Orang Tua Perlu Tahu, 3 Alasan Mengapa Anak Berani Berbohong

Jumat 17 Mei 2024, 14:15 WIB
Ilustrasi ketika seorang anak berani berbohong kepada orang tuanya (Sumber : Pexels.com/@KetutSubiyanto)

Ilustrasi ketika seorang anak berani berbohong kepada orang tuanya (Sumber : Pexels.com/@KetutSubiyanto)

SUKABUMIUPDATE.com - ​Anak-anak di bawah usia 6 tahun sering kali mengalami kesulitan untuk membedakan antara kenyataan dan fantasi. Oleh karena itu, bagi mereka sering kali terdapat batas yang tidak pasti antara kebenaran dan fiksi.

Namun, setelah sekitar usia 6 tahun anak-anak dengan jelas dapat membedakan kebenaran dan fantasi. Akibatnya, ketika seorang anak berbohong berarti sudah tahu caranya untuk berbohong kepada orang tua.

Akan tetapi, anak yang berbohong seringkali memiliki alasan entah itu untuk melindungi dirinya sendiri atau karena mereka meniru orang tua selama mendidiknya.

Merangkum dari laman healthychildren.com, berikut beberapa alasan mengapa anak-anak berani berbohong yang perlu diketahui orang tua:

Baca Juga: 4 Minuman Sehat yang Ampuh Menurunkan Kadar Asam Urat, Nyerinya Langsung Minggat!

1. Merasa Bersalah

Banyaknya tekanan yang dirasakan bisa menyebabkan anak-anak berbohong. Seringkali, ketika seorang anak dibesarkan di rumah yang penuh kasih sayang dan bertanggung jawab, pertama-tama dia akan berbohong ketika dihadapkan pada tindakan salah dan merasa takut mengecewakan orang tuanya atau dihukum oleh mereka.

Karena sudah merasa bersalah, maka dia akan berusaha melindungi dirinya dari hukuman. Sebab, selama ini dia merasa sudah dilindungi dengan baik oleh kedua orang tua sehingga tidak mau mengecewakan sampai harus dihukum.

Dalam banyak kasus, biasanya orang tua dari anak-anak yang berbohong mempunyai standar perilaku dan harapan sangat tinggi. Ketika sudah mulai dewasa, mereka tahu mana sesuatu yang benar dan salah. Ketika menghadapi situasi cukup sulit, mereka akan berusaha menyelamatkan dirinya sendiri.

Terkadang juga, anak-anak berbohong ketika berada di bawah tekanan berat untuk memenuhi tuntutan mustahil. Oleh karena itu, anak yang mengalami kesulitan di sekolah dan tidak dapat melanjutkan pelajaran mungkin merasa kewalahan sampai memilih berbohong telah menyelesaikan semua pekerjaan rumahnya.

Baca Juga: Serangan Asam Urat Tak Lagi Menyiksa: 10 Cara Mengobati dan Mencegah Kambuh

2. Berbohong Memiliki Tujuan

Perlu selalu diingat, berbohong menunjukkan seorang anak sadar bahwa dirinya telah melakukan kesalahan. Dengan berupaya melindungi dirinya dari kekecewaan dan ketidaksetujuan orang tua, maka ia memperlihatkan bahwa hati nuraninya berfungsi.

Orang tua yang bereaksi berlebihan dan menjadi sangat negatif ada besar kemungkinan mendorong anak ke dalam posisi yang merasa bahwa diperlukan untuk berbohong lagi agar bisa melindungi dirinya sendiri.

3. Berbohong Untuk Menutupi Kesalahan

Anak-anak yang mulai memasuki usia pertengahan di masa kanak-anak ada kemungkinan menjadi bingung ketika mengetahui kalau di rumah ada standar ganda mengenai bohong, yaitu ketika dilarang berbohong, tapi orang tuanya mengatakan kebenaran yang tidak seharusnya, atau atau memutarbalikkan kebenaran demi kenyamanan mereka sendiri.

Baca Juga: Bebas dari Serangan Asam Urat, 8 Obat Alami untuk Cegah Kambuh Lagi

Sehingga, hal ini memberikan sinyal yang membingungkan bagi seorang anak yang selalu disuruh jujur. Karena selalu menyaksikan orang tua menyampaikan kebenaran melalui telepon atau kepada tetangga dengan kebohongan di dalamnya. Maka anak-anak seringkali kesulitan membedakan kebenaran dalam situasi seperti ini.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)