12 Tips Membangun Hubungan Baik Antara Orang Tua dan Anak

Selasa 28 Mei 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi - Ada beberapa tips dalam membangun hubungan baik antara orang tua dan anak.(Sumber : Pexels.com/@Ketutsubiyanto)

Ilustrasi - Ada beberapa tips dalam membangun hubungan baik antara orang tua dan anak.(Sumber : Pexels.com/@Ketutsubiyanto)

SUKABUMIUPDATE.com - Membangun hubungan antara orang tua-anak sangat penting bagi setiap keluarga. Anda sebagai orang tua harus memiliki ikatan yang sehat dengan anak-anak untuk memahami dan membantu mereka.

Hal ini dapat membantu menjaga keluarga tetap harmonis dan bahagia. Dan mereka juga membantu perkembangan fisik, sosial dan emosional anak. Penelitian menunjukkan bahwa hubungan orang tua-anak yang sehat mengembangkan keterikatan yang aman pada anak-anak dan menciptakan hasil positif bagi anak-anak dan keluarga.

Untuk memiliki hubungan yang sehat dengan anak-anak, orang tua harus tanggap, dapat dipercaya, dan penuh kasih sayang. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda meningkatkan hubungan Anda dengan anak-anak Anda, dihimpun dari laman parenting.firstcry.

Baca Juga: 11 Cara Menjadi Ibu yang Baik Agar Dihormati dan Dikagumi Anak-anak

1. Mulai dari Awal

Ikatan antara ibu dan anak dimulai sejak masa kehamilan itu sendiri. Adapun sang ayah, mereka harus terlibat sejak awal. Penelitian menunjukkan bahwa ayah yang terlibat dengan anak-anaknya sejak dini memiliki ikatan yang lebih baik di kemudian hari. Oleh karena itu, selalu penting untuk menghabiskan waktu bersama anak Anda sejak awal.

2. Investasikan Waktu dan Tenaga

Orang tua menyayangi anak-anaknya secara alami dengan menghabiskan waktu berkualitas adalah bagian dari menunjukkan cinta dan kasih sayang. Semakin banyak waktu dan upaya yang Anda lakukan dalam hubungan ini, semakin kuat ikatannya.

Meskipun lebih baik menghabiskan lebih banyak waktu bersama mereka, Anda harus mempertimbangkan usia mereka sebelum melakukannya. Remaja mungkin membutuhkan privasi, sedangkan anak kecil selalu ingin mendapat intervensi dan interaksi orang tua.

Baca Juga: 10 Cara Efektif Mendisiplinkan Balita, Bunda Yuk Ketahui Langkahnya!

3. Prioritaskan Hubungan Anda dengan Anak Anda

Anak-anak Anda harus menjadi prioritas utama Anda sampai mereka dewasa. Oleh karena itu, Anda harus menghabiskan waktu sebanyak mungkin bersama mereka. Membuat jadwal dan alasan yang lebih kecil untuk anak-anak Anda dapat melemahkan ikatan Anda. Oleh karena itu, berusahalah untuk menempatkannya sebagai prioritas utama Anda.

4. Selalu Ada untuk Anak-anak

Ketika anak Anda tumbuh, interaksi yang tepat diperlukan agar mereka dapat meningkatkan keterampilannya. Anda harus responsif terhadap kebutuhan anak Anda. Ini membantu mendukung mental anak-anak Anda dan akan membantu memperkuat ikatan Anda.

Anda harus penuh perhatian, penuh kasih sayang, dan mampu melihat segala sesuatu dari sudut pandang mereka selama ini.

Baca Juga: 10 Dampak Negatif Memukul Anak untuk Mendisiplinkannya, Hindari Yah Bund!

5. Berikan Emosi Anak Anda Lepas

Salah satu cara terbaik untuk memperkuat hubungan dengan anak-anak Anda adalah dengan membiarkan emosi berbicara. Bantu anak Anda mengekspresikan emosinya dengan bebas.

Bersikaplah empati dan buatlah mereka nyaman untuk melampiaskan emosinya. Ini mungkin tidak mudah dilakukan bagi orang tua yang baru pertama kali melakukannya, tetapi latihan akan menjadi sempurna.

