Menstimulasi Otak, 8 tips Menumbuhkan dan Mengembangkan Rasa Ingin Tahu Pada Anak

Kamis 30 Mei 2024, 10:30 WIB
Ilustrasi orang tua bermain bersama anaknya untuk mengembangkan rasa ingin tahu (Sumber : Pexels.com/@Gustavofring)

Ilustrasi orang tua bermain bersama anaknya untuk mengembangkan rasa ingin tahu (Sumber : Pexels.com/@Gustavofring)

SUKABUMIUPDATE.com - Anak-anak secara alami mempunyai rasa ingin tahu dan sepertinya ingin mengetahui segala sesuatu tentang dunia di sekitarnya. Dengan memberikan anak kesempatan untuk memiliki rasa ingin tahu dan mengeksplorasi lingkungannya merupakan hal penting untuk perkembangan serta kesejahteraannya.

Selain itu, anak-anak yang memiliki rasa ingin tahu lebih besar kemungkinannya untuk belajar dan menyimpan informasi. Bahkan, tetap terlibat serta berprestasi lebih baik di sekolah.

Ketika anak-anak menemukan hal baru sangat disukainya, maka secara otomatis otaknya akan melepaskan dopamin yaitu dimana ini akan menghasilkan perasaan positif. Oleh karena itu, penting untuk membantu mereka memiliki rasa ingin tahu terhadap apapun. Sehingga ia jadi ingin belajar tentang lingkungannya, dan menjadi berdaya dalam mencari informasi secara mandiri.

Baca Juga: Bebaskan Diri dari Asam Urat: 6 Bahan Herbal yang Berkhasiat Mengobatinya

Saat anak-anak menjadi sangat tertarik karena memiliki rasa ingin tahu cukup tinggi, maka mereka akan selalu menghadapi tantangan sebagai kesempatan untuk belajar bukan sebagai hambatan.

Dilansir dari laman mayoclinichealthsystem.org, berikut 8 tips menumbuhkan dan mengembangkan rasa ingin tahu anak:

1. Tunjukkan Pada Mereka Dunia Luas

Dengan menunjukkan dunia luas pada anak-anak seperti bepergian, berkemah, pergi ke museum,tamasya atau menunjukkan budaya lain, maka hal ini akan menstimulasi otak mereka serta menumbuhkan rasa keingintahuan mengenai sesuatu yang dilihatnya.

2. Menghabiskan Waktu Bersama Sebagai Sebuah Keluarga

Jangan hanya diam di rumah ya, orang tua perlu sesekali mengajak anak-anak jalan-jalan, membuat kue, atau pergi ke taman hingga kebun binatang untuk mengembangkan rasa keingintahuan mereka. Selain itu, untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dengan keluarga selama menghabiskan waktu bersama.

3. Mendorong Teman dan Keluarga Untuk Memberikan Pengalaman Dibandingkan Hadiah

Anak-anak akan selalu mengingat pengalaman, kegembiraan yang mereka rasakan dalam perencanaan dan kebahagiaan setelahnya. Maka kenangan yang telah dilalui bisa bertahan seumur hidup.

Maka dari itu, pengalaman dari orang tua atau teman sebaya selama mereka bertumbuh akan menjadi kenangan terbaik daripada sebuah hadiah.

Baca Juga: Tinggi Purin, 10 Ikan Laut Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Asam Urat

4. Bertanya-tanya Dengan Lantang

Orang tua perlu mencoba untuk bertanya kepada anak secara lantang, seperti contoh dengan menanyakan "Ibu mau tanya kamu tau gak kenapa daun di pohon berwarna hijau?” dengan hal ini akan memicu otak mereka untuk mencari tahu jawaban kenapa daun tersebut berwarna hijau.

5. Mendorong Minat Alami

Jika anak tertarik pada suatu kegiatan, berilah dia kesempatan untuk melakukan kegiatan tersebut. Tentu saja orang tua harus memberikan dukungan agar minat dia bisa membantunya berkembang dengan baik.

6. Ajukan Pertanyaan Terbuka

Gunakan kata-kata seperti siapa, apa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana ketika bertanya kepada anak-anak mengenai suatu hal. Misalnya mengapa langit berwarna biru?

