Jangan Biarkan, Kenali 5 Tanda Anak Mulai Durhaka kepada Orang Tuanya

Jumat 24 Mei 2024, 15:30 WIB
Sejumlah tanda-tanda awal seorang anak yang mulai bersikap durhaka kepada orang tuanya (Sumber : Pexels.com/@Monsteraproduction)

Sejumlah tanda-tanda awal seorang anak yang mulai bersikap durhaka kepada orang tuanya (Sumber : Pexels.com/@Monsteraproduction)

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang anak yang bersikap durhaka, biasanya akan terlihat pada perilaku yang mulai buruk kepada kedua orang tuanya bahkan sampai berani membentak ketika ditegur.

Perilaku buruk yang menjadi tanda anak mulai durhaka akan terus menerus dilakukan, meski sudah sering diberikan oleh nasehat. Sudah pasti sifat, sikap, atau perilaku seperti itu akan membuat orang tua sedih dan menangis melihatnya.

Oleh sebab itu, orang tua perlu mewaspadai tanda-tanda anak yang perilakunya mulai durhaka agar bisa dicegah sedini mungkin.

Lantas apa saja tanda anak mulai durhaka kepada orang tuanya? Yuk simak seperti merujuk pada Instagram/@akademiparenting_id:

Baca Juga: 5 Kunci Sukses Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh di Masa Depan

1. Tidak Hormat Pada Orang Tua

Ketika anak-anak mulai menunjukkan sikap kurang hormat, itu tandanya sudah mulai tidak menjadikan orang tua sebagai sosok yang disegani dan ditakuti.

Jika anak sudah menunjukkan perilaku seperti ini, berarti akan mulai muncul sikap durhaka kepada orang tua. Hal ini harus segera dicegah tidak agar tidak terus-terusan bersikap buruk. Karena takut akan melekat pada karakter diri sang anak.

2. Mulai Berani Membentak

Orang tua juga harus waspada ketika anak mulai berani membentak. Karena sikap buruk ini menandakan sudah tidak ada lagi rasa hormat dan segan dalam diri anak kepada ibu atau ayahnya.

Meski begitu, ada berbagai macam penyebab yang mempengaruhi anak suka membentak bisa jadi meniru kebiasaan orang tua, keluarga, teman, lingkungan, atau mungkin juga bentuk dendam atas didikan kedua orang tua yang keras padanya sejak kecil.

Baca Juga: 12 Cara Alami Menyembuhkan Kolesterol dengan Cepat Tanpa Obat

3. Melawan Keputusan Orang Tua

Seorang anak berani melawan keputusan orang tua sebenarnya ada berbagai alasan, seperti menolak saat diperintah, tidak mau mematuhi aturan, dan kurang setuju dengan keputusan dari ibu atau ayahnya sendiri.

Keberanian anak melawan keputusan orang tua yang dimaksud di atas adalah jik tidak mau diajak untuk kebaikan. Karena menolak keputusan kedua orang tua selagi benar menurut ayah, ibu, dan anak justru diperbolehkan.

4. Berkata Kasar

Dalam komunikasi verbal berkata kasar merupakan tindakan tidak baik, apalagi kepada orang lebih dewasa. Lebih parah lagi jika dilakukan seorang anak pada kedua orang tuanya.

Karena terlalu sering anak-anak berkata kasar akan membuat berani untuk bersikap tidak baik kepada kedua orang tuanya. Akibat dari itu, anak bisa menjadi sosok buruk yang suka melawan, menolak keputusan demi kebaikannya, dan tidak menaruh rasa hormat.

Jadi, kebiasaan berkata kasar akan mendorong anak untuk menjadi durhaka kepada orang tua apabila dilakukan terus menerus di rumah.

Baca Juga: Kurangi Purin, 10 Tips Pola Makan Sehat untuk Penderita Asam Urat

5. Bohong kepada Orang Tua

Ketika anak-anak mulai berani membohongi orang tuanya berarti sudah meninggalkan kejujuran yang ditanamkan oleh ibu dan ayahnya sejak dia masih kecil. Jika seperti itu, ada kemungkinan pengaruh dari luar masuk ke dalam diri anak untuk berbohong demi menutupi rahasia dirinya kepada kedua orang tua.

Kalau kebiasaan berbohong ini dibiarkan akan berdampak buruk yang sangat besar, yaitu membentuk metal licik, karakter jahat, dan sikap tidak tahu diri. Semua itu akhirnya akan menjadikannya anak durhaka.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life07 Juli 2024, 07:00 WIB

30 Ucapan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah yang Penuh Doa dan Harapan

Tahun Baru Islam adalah momen untuk memulai lembaran baru dan penuh dengan harapan baru.
Ilustrasi - Tahun Baru Islam adalah momen untuk memulai lembaran baru dan penuh dengan harapan baru. (Sumber : Freepik)
Science07 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Juli 2024, Minggu Pagi Cerah Berawan di Semua Wilayah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari pada Minggu 7 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari pada Minggu 7 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang