11 Cara Menjadi Ibu yang Baik Agar Dihormati dan Dikagumi Anak-anak

Sabtu 25 Mei 2024, 10:01 WIB
Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjadi ibu yang baik bagi anak-anak. (Sumber : Pexels.com/ @JepGambardella)

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjadi ibu yang baik bagi anak-anak. (Sumber : Pexels.com/ @JepGambardella)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai orang tua, Anda tentunya telah melakukan banyak tugas yang menantang dalam hidup, tetapi jika Anda baru saja menjadi seorang ibu, Anda tahu bahwa tugas-tugas tersebut tidak ada artinya dibandingkan menjadi seorang ibu yang baik.

Menjadi seorang ibu yang baik adalah tugas yang berat bagi para orang tua yang baru pertama kali. Mengejar anak-anak Anda untuk setiap tugas kecil akan membuat Anda lelah. Apalabi Anak Anda bergantung pada Anda sejak ia dikandung.

Nah, berikut ini ada beberapa ciri umum seorang ibu yang baik yang dapat Anda jadikan pedoman dalam perjalanan Anda menjadi ibu yang baik, dihimpun dari laman parenting.firstcry:

1. Kesabaran Adalah Hal Utama

Kesabaran adalah definisi ibu yang baik. Ketika anak-anak tumbuh, mereka mencoba mengeksplorasi dan belajar tentang dunia. Terkadang, saat menjelajahi atau mencoba hal baru, mereka juga ceroboh.

Jadi jika mereka mendekorasi dinding dengan karya seni mereka atau menumpahkan susu ke seluruh karpet favorit Anda, harap bersabar dan jangan berteriak pada mereka. Tarik napas dalam-dalam beberapa kali dan lakukan yang terbaik untuk rileks.

Kesabaran baik untuk Anda dan anak-anak Anda karena mereka akan memahami kualitas yang mereka lihat dalam diri Anda dan pasangan.

2. Menyemangati Anak

Akan ada banyak kegagalan sebelum mereka mencapai keberhasilan dalam tugas mereka, baik itu berjalan, merangkak , makan sendiri, atau apa pun yang mungkin mereka coba. Tugas Anda adalah terus menyemangati mereka meskipun mereka gagal terus-menerus.

Anak-anak dengan ibu yang suportif dan memberi semangat akan mampu menganggap enteng kegagalan mereka dan mencoba lagi tanpa penyesalan. Ini adalah sifat yang akan mereka bawa seiring pertumbuhan mereka. Mereka juga akan lebih memberi semangat dan mendukung orang lain secara umum.

3. Memberi Pemahaman

Ini adalah salah satu ciri terpenting seorang ibu yang baik. Anda perlu meluangkan waktu untuk mendengarkan anak-anak Anda dan mencoba memahami suatu situasi dari sudut pandang mereka. Anak-anak Anda perlu tahu bahwa mereka dapat menghubungi Anda untuk apa pun dan kapanpun, berapapun usia mereka.

4. Rasa Hormat

Rasa hormat perlu diperoleh, dan anak-anak Anda perlu mempelajari hal ini. Apa yang Anda lakukan untuk mendapatkan rasa hormat dari anak Anda, pada gilirannya, akan mengajarkan mereka untuk menghargai diri mereka sendiri.

Anak-anak yang diajari harga diri dan cara menghargai orang lain akan lebih bahagia, lebih murah hati, dan lebih mampu membina hubungan baik di kemudian hari.

5. Tegas

Saat mendisiplinkan anak Anda , jangan berpikir bahwa Anda perlu bersikap jahat kepada mereka. Disiplinkan mereka dengan lembut dan penuh kasih. Yang membuat seorang ibu menjadi ibu yang hebat adalah kemampuannya memahami perilaku anak-anaknya dan memberitahu mereka bahwa mereka bukanlah anak yang nakal, melainkan bahwa perilaku mereka buruk.

6. Selalu Ada untuk Anak-anaknya

Apakah Anda seorang ibu yang bekerja atau ibu yang tinggal di rumah, Anda harus menyediakan waktu untuk anak-anak Anda. Anda perlu menaruh minat pada apa yang mereka sukai dan berusaha menjalin ikatan dengan mereka.

Berada di sana untuk mereka saat mereka membutuhkan Anda. Hal ini akan membuat anak Anda merasa penting dan pada gilirannya akan menumbuhkan kepercayaan, harga diri, dan cinta.

7. Rendah Hati

Ini adalah sesuatu yang mungkin sulit, namun penting untuk memeriksa situasi dan meminta maaf kepada anak Anda jika Anda salah. Hal ini tidak hanya mencegah situasi menjadi lebih buruk, tetapi juga mengajarkan anak Anda pelajaran berharga bahwa setiap orang melakukan kesalahan dan tidak masalah selama Anda cukup rendah hati untuk mengakui kesalahan Anda. Ini akan memberi Anda banyak rasa hormat dari mereka.

8. Menjadi Mentor yang Baik

Bantu anak Anda menjadi mandiri dengan membantunya mengasah keterampilannya. Saat anak Anda tumbuh dan menunjukkan minat pada berbagai hal, luangkan waktu untuk benar-benar mengajarinya. Beberapa anak menunjukkan bakatnya sejak usia dini.

Perhatikan, jika anak Anda memiliki bakat tertentu, bantulah ia untuk mengembangkan keterampilan dan bakat tersebut agar ia dapat mandiri dan produktif dalam hidupnya.

9. Mudah Didekati

Komunikasi yang baik dalam sebuah keluarga penting untuk memahami satu sama lain dan membangun hubungan saling percaya dan penuh kasih. Anak-anak di usia berapa pun perlu merasa bahwa mereka bisa mendekati ibunya untuk masalah apapun, bahkan untuk masalah yang sensitif sekalipun. Jadi, tanamkan komunikasi yang terbuka dan jujur ​​sejak dini.

10. Sosok yang Kuat

Menjadi seorang ibu bisa menjadi pekerjaan yang penuh tekanan dan sering kali harus mengorbankan diri Anda sendiri. Seorang wanita harus rela menyerahkan segala sesuatu yang diinginkannya agar dapat memberikan segalanya demi membesarkan anak-anak yang sehat dan bahagia.

Pastikan untuk menjadi kuat bagi anak-anak Anda karena melihat Anda menangani kehidupan sehari-hari adalah hal yang akan menginspirasi mereka dan mengajarkan mereka pelajaran berharga tentang kekuatan dan bagaimana bertahan serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

11. Penuh Kasih

Setiap orang tua mencintai anak-anaknya, tetapi cara mereka mencintai anak-anaknya menentukan dasar bagaimana mereka tumbuh dewasa. Cinta dan kasih sayang adalah kualitas baik seseorang. Jadilah teladan bagi anak Anda dengan menunjukkan kasih sayang dan empati kepada anak Anda, sehingga mereka pun tumbuh menjadi anak yang seperti itu.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Aplikasi07 Juli 2024, 08:00 WIB

46 Link Twibbon Tahun Baru Islam 2024, Gratis Download dan Lengkap Cara Menggunakannya

Dengan menggunakan Twibbon Tahun Baru Islam, Anda menunjukkan rasa bangga sebagai muslim dan ikut merayakan momen penting dalam agama.
Dengan menggunakan Twibbon Tahun Baru Islam, Anda menunjukkan rasa bangga sebagai muslim dan ikut merayakan momen penting dalam agama. (Sumber : twibbonize.com).
Life07 Juli 2024, 07:00 WIB

30 Ucapan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah yang Penuh Doa dan Harapan

Tahun Baru Islam adalah momen untuk memulai lembaran baru dan penuh dengan harapan baru.
Ilustrasi - Tahun Baru Islam adalah momen untuk memulai lembaran baru dan penuh dengan harapan baru. (Sumber : Freepik)
Science07 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Juli 2024, Minggu Pagi Cerah Berawan di Semua Wilayah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari pada Minggu 7 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari pada Minggu 7 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)