10 Cara Mengatasi Anak yang Merajuk, Begini Langkahnya Bunda

Kamis 30 Mei 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi - Anak-anak yang merajuk dapat diatasi dengan beberapa cara oleh orang tuanya. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)

Ilustrasi - Anak-anak yang merajuk dapat diatasi dengan beberapa cara oleh orang tuanya. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)

SUKABUMIUPDATE.com - Merajuk, atau biasa disebut dengan cemberut, merupakan tantrum diam-diam yang banyak dialami anak-anak. Anak yang merajuk sering kali murung dan mengekspresikan emosinya melalui merajuk, merengek , atau cemberut.

Semua ini dilakukan untuk menunjukkan respon negatif terhadap lingkungan di sekitar mereka, dan mereka melakukan ini untuk menunjukkan bahwa mereka sedang marah, tidak senang, frustasi, atau lebih. Pada beberapa anak, ini bahkan bisa menjadi gejala gangguan kepribadian dan suasana hati yang signifikan.

Perilaku merajuk sangat umum terjadi pada anak-anak dan remaja, dan sangat penting bagi orang tua atau pengasuh untuk tidak menyerah pada perilaku seperti ini. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi anak yang suka merajuk, dihimpun dari laman parenting.firstcry.

1. Biarkan Anak Mengekpresikannya

Menanggapi anak yang merajuk dengan menuduh dan menyalahkannya atau mencoba berunding dengannya tidak selalu berhasil karena hal ini dapat menyebabkan lebih banyak tantrum di kemudian hari.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membiarkan mereka merajuk. Ketika mereka merajuk, mereka tidak menyerah untuk memberi mereka perhatian.

Tidak peduli berapa lama pun, mengabaikan mereka dan membiarkan mereka bertindak sesuka mereka akan memaksa mereka untuk mengurangi kebiasaan ini karena mereka tahu Anda tidak akan menanggapi perilaku tersebut.

2. Mengatur Anak Merajuk

Mengajari anak untuk tidak merajuk akan memakan banyak waktu, tetapi membuat peraturan untuk tidak merajuk di ruang pribadi Anda akan menghilangkan kemampuan mereka untuk menggunakannya untuk melawan Anda.

Ini adalah cara yang bagus untuk menghentikan mereka menunjukkan perilaku ini karena, sebagai akibatnya, mereka akan belajar bahwa tidak produktif untuk merajuk ketika Anda tidak melihatnya dan ketika mereka tidak dapat melihat Anda.

3. Mengasuh Anak

Menghabiskan waktu berkualitas untuk mengasuh mereka dan pertumbuhan mereka dapat memberikan banyak manfaat. Perhatian orang tua yang baik dapat memberikan kestabilan dan kepedulian terhadap anak Anda.

Hal ini juga membantu mereka tetap bahagia dan terbuka mengenai masalahnya kepada Anda dengan cara yang sehat, sehingga mencegah mereka merajuk.

4. Isyarat Visual

Isyarat visual cenderung cocok untuk anak-anak yang lebih mudah pemurung. Dalam metode ini, Anda harus memanggil namanya, menarik perhatiannya, meniru ekspresi cemberutnya, dan menggunakan jari Anda untuk mengubahnya menjadi senyuman.

Hal ini mungkin memengaruhi mereka untuk melakukan hal yang sama, dan meskipun tidak selalu berhasil, Anda selalu dapat mencobanya.

5. Dorong Mereka untuk Menuliskan Kekesalannya

Jika anak Anda merasa kesulitan berkomunikasi melalui ucapan, mintalah mereka menuliskannya di buku hariannya. Membuat jurnal mungkin dapat membantu mereka mengatasi perasaan dan mengurangi sifat merajuk pada anak.

6. Mendorong Cara Verbal Mengekspresikan Perasaan

Saat Anda melihat anak Anda mulai merajuk atau cemberut, cobalah mendorong mereka untuk mengungkapkan perasaannya melalui kata-kata. Hal ini dapat membantu mereka melampiaskan emosi negatifnya dengan cara yang dapat Anda pahami dan menginspirasi mereka untuk melakukan hal ini lebih sering.

7. Memberikan Suasana Menyenangkan dan Aman

Rumah Anda harus menjadi tempat pertama di mana anak-anak Anda merasa aman dan bebas mengekspresikan perasaannya. Oleh karena itu, ciptakan dan peliharalah suasana aman di sekitar mereka, terutama saat mereka berperilaku ngambek.

