Orang Tua Perlu Tahu! Ini 4 Alasan Mengapa Anak Memiliki Energi Tinggi

Senin 20 Mei 2024, 16:30 WIB
Ilustrasi anak-anak super aktif yang sedang bermain dengan temannya (Sumber : Pexels.com/@Polesietoys)

Ilustrasi anak-anak super aktif yang sedang bermain dengan temannya (Sumber : Pexels.com/@Polesietoys)

SUKABUMIUPDATE.com - Kemungkinan besar beberapa orang pernah bertemu dengan anak yang memiliki energi tinggi, dan cenderung aktif hingga terlihat seperti tenaganya tidak pernah habis.

Biasanya anak-anak seperti ini tidak akan terpengaruh dengan gangguan lain seperti buku dan TV. Mereka lebih sering menjelajah atau kadang-kadang bermain secara kasar. Selain itu sepertinya anak-anak ini tidak mengenal batas.

Karena anak yang berenergi tinggi juga membutuhkan rangsangan yaitu merupakan bagian integral dari perkembangan dan pertumbuhan mereka.

Tentu saja, beberapa orang tua mengalami kesulitan mengelola dan mengasuh anak-anak yang berenergi tinggi. Mereka sering kali dicap "sulit", dan perilaku si kecil dianggap "sulit diatur" atau "bermasalah".

Baca Juga: 10 Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat

Namun anak-anak yang berenergi tinggi mempunyai perkembangan berbeda. Bahkan, akan lebih bagus jika mereka memiliki tenaga besar dan menjadi anak aktif. Karena bisa melatih kemampuan diri dalam masa perkembangan.

Mengapa Beberapa Anak Memiliki Banyak Energi?

Sebenarnya, anak-anak mempunyai kekhawatiran dan masalah seperti halnya orang dewasa. Akan tetapi, seringkali situasi yang mereka hadapi tidak memerlukan jumlah energi sama besarnya untuk menyelesaikannya.

Sebagai orang tua, kita tentu khawatir untuk memastikan anak-anak kita mendapatkan semua yang mereka butuhkan agar aman, sehat, dan bahagia. Namun, tidak perlu dikhawatirkan karena keaktifan anak merupakan bagian dari tumbuh kembang.

Baca Juga: 4 Cara Cerdas Meredakan dan Mengatasi Amukan Anak Tanpa Perlu Emosi

Membuat kekacauan yang terus-menerus di sekolah, di sekitar lingkungan, pekerjaan rumah, dan pekerjaan rumah tangga akan menyita banyak hal dari kita. Sebaliknya, beberapa anak menyimpan seluruh energinya untuk menjelajahi dunia di sekitar mereka.

Berikut alasan anak-anak memiliki banyak energi yang dirangkum dari laman parents.com:

1. Rasa Ingin Tahu yang Tulus

Saat masih balita, dunia adalah hal yang asing dan itu membuat mereka penasaran. Karena semuanya baru, berkilau, menarik, dan ada di ujung jari. Ada juga banyak suara, rasa, sentuhan, pemandangan, dan bau asing. Sehingga anak-anak ingin mengenal sekelilingnya sekaligus.

Kata Kyle D. Pruett, MD, profesor klinis psikiatri anak di Yale School of Medicine, dunia ini sangat merangsang bagi anak usia 2 tahun dan 3 tahun, sehingga mereka senang bereksplorasi.
Stimulasi yang berlebihan dapat menyebabkan anak “bertindak”. Namun, anak-anak pada usia ini bahkan lebih tua hanya ingin tahu untuk menjelajahi lingkungan sekitarnya. Mereka berusaha menerima semua hal.

Baca Juga: Jangan Salahkan Anak, Ini 6 Didikan Orang Tua yang Membuatnya Durhaka

2. Menjelajahi Dunia

Setelah anak menjelajahi semua yang ditawarkan dunia, mereka mungkin akan mengambilnya dan berlari secara harfiah serta kiasan. Karena ingin mencoba semua itu secara langsung.

Balita dan anak usia prasekolah tidak memiliki pengendalian diri atau kemampuan kognitif untuk berhenti melakukan hal-hal yang mereka sukai. Artinya, berapa kali pun bermain petak umpet hari ini, mereka akan selalu siap untuk satu putaran lagi tanpa merasa lelah.

