5 Pesan yang Bisa Orang Tua Sampaikan Agar Anak Tumbuh Percaya Diri

Rabu 29 Mei 2024, 13:30 WIB
Ilustrasi pesan yang bisa disampaikan orang tua agar anak tumbuh percaya diri (Sumber : Pexels.com/@ketutsubiyanto)

Ilustrasi pesan yang bisa disampaikan orang tua agar anak tumbuh percaya diri (Sumber : Pexels.com/@ketutsubiyanto)

SUKABUMIUPDATE.com - Wajar jika kita sebagai orang tua ingin menanamkan rasa percaya diri pada anak. Karena anak-anak yang percaya diri dan percaya pada diri sendiri dalam menghadapi tantangan baru tanpa rasa takut merupakan faktor penting untuk kehidupan yang bahagia dan memuaskan nanti.

Kepercayaan diri anak bergantung pada pendengaran pesan tertentu, dan orang tua berada pada posisi terbaik untuk menyampaikannya. Anak-anak yang percaya diri mengetahui bahwa mereka layak dicintai serta dimiliki oleh teman maupun keluarganya.

Apalagi kalau orang tua mengkomunikasikan harga diri ini kepada anak-anaknya melalui pesan verbal dan nonverbal setiap hari. Karena secara tidak langsung akan membuat ayah atau ibu jadi tertarik untuk meningkatkan harga diri anak mereka.

Dilansir dari laman mayoclinichealthsystem.org, ada 5 pesan yang bisa orang tua sampaikan agar anak bisa tumbuh dengan percaya diri, sebagai berikut:

Baca Juga: 5 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Urat Jangka Panjang, Dijamin Efektif!

1. Saya Senang Menjadi Orang Tua Kamu

Luangkan waktu berduaan dengan anak-anak untuk melakukan apa yang disukai, dan biarkan mereka memimpin tanpa alasan lain selain menikmati kebersamaan. Berikan anak Anda banyak kasih sayang fisik dengan cara yang tulus, alami, dan sesuai usia.

Karena secara tidak langsung para orang tua menyampaikan pesan bahwa mereka senang sekaligus bersyukur menjadi ibu dan ayah dari anak-anaknya.

2. Harga Diri Kamu Tidak Bergantung Pada Apa yang Dilakukan

Pujilah anak atas karakternya, bukan bakat atau prestasinya. Tunjukkan apa yang benar-benar baik dan disukai tentang siapa mereka. Ketika anak berperilaku buruk, fokuslah pada masalahnya daripada memarahi karena melakukan sesuatu tidak baik. Pujilah sifat karakter dan perilaku disiplin.

Hal ini akan membuat anak sadar agar harga diri mereka tidak bergantung pada apa yang dilakukan, tetapi buat mereka tersadar bahwa karakter serta disiplin dapat membuatnya dihargai maupun disayangi.

Baca Juga: Begini Cara Buat Teh Jahe Untuk Obati Asam Urat, Simpel Banget!

3. Kamu Berhak Diperlakukan Dengan Baik, Jika Tidak Kamu Orang yang Kuat

Ketika anak-anak terluka dan itu bukan kesalahan yang ia perbuat, maka mereka memerlukan tiga hal yaitu validasi emosional, interpretasi benar atas apa yang terjadi, dan mengetahui bahwa mereka dapat melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

Ketika anak-anak terluka, jangan merasa kasihan. Sebaliknya, bekerjalah bersama mereka dengan cara-cara praktis yang bisa dilakukan untuk membela diri sendiri, seperti menggunakan kata-kata baik tapi bisa untuk melawan pelaku intimidasi.

Jika anak-anak tahu bahwa pantas diperlakukan dengan hormat dan baik hati, harga diri mereka tidak akan terpengaruh ketika seseorang berbuat jahat terhadapnya. Akan tetapi, kalau tidak mendapat perlakuan baik itu berarti sang anak diminta untuk menjadi sosok kuat agar bisa menghadapi hal buruk dengan lebih baik.

4. Perasaan Kamu Layak Untuk Diketahui

Anak-anak yang bisa menjadi dirinya sebenarnya akan tumbuh percaya diri. Maka dari itu, selalu dorong anak untuk menunjukkan perasaan mereka yang sesungguhnya. Karena ketika mereka kesal dapat mengatasi dengan baik jika perasaannya diakui.

Maka dari itu, orang tua perlu menjadi pendengar yang layak untuk mengetahui perasaan sang anak. Baik ayah maupun ibu cobalah melihat sesuatu dari sudut pandang buah hati dan beritahu dia bahwa kalian memahami perasaannya.

Baca Juga: 12 Cara Alami Menyembuhkan Kolesterol dengan Cepat Tanpa Obat

5. Kamu Dapat Menggunakan Kekuatanmu Untuk Menghadapi Tantangan

Orang tua perlu membiarkan anak-anak mengambil risiko sesuai dengan usianya untuk melakukan apa yang disukai, meskipun mungkin akan membuatnya terluka. Jika tidak, anak akan berpikir kalau orang tua menganggapnya tidak cukup kuat untuk melakukannya.

Oleh karena itu, ajarkan anak untuk bisa membuat keputusan sendiri. Memberikan pilihan sederhana ketika mereka masih mudah dapat mengajarkan supaya bisa menjadi pengambil keputusan dengan percaya diri.

Itu sama saja dengan, orang tua membantu anak untuk membuktikan diri bisa menggunakan kekuatannya untuk menghadapi tantangan. Dengan begitu, mereka akan jauh lebih merasa dihargai serta percaya diri.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)