8. Hindari Reaksi Berlebihan

Jika anak Anda membuat Anda kesal dengan lebih sering merajuk, cobalah untuk tenang dan tidak menunjukkan perilaku kasar terhadapnya. Jika mereka melakukannya untuk mendapatkan perhatian Anda tanpa alasan tertentu di rumah, abaikan saja dan biarkan mereka belajar bahwa Anda tidak akan menyerah pada perubahan suasana hati mereka yang tidak masuk akal.

9. Periksa Apa yang Membuat Mereka Stres

Pastikan anak Anda tidak stres dengan hal-hal yang terjadi di sekitar mereka. Hindari ekspektasi tinggi yang terlalu berat untuk ditangani dan paksa mereka untuk belajar atau bekerja lebih lama dari yang dibutuhkan.

Dorong mereka untuk memiliki keseimbangan bermain-belajar yang baik dan hindari menunjukkan ketegangan dan frustrasi Anda karena hal ini dapat membuat mereka semakin cemas.

10. Pastikan Mereka Mendapatkan Nutrisi yang Cukup

Kekurangan nutrisi bisa menjadi penyebab lain anak sering mengalami perubahan suasana hati. Oleh karena itu, pastikan Anda memberikan anak Anda makanan bergizi yang cukup untuk menjalani gaya hidup sehat dan aktif! Kesehatan fisik yang baik akan selalu menjamin kesehatan psikologis yang lebih baik pula.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life05 Oktober 2024, 15:00 WIB

Jangan Dulu Dikawinkan! Ini 7 Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina.
Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina. | Foto: Pixabay/TeamK
Sukabumi05 Oktober 2024, 14:53 WIB

Dibangun! Rutilahu Milik Lansia di Lengkong Sukabumi yang Dihuni Bersama Anak-Cucu

Pemerintah dan kepolisian setempat membangun kembali rumah Emak Juariah.
Rutilahu milik Emak Juariah (75 tahun) di Kampung Cipongpok RT 10/04 Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 13:29 WIB

Kearifan Lokal dan Teknologi: Pelatihan Inovatif untuk Guru SD oleh Kelompok PKM Nusa Putra

Kegiatan ini dipimpin oleh tiga dosen Nusa Putra University.
Pelatihan untuk guru SD oleh kelompok PKM Nusa Putra University. | Foto: Nusa Putra University
Food & Travel05 Oktober 2024, 13:00 WIB

Pendakian Terfavorit: 5 Gunung di Jawa Barat yang Menawarkan Keindahan Alam yang Tak Terlupakan

Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor.
Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor. (Sumber : Instagram/@kholisohhasanah).
Life05 Oktober 2024, 12:00 WIB

Takut Gagal dan Mudah Menyerah, 10 Ciri Orang yang Rendah Diri

Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja.
Ilustrasi. Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja. (Sumber : pixabay.com/@EnginAkyurt)
Nasional05 Oktober 2024, 11:23 WIB

ICW: 174 Anggota DPR 2024-2029 Terindikasi Terhubung dengan Dinasti Politik

Temuan ini merujuk pada jabatan-jabatan oleh para keluarga anggota legislatif.
(Foto Ilustrasi) ICW mengungkap 174 anggota DPR 2024-2029 terindikasi memiliki keterkaitan dengan dinasti politik. | Foto: Istimewa
Motor05 Oktober 2024, 11:00 WIB

5 Tanda Motor Harus Turun Mesin dan Cara Terbaik untuk Menghindarinya

Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin.
Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi05 Oktober 2024, 10:43 WIB

Dua Rumah Hangus Kebakaran di Ciracap Sukabumi, Penghuni Kini Mengungsi

Kebakaran berawal saat Juhe tiba-tiba melihat api dari atas rumahnya.
Rumah yang kebakaran di Kampung Lembursawah RT 24/06 Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu pagi (5/10/2024). | Foto: Istimewa
Nasional05 Oktober 2024, 10:16 WIB

Soroti Bisnis Militer! Catatan KontraS pada HUT TNI 2024: Reformasi Tak Berjalan

KontraS menyoroti berbagai peristiwa kekerasan dan pelanggaran HAM.
(Foto Ilustrasi) Memperingati HUT TNI ke-79 pada 2024, KontraS meluncurkan Catatan Hari TNI. | Foto: Freepik
Sehat05 Oktober 2024, 10:00 WIB

Ternyata Bisa Menjaga Mood! 6 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari

Minum air putih hangat di pagi hari memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental.
Ilustrasi. Minum air putih hangat di pagi hari memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental. Sumber : Pexels/Pixabay