Ketahui 6 Dampak Psikologis Anak yang Besar Tanpa Kehadiran Sosok Ibu

Sabtu 25 Mei 2024, 15:00 WIB
Ilustrasi seorang anak yang hidup tanpa memiliki sosok ibu sehingga berdampak pada kepada suasana perasaannya (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)

Ilustrasi seorang anak yang hidup tanpa memiliki sosok ibu sehingga berdampak pada kepada suasana perasaannya (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)

SUKABUMIUPDATE.com - Di kehidupan ini, tidak sedikit anak-anak yang dibesarkan tanpa sosok ibu selama hidupnya. Tentu saja hidup tanpa seorang ibu sangat memukul hati anak dan merasa dirinya tidak memiliki siapa-siapa.

Anak tersebut pasti akan merasa sedih karena melihat teman atau anak-anak di sekitar lingkungannya mendapatkan perhatian serta kasih sayang dari seorang ibu.

Terkadang, seorang anak yang hidupnya tidak memiliki sosok ibu akan merasakan dapat biologis cukup hebat. Perasaan dia mungkin terasa hampa karena tidak mendapatkan kasih sayang serta cinta utuh.

Hal inilah yang mesti diketahui orang tua, berikut 6 dampak psikologi tidak ada kehadiran ibu pada hidup anak sebagaimana merujuk pada halodoc!

Baca Juga: 10 Pilihan Makanan Terbaik untuk Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

1. Perasaan Cenderung Negatif

Dampak psikologis anak-anak yang besar tanpa ibu kemungkinan akan mengalami kesepian dan seolah tidak berharga hidupnya. Perasaan ini bisa muncul disebabkan dia tidak mendapatkan perawatan, kasih sayang, dan apa yang dibutuhkan anak kepada ibunya.

Pada akhirnya, kondisi ini anak tanpa memiliki ibu akan membuat suasana hatinya sering negatif, sehingga bisa memicu frustasi dan depresi.

2. Potensi Berperilaku Buruk

Salah satu dampak tidak memiliki ibu, anak akan membentuk perilaku buruk seperti tidak mau menerima arahan atau nasehat dari orang lebih tua, aturan sosial, kadang bikin tuntutan tidak masuk akal, serta mempunyai potensi menyakiti diri sendiri dan orang lain.

Pada dasarnya perilaku ini merupakan respons umum dari dalam diri seorang anak yang kehilangan figur seorang ibu dalam kehidupan sejak kecil.

Baca Juga: 9 Kebiasaan yang Membuat Seseorang Terserang Penyakit Asam Urat dan Cara Mencegahnya

3. Hubungan Sosialnya Buruk

Dampak lain tidak memiliki sosok ibu adalah hubungan sosial sang anak ke lingkungan sekitar cukup buruk. Dimana dia terkadang kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain atau teman sebaya.

Hal ini tentu saja dikarenakan anak kehilangan figur dan teladan dari seorang ibu, sehingga rasa percaya dirinya dan keterampilan bersosialnya kurang.

4.Emosi Tak Seimbang

Tidak menutup kemungkinan bahwa tanpa ada figur seorang ibu bisa membuat emosi anak jadi tak seimbang seperti berpotensi mudah marah, rendah diri, cemas, kurang semangat dan kurang percaya diri. Karena tidak ada yang mengajarkan dia untuk bisa mengelola emosi dari kecil.

Baca Juga: 8 Faktor Pemicu Asam Urat Susah Sembuh dan Cara Mengelolanya

5. Merasa Ditinggalkan

Tentu saja, tidak adanya sosok ibu sangat memukul hati anak. Apalagi ketika melihat anak-anak yang lain selalu bersama sang ibu dalam melakukan sesuatu atau menemani pergi ke suatu tempat.

Apapun alasannya, dalam hati seorang anak tentu akan merasa seolah dirinya ditinggalkan. Hal ini disebabkan oleh perasaan kesepian yang mendalam karena kurangnya figur penuh kasih sayang dari ibu dalam hidupnya.

6. Masalah Kesehatan

Menerima kenyataan kehilangan atau tanpa kehadiran ibu di sisinya tentu juga dapat membuat mereka mengalami masalah kesehatan. Sebagai contoh umum anak enggan makan, lebih suka berdiam diri di kamar, dan jika terus-menerus bisa mengalami depresi. Akibatnya, kesehatan secara mental maupun fisik akan terganggu.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)