Setelah Anda lebih sering melihat perspektif mereka untuk memahami lebih banyak tentang perilaku mereka, Anda akan lebih terbimbing untuk membantu mereka juga.

Baca Juga: 10 Kesalahan Orang Tua dalam Mendisiplinkan Anak, Yuk Hindari Bund!

6. Berkomunikasi

Sebagai orang tua, Anda harus menjalin komunikasi yang baik dengan anak Anda. Harus adil, tegas dan bersahabat untuk menjaga dampak positif. Selalu jelaskan ekspektasi Anda, terutama tentang apa yang dapat mereka harapkan dari Anda dan batasan seperti aturan dasar.

Ini membantu untuk memiliki kendali atas anak Anda dan meningkatkan ikatan Anda. Anda harus mengendalikan anak Anda dengan matang dan tenang demi masa depan anak Anda yang sehat dan lebih baik.

7. Terlibat dalam Studi, Teman, dan Aktivitasnya

Lebih banyak waktu yang diberikan kepada anak Anda dapat membantu memperkuat ikatan. Sebuah penelitian mencatat bahwa orang tua yang terlibat dalam kehidupan anak mereka memiliki hubungan orang tua-anak yang lebih kuat.

Bagian kehidupan ini melibatkan menghabiskan lebih banyak waktu bersama mereka, memahami akademis mereka, dan mengenal teman-teman mereka. Tetap berhubungan dengan guru atau menjadi sukarelawan di sekolah akan membuat anak Anda lebih terkesan.

Baca Juga: 9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

8. Dengarkan Mereka

Kebanyakan anak suka berbicara tentang kehidupan mereka. Mereka kemungkinan besar akan menunjukkan hal ini pada masa-masa awal sekolah. Selalu berusaha mendengarkan apapun yang mereka katakan.

Anda harus menghentikan apapun yang Anda lakukan saat itu dan mendengarkannya. Anda juga harus menjaga kontak mata saat berbicara dengan mereka. Hal ini mendorong mereka untuk berbagi lebih banyak waktu dengan Anda.

9. Jadikan Waktu Keluarga adalah Hal Utama

Makan bersama setiap hari dan bicarakan hari Anda dengan semua anggota keluarga. Ini membantu meningkatkan ikatan keluarga Anda. Tamasya keluarga, pergi ke bioskop atau acara secara rutin akan menjadi waktu yang menyenangkan bagi semua orang.

10. Percayai Anak Anda

Kepercayaan adalah fondasi dari setiap hubungan. Anda harus selalu menjadi orang tua yang amanah untuk mereka andalkan setiap saat. Mendapatkan kepercayaan ini adalah proses yang memakan waktu di mana Anda harus menepati janji, memberikan privasi, dan membangun kepercayaan dalam hubungan.

11. Berikan Semangat Pada Anak Anda

Anak-anak selalu aktif, dan mereka tetap terlibat, tetapi mereka selalu menyukai seseorang yang dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka. Oleh karena itu, Anda harus mendorong dan memotivasi mereka untuk membangun kepercayaan diri mereka.

Ketika Anda mengkritik mereka pada kesempatan seperti itu, mereka mungkin bingung dengan diri mereka sendiri. Jadi, buatlah mereka tetap semangat dengan kata-kata dan dukungan Anda.

12. Hormati Anak Anda

Meskipun anak-anak Anda sedikit banyak akan mengagumi Anda dalam membangun keyakinan dan pendapat, mereka mungkin memiliki pandangannya sendiri mengenai hal-hal tertentu. Perlakukan anak-anak Anda sebagai individu dan akui pendapat mereka. Hal ini membantu mereka menjadi lebih percaya diri dan juga berbagi pendapat dengan orang lain.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat04 Juli 2024, 23:13 WIB

Audiensi ke Sekda Jabar, Pemkab Sukabumi Bahas Persiapan Pelaksanaan HCS 2024

Jelang event HCS 2024, Pemkab Sukabumi bertemu Sekda Jabar Herman Suryatman untuk meminta dukungan.
Momen Sekda Jabar terima audiensi Pemkab Sukabumi terkait pelaksanaan event HCS 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Internasional04 Juli 2024, 22:38 WIB

