Apakah Menyusui Memiliki Manfaat Kognitif Pada Anak? Simak Ulasan Berikut

Selasa 21 Mei 2024, 11:15 WIB
Ilustrasi seorang anak sedang menyusui yang diyakini memiliki manfaat kognitif (Sumber : Pexels.com/@Keiraburton)

Ilustrasi seorang anak sedang menyusui yang diyakini memiliki manfaat kognitif (Sumber : Pexels.com/@Keiraburton)

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak manfaat menyusui yang telah diakui oleh masyarakat. Namun, masih banyak perdebatan mengenai apakah menyusui memberikan keuntungan kognitif pada anak atau tidak.

Kemampuan kognitif mengacu pada proses mental seperti berpikir, mengingat, dan mengambil keputusan. Selain itu, juga mencakup kreativitas, imajinasi, dan perilaku. Perkembangan otak serta keterampilan kognitif yang sehat memungkinkan anak untuk belajar sampai bisa memahami sesuatu dengan baik.

Kemungkinan Manfaat Kognitif dari Menyusui

Banyak ahli percaya bahwa menyusui dapat berkontribusi pada kecerdasan, ingatan, penilaian, dan kemampuan memecahkan masalah seorang anak seiring pertumbuhannya. Akan tetapi apakah semua itu benar?

Baca Juga: Cek Gaya Hidup! 11 Cara Alami Menyembuhkan Diabetes dengan Cepat Tanpa Obat

Menyusui dan Manfaat Kognitif Jangka Panjang

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Pediatrics pada bulan Maret 2017 melaporkan bahwa tidak ada manfaat kognitif jangka panjang dari menyusui. Penelitian ini mengikuti hampir 7.500 bayi hingga usia lima tahun. Peneliti juga mengevaluasi kemampuan anak dalam berbahasa atau kosakata, keterampilan memecahkan masalah, dan perilaku pada usia 9 bulan, 3 tahun, dan 5 tahun.

Maka dari itu, orang tua dan guru dapat berpartisipasi dalam mengevaluasi dengan mengisi kuesioner untuk mengetahui kemampuan kognitif anak. Penelitian tersebut memang menunjukkan beberapa efek positif kognitif jangka pendek dari menyusui, namun tidak ada manfaat jangka panjangnya.

Karena itu dinyatakan kalau anak yang mendapat ASI minimal 6 bulan memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dan tidak terlalu hiperaktif pada usia 3 tahun. Namun, ketika anak-anak tersebut berusia 5 tahun, perbedaan mencolok antara mereka yang diberi ASI dan tidak diberi ASI menjadi terlalu kecil untuk bisa bermakna.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh untuk Penderita Asam Urat Agar Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari

Menyusui dan Kecerdasan

Tidak semua penelitian mengenai hal ini menunjukkan temuan yang sama. Banyak penelitian yang mendukung keyakinan bahwa menyusui dapat meningkatkan kecerdasan atau IQ. Mereka tampaknya menunjukkan hubungan antara ASI dan hasil kognitif jangka panjang. Berikut dua contohnya:

1. Sebuah penelitian mengamati 3.500 anak selama masa remaja dan dewasa. Ketika dinilai pada usia 30 tahun, mereka yang sumber nutrisi utamanya berasal dari ASI memiliki kinerja lebih baik dalam tes kecerdasan. Anak-anak itu juga memiliki pendidikan yang lebih tinggi sampai pendapatan jauh lebih besar.

2. Penelitian lain dengan jangkauan sangat besar mengamati hampir 14.000 bayi sehat yang diberi ASI hingga mereka berusia 6,5 ​​tahun. Kecerdasan serta status akademis anak-anak dievaluasi oleh dokter dan guru. Hasilnya menunjukkan bahwa hubungan antara pemberian ASI eksklusif dalam jangka panjang dan perkembangan kognitif anak sangatlah kuat.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)