7. Berpikir Cepat

Ketika anak mempunyai pertanyaan, tanyakan pendapatnya terlebih dahulu sebelum menjawab. Hal ini untuk memicu kemampuan otaknya dalam berpikir cepat dalam mendapatkan jawaban.

Baca Juga: 12 Cara Alami Menyembuhkan Kolesterol dengan Cepat Tanpa Obat

8. Biarkan Anak-anak Menjadi Anak-anak

Permainan tidak terstruktur adalah cara yang bagus untuk memupuk dan mengembangkan rasa ingin tahu serta rasa penemuan dalam diri seorang anak. Karena dengan ini dia akan merasa sebagai anak-anak seharusnya dalam mencari jawaban dari keingintahuannya.

Dengan membiarkan anak memiliki rasa ingin tahu dan bereksplorasi, maka Anda mengajari mereka rasa percaya diri serta penghargaan. Orang tua juga menunjukkan kepada anaknya dunia sekaligus mengajari nilai pengalaman dibandingkan berbagai hal.

Jelajahi bersama anak-anak seperti keluar rumah, dan pelajari dunia di sekitar. Sehingga rasa ingin tahu akan selalu membuka pintu, serta menuntun pada jalan baru menarik yang penuh petualangan sekaligus pembelajaran.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life05 Oktober 2024, 16:00 WIB

6 Mitos Masyarakat Sunda yang Sering Dianggap Pamali Jika Dilakukan

Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi.
Ilustrasi - Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi. (Sumber : pexels.com/@Kun Fotografi).
Life05 Oktober 2024, 15:00 WIB

Jangan Dulu Dikawinkan! Ini 7 Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina.
Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina. | Foto: Pixabay/TeamK
Sukabumi05 Oktober 2024, 14:53 WIB

Dibangun! Rutilahu Milik Lansia di Lengkong Sukabumi yang Dihuni Bersama Anak-Cucu

Pemerintah dan kepolisian setempat membangun kembali rumah Emak Juariah.
Rutilahu milik Emak Juariah (75 tahun) di Kampung Cipongpok RT 10/04 Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 13:29 WIB

Kearifan Lokal dan Teknologi: Pelatihan Inovatif untuk Guru SD oleh Kelompok PKM Nusa Putra

Kegiatan ini dipimpin oleh tiga dosen Nusa Putra University.
Pelatihan untuk guru SD oleh kelompok PKM Nusa Putra University. | Foto: Nusa Putra University
Food & Travel05 Oktober 2024, 13:00 WIB

Pendakian Terfavorit: 5 Gunung di Jawa Barat yang Menawarkan Keindahan Alam yang Tak Terlupakan

Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor.
Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor. (Sumber : Instagram/@kholisohhasanah).
Life05 Oktober 2024, 12:00 WIB

Takut Gagal dan Mudah Menyerah, 10 Ciri Orang yang Rendah Diri

Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja.
Ilustrasi. Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja. (Sumber : pixabay.com/@EnginAkyurt)
Nasional05 Oktober 2024, 11:23 WIB

ICW: 174 Anggota DPR 2024-2029 Terindikasi Terhubung dengan Dinasti Politik

Temuan ini merujuk pada jabatan-jabatan oleh para keluarga anggota legislatif.
(Foto Ilustrasi) ICW mengungkap 174 anggota DPR 2024-2029 terindikasi memiliki keterkaitan dengan dinasti politik. | Foto: Istimewa
Motor05 Oktober 2024, 11:00 WIB

5 Tanda Motor Harus Turun Mesin dan Cara Terbaik untuk Menghindarinya

Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin.
Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi05 Oktober 2024, 10:43 WIB

Dua Rumah Hangus Kebakaran di Ciracap Sukabumi, Penghuni Kini Mengungsi

Kebakaran berawal saat Juhe tiba-tiba melihat api dari atas rumahnya.
Rumah yang kebakaran di Kampung Lembursawah RT 24/06 Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu pagi (5/10/2024). | Foto: Istimewa
Nasional05 Oktober 2024, 10:16 WIB

Soroti Bisnis Militer! Catatan KontraS pada HUT TNI 2024: Reformasi Tak Berjalan

KontraS menyoroti berbagai peristiwa kekerasan dan pelanggaran HAM.
(Foto Ilustrasi) Memperingati HUT TNI ke-79 pada 2024, KontraS meluncurkan Catatan Hari TNI. | Foto: Freepik