Hotel Van der Valk Belanda, Saksi Bisu Membaranya Asmara Ketua KPU Hasyim Asy'ari

Hotel Van der Valk yang berdiri megah di Den Haag Belanda, menjadi saksi bisu kasus asusila yang melibatkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari
Ilustrasi kamar hotel van der valk saat Hasyim Asy'ari bersama CAT  | Foto : Pixabay
Sukabumi04 Juli 2024, 21:50 WIB

Rumah di Parakansalak Sukabumi Roboh Usai Diguyur Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Dapur rumah warga di Parakansalak Sukabumi roboh usai diguyur hujan deras disertai angin kencang pada Kamis (4/7/2024) dini hari.
P2BK tengah melakukan asesmen di lokasi rumah roboh yang berada di Kampung Kebonmuncang RT 3/5, Parakansalak Sukabumi, Kamis (4/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 21:00 WIB

11 Bahasa Tubuh Wanita Menandakan Dia Jatuh Cinta Pada Anda, Perasaan Tersembunyi!

Beberapa wanita menunjukan rasa sukanya dengan bahasa tubuhnya yang menggemaskan.
Ilustrasi - Beberapa wanita menunjukan rasa sukanya dengan bahasa tubuhnya yang menggemaskan. (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com).
Sukabumi04 Juli 2024, 20:47 WIB

Dispar Pastikan Pelaku Pariwisata dan Ekraf Sukabumi Komit Sukseskan Event HCS 2024

Penyelenggaraan HCS merupakan momen bagi pelaku pariwisata dan ekraf untuk menunjukkan potensi wisata di Kabupaten Sukabumi.
Stakeholder Pariwisata dan Ekonomi kreatif atau Ekraf di Kabupaten Sukabumi komitmen sukseskan Event HCS 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi04 Juli 2024, 20:31 WIB

Warga Mangkalaya Sukabumi Protes: Drainase Baru Sepekan Dibangun Sudah Rusak

Warga Kampung Mangkalaya, Rt 02/05, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi keluhkan hasil pembangunan drainase yang sudah rusak kurang dari sepekan pengerjaan.
Warga saat menunjukan hasil pembangunan drainase yang rusak di Kampung Mangkalaya, Rt 02/05, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Kamis (4/7/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Juli 2024, 20:00 WIB

Kiwi Hingga Jeruk Nipis, 5 Buah yang Bantu Menjaga Kesehatan Tulang

Ada beberapa buah yang membantu meningkatkan kesehatan tulang.
Ilustrasi - Ada beberapa buah yang membantu meningkatkan kesehatan tulang.(Sumber : pexels.com/Dmitry Demidov)
Sukabumi04 Juli 2024, 19:38 WIB

Jalan Desa di Jampangtengah Sukabumi Amblas Akibat Hujan, Aktivitas Warga Terganggu

Jalan desa di Bantaragung Jampangtengah Sukabumi yang amblas akibat hujan deras ini butuh penanganan segera.
Kondisi jalan desa di Desa Bantaragung, Kecamatan Jampangtengah Sukabumi yang amblas. (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 19:00 WIB

Minta Maaf, Tolong & Terima Kasih, 10 Cara Membangun Karakter Anak Sopan Santun

Proses membangun karakter anak membutuhkan waktu. Bersabarlah dan terus berikan bimbingan yang positif demi membangun karakter anak yang berkualitas.
Ilustrasi. Parenting. Bersabarlah dan terus berikan bimbingan yang positif demi membangun karakter anak yang berkualitas. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi04 Juli 2024, 18:55 WIB

Kawasaki Ninja Milik Marwan Hangus Terbakar di Kota Sukabumi, Dipicu Percikan Api

Kapolsek Citamiang Polres Sukabumi Kota, AKP Heri Hermawan membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya motor terbakar bermula dari adanya percikan api pada bagian accu (Aki) motor.
Satu unit motor Kawasaki Ninja 150 R dengan nomor polisi D 333 XYP milik Marwan Maulana (26 tahun) hangus terbakar di Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin