelaskan alasan dapat mencegah terjadinya pertengkaran antara ayah, ibu, dan anak.

Baca Juga: 12 Cara Alami Menyembuhkan Kolesterol dengan Cepat Tanpa Obat

5. Gunakan Hadiah Dengan Cara yang Benar

Hadiah terkadang dapat menimbulkan dampak buruk dalam mengasuh anak, namun bisa digunakan secara efektif untuk memperkuat perilaku yang ingin orang tua lihat lebih banyak lagi dari mereka.

Apalagi sang anak dengan kemauan keras itu memberikan prestasi baik sudah pasti harus diberikan hadiah. Tetapi perlu ingat bahwa hal tersebut dilakukan sebagai rasa terima kasih dan semangat agar mereka terus meraihnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)