3. Kurangnya Rentang Perhatian

Beberapa anak tampak “berenergi tinggi” karena rentang perhatian yang kurang. Hal ini membuat mereka berpindah dari satu hal, pikiran, atau aktivitas ke hal berikutnya tanpa hambatan dan jeda.

Mereka terus berjalan dan berusaha mengisi waktu serta kegiatan. Meskipun hal ini umum terjadi pada anak kecil, tapi anak lebih dewasa mungkin juga mengalami hal serupa, terutama mereka yang memiliki gangguan spektrum autisme, keterlambatan perkembangan, atau ADHD.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Pagi Hari yang Membantu Meredakan Nyeri Sendi Asam Urat

4. Perbedaan Genetik, Lingkungan, dan Individu

Setiap anak adalah individu yang unik, memiliki kepribadian, pengalaman hidup, dan susunan genetik yang berbeda. Ini berarti beberapa dari mereka akan lebih ramah serta mempunyai lebih banyak energi dibandingkan yang lain. Selain itu, beberapa keluarga serta lingkungan mendorong dan menerima perilaku si kecil untuk lebih aktif.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life05 Oktober 2024, 15:00 WIB

Jangan Dulu Dikawinkan! Ini 7 Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina.
Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina. | Foto: Pixabay/TeamK
Sukabumi05 Oktober 2024, 14:53 WIB

Dibangun! Rutilahu Milik Lansia di Lengkong Sukabumi yang Dihuni Bersama Anak-Cucu

Pemerintah dan kepolisian setempat membangun kembali rumah Emak Juariah.
Rutilahu milik Emak Juariah (75 tahun) di Kampung Cipongpok RT 10/04 Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 13:29 WIB

Kearifan Lokal dan Teknologi: Pelatihan Inovatif untuk Guru SD oleh Kelompok PKM Nusa Putra

Kegiatan ini dipimpin oleh tiga dosen Nusa Putra University.
Pelatihan untuk guru SD oleh kelompok PKM Nusa Putra University. | Foto: Nusa Putra University
Food & Travel05 Oktober 2024, 13:00 WIB

Pendakian Terfavorit: 5 Gunung di Jawa Barat yang Menawarkan Keindahan Alam yang Tak Terlupakan

Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor.
Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor. (Sumber : Instagram/@kholisohhasanah).
Life05 Oktober 2024, 12:00 WIB

Takut Gagal dan Mudah Menyerah, 10 Ciri Orang yang Rendah Diri

Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja.
Ilustrasi. Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja. (Sumber : pixabay.com/@EnginAkyurt)
Nasional05 Oktober 2024, 11:23 WIB

ICW: 174 Anggota DPR 2024-2029 Terindikasi Terhubung dengan Dinasti Politik

Temuan ini merujuk pada jabatan-jabatan oleh para keluarga anggota legislatif.
(Foto Ilustrasi) ICW mengungkap 174 anggota DPR 2024-2029 terindikasi memiliki keterkaitan dengan dinasti politik. | Foto: Istimewa
Motor05 Oktober 2024, 11:00 WIB

5 Tanda Motor Harus Turun Mesin dan Cara Terbaik untuk Menghindarinya

Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin.
Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi05 Oktober 2024, 10:43 WIB

Dua Rumah Hangus Kebakaran di Ciracap Sukabumi, Penghuni Kini Mengungsi

Kebakaran berawal saat Juhe tiba-tiba melihat api dari atas rumahnya.
Rumah yang kebakaran di Kampung Lembursawah RT 24/06 Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu pagi (5/10/2024). | Foto: Istimewa
Nasional05 Oktober 2024, 10:16 WIB

Soroti Bisnis Militer! Catatan KontraS pada HUT TNI 2024: Reformasi Tak Berjalan

KontraS menyoroti berbagai peristiwa kekerasan dan pelanggaran HAM.
(Foto Ilustrasi) Memperingati HUT TNI ke-79 pada 2024, KontraS meluncurkan Catatan Hari TNI. | Foto: Freepik
Sehat05 Oktober 2024, 10:00 WIB

Ternyata Bisa Menjaga Mood! 6 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari

Minum air putih hangat di pagi hari memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental.
Ilustrasi. Minum air putih hangat di pagi hari memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental. Sumber : Pexels/Pixabay