Yuk Intip 10 Cara Mudah Agar Menghasilkan Lebih Banyak ASI Untuk Bayi

Selasa 21 Mei 2024, 10:15 WIB
Ilustrasi cara mudah menghasilkan ASI dengan makan makanan sehat (Sumber : pexels.com/@Artempodrez)

Ilustrasi cara mudah menghasilkan ASI dengan makan makanan sehat (Sumber : pexels.com/@Artempodrez)

SUKABUMIUPDATE.com - Menyusui dapat memberikan banyak manfaat bagi para ibu dan bayi, namun hal itu tidak selalu terjadi secara alami. Beberapa orang tua khawatir mereka tidak memproduksi cukup ASI untuk menopang kehidupan si kecil. Apalagi tidak mudah untuk melacak produksi air susu ibu dan asupan anak.

Sebagai permulaan, ada baiknya untuk mengetahui apakah suplai ASI perlu ditingkatkan. Tubuh kemungkinan besar akan menghasilkan cukup ASI yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi .

Berikut beberapa tanda bahwa para ibu sebenarnya memproduksi ASI dalam jumlah yang cukup:

  • Bayi menelan saat menyusu
  • Mereka tampak kenyang, lelah, atau puas setelah selesai diberi ASI
  • Mereka biasa membuat popok basah dan kotor
  • Bayi tumbuh dan mendapatkan berat badan yang sehat

Baca Juga: Cek Gaya Hidup! 11 Cara Alami Menyembuhkan Diabetes dengan Cepat Tanpa Obat

Meningkatkan suplai ASI di rumah biasanya dimulai dengan stimulasi puting dan peningkatan pengeluarannya. Namun, juga perlu mengatasi penyebab paling umum dari rendahnya jumlah ASI, seperti kurang makan, minum, merasa lelah, stres, dan terlalu jarang menyusui.

Melansir dari laman parents.com, berikut cara mudah agar menghasilkan lebih banyak ASI untuk bayi:

1. Makan Makanan Bergizi

Mengikuti program diet seperti anti inflamasi atau mediterania, dapat memastikan para ibu mendapatkan nutrisi yang tepat. Pilih makanan yang terbuat dari buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Coba saja dengan konsumsi nasi merah, makanan kaya omega-3, salmon, biji rami, dan protein nabati.

2. Minum Banyak Air

Tubuh tidak dapat memproduksi ASI lebih banyak jika ibu mengalami dehidrasi. Apalagi, seorang ibu menyusui membutuhkan lebih banyak air mineral ketika memberikan susu untuk anaknya.

Seorang Ibu yang sedang menyusui harus minum tambahan delapan gelas air sehari, selain delapan gelas yang direkomendasikan per hari untuk orang dewasa.

Baca Juga: 9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

3. Tidurlah yang Cukup

Dapatkan tidur restoratif sesering mungkin, terutama di siang hari ketika si kecil sedang terlelap. Istirahat yang cukup akan membantu tubuh cepat pulih dari kehamilan dan persalinan serta mendorong untuk memproduksi lebih banyak ASI.

Sementara itu, kurang tidur dapat berdampak negatif pada produksi ASI dan menghasilkan lebih sedikit. Jadi penting untuk memprioritaskan tidur sebanyak yang Anda bisa.

4. Temukan Cara Untuk Mengurangi Stres

Belajar menyusui bisa menjadi tantangan, jadi wajar saja jika seorang ibu stres karena suplai ASI. Apalagi kalau sudah sampai kronis dapat berdampak pada produksi air susu ibu, terutama ketika memiliki banyak proses tubuh yang bersaing untuk mendapatkan sumber daya yang terbatas.

Latih secara teratur teknik dan aktivitas pengurangan stres yang sehat, seperti latihan pernapasan, yoga, olahraga ringan, berbicara dengan teman, perawatan diri, dan relaksasi. Selain itu, bersabarlah saat para ibu berusaha meningkatkan produksi ASI.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh untuk Penderita Asam Urat Agar Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari

5. Delegasikan Apa yang Anda Bisa

Jangan ragu melepaskan pekerjaan rumah tangga. Merawat bayi dan diri sendiri termasuk menyediakan waktu untuk aktivitas yang menyenangkan serta lebih penting daripada selesai mencuci piring atau mencuci. Anda juga bisa meminta bantuan tugas rumah tangga dari teman, keluarga, atau jasa kebersihan.

Memesan makanan untuk dibawa pulang sesekali juga dapat membantu Anda menghemat energi. Penelitian menunjukkan bahwa ketika orang tua yang menyusui tidak memiliki sistem pendukung, keberhasilan mereka dalam menyusui akan berkurang.

6. Sering-Seringlah Menyusui

Menyusui merupakan suatu hal berdasarkan sistem penawaran dan permintaan. Semakin sering dan lama bayi menyusu, maka semakin banyak pula ASI yang diproduksi.

Jika kesulitan merasa nyaman atau menemukan posisi yang sesuai, maka konsultan laktasi dapat mengajari para ibu teknik yang tepat.

Baca Juga: 10 Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat

7. Pertimbangkan Untuk Membatasi Kafein

Jika merasa perlu untuk memproduksi lebih banyak ASI, Anda juga dapat melakukan beberapa perubahan gaya hidup sederhana seperti mengurangi jumlah kafein.

Meski kafein tidak berdampak langsung pada suplai ASI, namun dampaknya terhadap ibu dan bayi dapat menyebabkan masalah di jumlah ASI. Misalnya, kafein bersifat diuretik alami, yang berarti dapat menyebabkan dehidrasi jika meminumnya terlalu banyak.

8. Pijat Payudara

Memijat payudara di sela-sela waktu menyusui juga dapat membantu memproduksi lebih banyak ASI. Sebuah penelitian menemukan bahwa pijat payudara melingkar meningkatkan jumlah ASI yang diproduksi hampir 23%. Ini juga berguna dalam mengurangi nyeri dan pembengkakan payudara.

9. Gunakan Pompa Payudara

Meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi pada awalnya, namun sering memompa atau memerah ASI di antara sesi menyusui dapat meningkatkan suplai ASI.

Baca Juga: Rahasia Sukses Bebas dari Serangan Asam Urat, 5 Langkah Ini Cegah Kembali Kambuh

10. Bekerja Sama Dengan Konsultan Laktasi

Konsultan laktasi dapat mengajari ibu teknik dan posisi menyusui si kecil. Seringkali, sedikit perubahan pada kaitan bayi dan cara Anda memegangnya dapat membuat perbedaan besar. Kuncinya adalah mencari bantuan sejak dini daripada menunggu hingga situasinya tampak tidak dapat diatasi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science07 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Juli 2024, Minggu Pagi Cerah Berawan di Semua Wilayah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari pada Minggu 7 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari pada Minggu 7 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay