5 Cara Mendidik Anak agar Tidak Bermental Miskin Saat Dewasa, Yuk Terapkan!

Sabtu 25 Mei 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi cara orang tua mendidik anak agar tidak bermental miskin saat tumbuh dewasa (Sumber : Pexels.com/@RDNEstockproject)

Ilustrasi cara orang tua mendidik anak agar tidak bermental miskin saat tumbuh dewasa (Sumber : Pexels.com/@RDNEstockproject)

SUKABUMIUPDATE.com - Mendidik anak-anak agar hidupnya tidak bermental miskin adalah tanggung jawab orang tua yang mesti ditanam sejak dini. Karena pasti ayah dan ibu menginginkan sang anak hidup sukses di masa depan.

Apalagi pendidikan yang diberikan oleh orang tua di masa kecil akan menentukan bagaimana mental anak ketika menjadi dewasa nanti, terutama ketika mulai menghadapi kehidupan dunia sebenarnya.

Maka dari itu, sejak anak masih kecil perlu diberikan pelajaran menerapkan gaya hidup dengan mental kaya agar terhindari dari kehidupan miskin di masa depan.

Lantas bagaimana cara sederhana yang harus dilakukan orang tua? Yuk simak ulasan berikut merujuk dari berbagai sumber!

Baca Juga: 10 Pilihan Makanan Terbaik untuk Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

1. Latih Kemandirian

Untuk melatih anak-anak menjadi sukses di masa depan, orang tua harus mengajarkan kemandirian sejak mereka masih kecil. Sebab, kemandirian akan membentuk mental anak menjadi kuat, tidak cengeng, pemberani, dan tangguh.

Oleh sebab itu, orang tua mesti mendidik kemandirian kepada anak dengan baik, mengingat pengaruhnya pada karakter dan mental sangat besar bagi si kecil saat dewasa nanti.

2. Tanamkan Mental Kaya

Mental kaya yang dimaksud adalah pola pikir anak tentang hidup seperti menjauhi gengsi, suka menabung, bersedekah dan lain sebagainya. Sebab membiarkan anak terjebak dalam pemikiran salah dapat menentukan miskin atau tidak kehidupan dia nanti.

Untuk sebab itu, orang tua perlu dengan benar mengajarkan bagaimana menjalani kehidupan dengan pola pikir kaya kepada anaknya.

Baca Juga: 9 Kebiasaan yang Membuat Seseorang Terserang Penyakit Asam Urat dan Cara Mencegahnya

3. Kembangkan Keterampilan Anak

Tidak hanya mengajari etika, orang tua juga perlu mengeluarkan minat dan bakat si kecil. Mengingat Tuhan menciptakan manusia dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing untuk bisa menjalani hidup sebaik mungkin.

Jadi, orang tua bisa melakukan beberapa langkah, seperti mendaftarkan anak pada kegiatan ekstrakurikuler sesuai kesukaan, memberikan kesempatan melakukan hal baru, dan memberi dukungan kepada minat serta bakat yang disukainya.

4. Latih Bijak Kelola Uang

Secara umum, salah satu penyebab kehidupan miskin dan tidaknya seseorang dari bagaimana caranya mengelola keuangan sendiri. Orang yang bijaksana dalam mengatur uang dapat membuat hidupnya memiliki.

Berbeda dengan mereka yang ceroboh, boros, dan tidak pandai mengelola uang pasti ada kemungkinan mengalami kemiskinan di masa depan kelak. Itu berarti orang tua mesti mengajarkan anak untuk melatihnya menabung, mencatat pengeluaran, mendahulukan kebutuhan daripada keinginan, dan lain-lain.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Makanan Sehat Anti Gula untuk Penderita Diabetes

5. Mendoakan Anak

Jika sudah melakukan segala upaya sekeras mungkin dalam mendidik anak, penting orang tua selalu melibatkan Tuhan dengan berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Jangan malu untuk meminta pertolongan kepada-Nya agar usaha selama memberikan pendidikan pada si kecil selama ini bisa mendapatkan hasil baik, terutama di masa depan nanti.

Apalagi mendidik anak agar bermental kaya yang selama ini diajarkan memiliki tujuan agar dia bisa sukses di masa depan. Itu berarti sangat penting dan harus para orang tua berdoa kepada Tuhan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life04 Juli 2024, 16:15 WIB

Simak dan Lakukan, 12 Tips Jalan Kaki Menurunkan Berat Badan Untuk Pemula

Walaupun jalan kaki termasuk aktivitas fisik yang mudah, ringan dan minim cedera untuk menurunkan berat badan, tetapi melakukan dengan benar adalah hal penting.
Ilustrasi Beberapa tips jalan kaki menurunkan berat badan penting dilakukan oleh pemula (Sumber : Freepik.com/@pressfoto)
Sehat04 Juli 2024, 16:00 WIB

Contoh Rencana Diet Seimbang untuk Penderita Diabetes: Jaga Kadar Gula Darah

Pola makan seimbang sangat penting untuk mengelola diabetes dan mencegah komplikasi kesehatan.
Ilustrasi Pola makan seimbang sangat penting untuk mengelola diabetes dan mencegah komplikasi kesehatan.(Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com)
Sehat04 Juli 2024, 15:45 WIB

Diet Sesuai Golongan Darah, Inilah Makanan yang Direkomendasikan Ahli

meskipun orang-orang masih mengikuti diet golongan darah saat ini, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung diet tersebut dan para ahli telah mengkritik konsepnya
Ilustrasi Inilah makanan rekomendasi dari ahli untuk diet sesuai golongan darah (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com)
Sukabumi04 Juli 2024, 15:30 WIB

Bupati Marwan Ajak Warga Sukabumi Perangi Narkoba

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menghadiri acara Launching Lomba Desa dan Kelurahan BERSINAR (Bersih Narkoba) Se-Kabupaten Sukabumi Tahun 2024 bertempat di Aula Setda, Palabuhanratu, Rabu, 3 Juli 2024.
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Dokpim
Musik04 Juli 2024, 15:30 WIB

The Dream Reborn, Konser DPR yang Akan Kembali ke Indonesia Bulan Desember

Label yang menaungi penyanyi hip hop DPR Ian yaitu Dream Perfect Regime mengumumkan akan melaksanakan tour dunia bertajuk The Dream Reborn tahun ini di kawasan Asia, Eropa, hingga Amerika.
The Dream Reborn, Konser DPR yang Akan Kembali ke Indonesia Bulan Desember (Sumber : Instagram@/dpr_official)
Life04 Juli 2024, 15:15 WIB

Terlalu Menyenangkan, Simak 5 Cara Klasik Mengenali Orang Palsu Menurut Psikologi

Menurut psikologi, ada cara klasik untuk mengenali orang palsu yang ada di sekitar dengan memperhatikan sikap yang ditunjukkan.
Ilustrasi Cara Klasik Mengenali Orang Palsu Menurut Psikologi (Sumber : Pexels.com/@fauxels)
DPRD Kab. Sukabumi04 Juli 2024, 15:06 WIB

DPRD Hadir, 1.000 Penari Jipeng Meriahkan Syukuran Nelayan Palangpang Sukabumi

Kegiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati Sukabumi Ahmad Syamsul Bahri.
Pembukaan syukuran Hari Nelayan Palangpang ke-67 di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Kamis (4/7/2024). | Foto: Istimewa
Gadget04 Juli 2024, 15:02 WIB

Kenapa Tiktok? Media Sosialisasi dan Edukasi yang Tepat untuk Siswa Kekinian

media sosial sebagai alat efektif dalam menyampaikan informasi dan pesan edukatif kepada generasi muda.
Ilustrasi bocah. Kenapa Tiktok? Media Sosialisasi dan Edukasi yang Tepat untuk Pelajar Kekinian (Sumber: freepik)
Inspirasi04 Juli 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Cibadak, Cicurug dan Cisaat

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Cibadak, Cicurug dan Cisaat.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Food & Travel04 Juli 2024, 14:30 WIB

Liburan Sekolah Makin Seru! 8 Wisata Kids Friendly di Sukabumi yang Siap Menghibur Anak-anak

Sukabumi, salah satu kota di Jawa Barat, menawarkan berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi, menjanjikan petualangan seru dan tak terlupakan bagi anak-anak.
Goalpara Tea Park - Sukabumi, salah satu kota di Jawa Barat, menawarkan berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi, menjanjikan petualangan seru dan tak terlupakan bagi anak-anak. (Sumber : Instagram/@goalparateapark).