Mengenal 7 Perkembangan Fisik Pada Anak Usia Dini, Yuk Ketahui Bund!

Selasa 21 Mei 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi. Orang tua mesti mengetahui perkembangan fisik pada anak-anaknya. Sumber foto : Pexels/Jonathan Borba

Ilustrasi. Orang tua mesti mengetahui perkembangan fisik pada anak-anaknya. Sumber foto : Pexels/Jonathan Borba

SUKABUMIUPDATE.com - Anak-anak tumbuh dengan pesat saat lahir dan berusia dua tahun, namun begitu mereka mencapai usia dua tahun, balita cenderung mengalami pertumbuhan yang lebih lambat. Ini adalah saat orang tua khawatir tentang perubahan kebiasaan makan anak mereka dan bertanya-tanya apakah anak mereka tumbuh normal.

Perkembangan fisik pada masa bayi terjadi dalam serangkaian lonjakan pertumbuhan. Penting untuk diingat bahwa setelah lonjakan pertumbuhan, anak tumbuh pada kecepatan yang standar dan stabil hingga masa remaja.

Cara terbaik untuk menentukan apakah anak Anda tumbuh dengan baik adalah dengan memantau dan memantau pertumbuhannya secara cermat.

Apa Itu Perkembangan Fisik?

Perlahan tapi pasti, anak Anda bersiap untuk mengambil struktur struktural yang hampir mirip dengan orang dewasa. Hal ini dianggap sebagai perkembangan fisik pada seorang anak.

Tanda-tanda Perkembangan Fisik Anak

Berikut beberapa tanda-tanda perkembangan fisik anak yang menonjo, dihimpun dari parenting.firstcry:

1. Anggota Badan

Lengan dan kaki anak akan bertambah panjang dan proporsional dengan batang tubuh serta kepalanya. Anda juga akan melihat bahwa anak Anda tampak jauh lebih langsing dan lebih kurus dibandingkan saat ia masih bayi.

2. Pertumbuhan Otot

Pertumbuhan otot akan lebih cepat sehingga dapat membantu pergerakan anak. Otot lengan dan tungkai yang diketahui berukuran lebih besar akan tumbuh lebih cepat dibandingkan otot jari kaki atau jari tangan yang berukuran lebih kecil. Pada tahap ini, penting untuk memberikan nutrisi yang tepat kepada anak Anda untuk membantu proses pertumbuhannya.

3. Perkembangan Otak

Dengan perkembangan otak, anak Anda akan mampu melakukan tugas mental dan fisik yang lebih kompleks. Selama masa kanak-kanak, terdapat pertumbuhan yang signifikan pada serabut saraf di otak, khususnya di lobus frontal.

Diketahui juga bahwa sekitar usia 2 tahun, otak manusia sudah berukuran 70% dari ukuran orang dewasa. Pada usia enam atau tujuh tahun, ukuran otak hampir 90% dari ukuran otak orang dewasa. Peningkatan keterampilan motorik dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ini. Mengukur lingkar kepala juga merupakan praktik umum untuk mengetahui tingkat pertumbuhan otak.

4. Keterampilan Motorik

Keterampilan motorik berhubungan dengan kemampuan anak dalam melakukan tugas sehari-hari. Itu bisa berupa apa saja, mulai dari berlari hingga membangun blok. Keterampilan motorik dapat dikategorikan menjadi:

Keterampilan Motorik Kasar

Juga dikenal sebagai keterampilan motorik besar, ini adalah keterampilan yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas umum seperti berlari, berjalan, melompat, atau bahkan menyeimbangkan tubuh saat melakukan aktivitas ini.

Dengan keterampilan motorik kasar, anak Anda seharusnya mampu melakukan beberapa aktivitas berikut:

  • Berjalanlah dengan keseimbangan yang stabil
  • Berlari dengan nyaman dalam satu arah atau melewati rintangan
  • Lempar bola atau tangkap
  • Lompat dengan masing-masing kaki beberapa kali
  • Melompati benda atau rintangan yang letaknya rendah
  • Menendang bola yang diam
  • Mengayuh sepeda roda tiga
  • Anak di sepeda roda tiga

Keterampilan Motorik Halus

Juga dikenal sebagai keterampilan motorik kecil, ini melibatkan gerakan-gerakan halus yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas yang mungkin sedikit rumit. Hal ini juga berhubungan dengan perkembangan otak anak.

Keterampilan motorik halus memungkinkan anak untuk:

  • Gunakan peralatan makan
  • Sikat gigi atau sisir rambut
  • Ambil barang-barang kecil seperti koin
  • Kerjakan teka-teki sederhana
  • Gambarlah bentuk sederhana seperti lingkaran atau kotak

5. Tinggi

Pada usia 12 bulan, panjang bayi diketahui sekitar 50% dari panjang lahir. Ketika anak-anak mencapai usia lima tahun, idealnya panjang badan mereka harus dua kali lipat panjang badan lahirnya.

Selain itu, anak laki-laki mencapai setengah tinggi badan orang dewasa pada usia sekitar 24 bulan, dan anak perempuan mencapai setengah tinggi badan orang dewasa pada usia sekitar 19 bulan.

6. Berat

Pada usia satu tahun, berat badan bayi akan menjadi tiga kali lipat berat badan lahir. Tingkat pertumbuhannya cenderung melambat setelah tahun pertama, dan antara satu dan enam tahun, berat badannya akan bertambah sekitar 2 kg setiap tahun.

7. Gigi

Biasanya, sekitar usia lima hingga sembilan bulan, bayi Anda akan memiliki gigi depan bawah. Gigi depan atas muncul pada usia sekitar delapan hingga dua belas bulan.

Anak-anak cenderung mendapatkan seluruh 20 gigi susu atau gigi sulungnya pada usia dua setengah tahun. Gigi permanen menggantikan gigi susu pada usia antara 5 hingga 13 tahun.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)