6 Perlakukan Orang Tua yang Merusak Kejiwaan dan Mental Anak, Yuk Hindari!

Senin 20 Mei 2024, 11:15 WIB
Ilustrasi Perlakuan orang tua yang tidak boleh dilakukan kepada anak-anaknya (Sumber : Pexels.com/@augustderichelieu)

Ilustrasi Perlakuan orang tua yang tidak boleh dilakukan kepada anak-anaknya (Sumber : Pexels.com/@augustderichelieu)

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam mendidik, orang tua sejatinya tidak dianjurkan untuk melakukan perlakuan-perlakuan negatif yang dapat merusak kejiwaan dan mental anak.

Karena membiarkan anak-anak menerima atau melihat perlakukan buruk tersebut, tentu saja akan berdampak negatif bagi perkembangan jiwa dan mental si kecil saat dewasa nanti.

Itu sebabnya, orang tua harus sangat sabar selama mendidik anak-anak. Berusaha untuk menahan diri tidak memperlihatkan perilaku buruk di hadapan buah hati. Karena nantinya mereka bisa meniru atau justru takut.

Lantas perlakuan seperti apa yang mesti dihindari orang tua di depan anak? Yuk simak dibawah ini seperti merujuk dari berbagai sumber!

Baca Juga: 10 Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat

1. Terlalu Egois pada Anak

Terkadang orang tua terlalu memaksakan egonya sendiri ketika anak benar-benar tidak mampu melakukan sesuatu. Sebab, apa yang ayah atau ibunya inginkan belum tentu disukai oleh anak.

Terlalu memaksakan anak untuk mengikuti keinginan orang tua yang tidak sesuai dengan kemauannya dapat menyebab perasaan kecewa, sakit hati, hingga dendam, kepada si kecil di saat dewasa nanti.

2. Sering Menyalahkan Anak

Sadarkah, bahwa sering menyudutkan atau menyalahkan anak bisa membuat kepercayaan dirinya hancur. Bahkan bisa menghilangkan jati diri dalam keinginan untuk bersosialisasi dengan orang lain atau teman sebaya.

Sebagai orang tua, perlakuan ini harus dihindari agar tidak berdampak buruk. Karena membiasakan diri untuk menyalahkan hanya dapat merusak mentalitas anak.

Baca Juga: 4 Cara Cerdas Meredakan dan Mengatasi Amukan Anak Tanpa Perlu Emosi

3. Kurang Kasih Sayang pada Anak

Kasih sayang orang tua yang berkurang kepada anak bisa menyebabkan kekurangan rasa cinta di dalam hati anak. Begitu dewasa, suasana jiwanya akan merasa hampa dan kesepian. Karena sedari kecil tidak mendapatkan kasih sayang yang seharusnya dari ayah maupun ibu.

4. Tidak Bisa Mengendalikan Emosi di Hadapan Anak

Menjadi orang tua memang butuh kesabaran tinggi dalam mendidik anak, termasuk mampu mengendalikan emosi saat kesal dan marah. Ketika mereka mudah melampiaskan emosi negatifnya kepada anak-anak. Tentu saja bisa berdampak buruk bagi psikologis si kecil saat dewasa.

5. Bertengkar dengan Pasangan di Depan Anak

Pertengkaran suami istri sering terjadi di dalam rumah tangga, tapi sebaiknya jangan diperlihatkan di depan anak-anak. Karena tidak baik bagi kejiwaan dan mental mereka, terutama yang masih kecil. Ada baiknya untuk menghindar disaat sedang berselisih dengan pasangan. Usahakan berada di tempat yang tidak bisa dilihat oleh si kecil nanti. Sebab, kalau sampai dia melihat resikonya akan berefek kepada anak sendiri.

Pada umumnya, anak akan terguncang jiwanya melihat orang tua sendiri bertengkar sampai menggunakan bentakan. Apalagi jika berujung perceraian, hati mereka akan sakit hati lantaran ayah dan ibunya berpisah.

Baca Juga: Jangan Salahkan Anak, Ini 6 Didikan Orang Tua yang Membuatnya Durhaka

6.Mengancam Anak dalam Mendidik

Model asuhan dengan cara mengancam perlu dihindari oleh para orang tua. Perlakuan ini hanya akan membuat anak patuh dalam ketakutan. Jika perasaan si kecil terus dihantui rasa takut tentu saja akan merusak psikologisnya. Karena akan lahir tekanan batin yang belum bisa diatasinya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life05 Oktober 2024, 15:00 WIB

Jangan Dulu Dikawinkan! Ini 7 Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina.
Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina. | Foto: Pixabay/TeamK
Sukabumi05 Oktober 2024, 14:53 WIB

Dibangun! Rutilahu Milik Lansia di Lengkong Sukabumi yang Dihuni Bersama Anak-Cucu

Pemerintah dan kepolisian setempat membangun kembali rumah Emak Juariah.
Rutilahu milik Emak Juariah (75 tahun) di Kampung Cipongpok RT 10/04 Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 13:29 WIB

Kearifan Lokal dan Teknologi: Pelatihan Inovatif untuk Guru SD oleh Kelompok PKM Nusa Putra

Kegiatan ini dipimpin oleh tiga dosen Nusa Putra University.
Pelatihan untuk guru SD oleh kelompok PKM Nusa Putra University. | Foto: Nusa Putra University
Food & Travel05 Oktober 2024, 13:00 WIB

Pendakian Terfavorit: 5 Gunung di Jawa Barat yang Menawarkan Keindahan Alam yang Tak Terlupakan

Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor.
Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor. (Sumber : Instagram/@kholisohhasanah).
Life05 Oktober 2024, 12:00 WIB

Takut Gagal dan Mudah Menyerah, 10 Ciri Orang yang Rendah Diri

Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja.
Ilustrasi. Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja. (Sumber : pixabay.com/@EnginAkyurt)
Nasional05 Oktober 2024, 11:23 WIB

ICW: 174 Anggota DPR 2024-2029 Terindikasi Terhubung dengan Dinasti Politik

Temuan ini merujuk pada jabatan-jabatan oleh para keluarga anggota legislatif.
(Foto Ilustrasi) ICW mengungkap 174 anggota DPR 2024-2029 terindikasi memiliki keterkaitan dengan dinasti politik. | Foto: Istimewa
Motor05 Oktober 2024, 11:00 WIB

5 Tanda Motor Harus Turun Mesin dan Cara Terbaik untuk Menghindarinya

Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin.
Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi05 Oktober 2024, 10:43 WIB

Dua Rumah Hangus Kebakaran di Ciracap Sukabumi, Penghuni Kini Mengungsi

Kebakaran berawal saat Juhe tiba-tiba melihat api dari atas rumahnya.
Rumah yang kebakaran di Kampung Lembursawah RT 24/06 Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu pagi (5/10/2024). | Foto: Istimewa
Nasional05 Oktober 2024, 10:16 WIB

Soroti Bisnis Militer! Catatan KontraS pada HUT TNI 2024: Reformasi Tak Berjalan

KontraS menyoroti berbagai peristiwa kekerasan dan pelanggaran HAM.
(Foto Ilustrasi) Memperingati HUT TNI ke-79 pada 2024, KontraS meluncurkan Catatan Hari TNI. | Foto: Freepik
Sehat05 Oktober 2024, 10:00 WIB

Ternyata Bisa Menjaga Mood! 6 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari

Minum air putih hangat di pagi hari memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental.
Ilustrasi. Minum air putih hangat di pagi hari memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental. Sumber : Pexels/Pixabay