6 Dampak Buruk Sering Menuruti Kemauan Anak, Orang Tua Jangan Menyesal!

Jumat 17 Mei 2024, 12:15 WIB
Ilustrasi dampak buruk selalu menuruti kemauan anak (Sumber : Pexels.com/@RDNEStockproject)

Ilustrasi dampak buruk selalu menuruti kemauan anak (Sumber : Pexels.com/@RDNEStockproject)

SUKABUMIUPDATE.com - Terlalu sering menuruti kemauan atau keinginan anak rupanya memiliki dampak buruk yang signifikan ketika tumbuh dewasa. Bahkan bisa menumbuhkan sikap manja dan tidak bertanggung jawab pada sesuatu.

Karena ketika orang tua sering menuruti kemauan anak dan melakukan semua itu demi dia bisa tenang, maka akan berdampak pada mentalitas dan kepribadiannya. Boleh dituruti, tetapi harus tahu dipilih secara bijaksana.

Oleh sebab itu, setiap orang tua harus lebih hati-hati dalam mendidik anak-anak, terutama menghindari kebiasaan menuruti kemauan anak.

Lantas apa saja dampak buruk yang akan dialami anak ketika kemauannya sering dipenuhi? Yuk simak dari laman alodokter.com!

Baca Juga: Serangan Asam Urat Tak Lagi Menyiksa: 10 Cara Mengobati dan Mencegah Kambuh

1. Susah Ikuti Aturan Orang Tua

Salah satu dampak buruk sering menuruti kemauan anak adalah si kecil sulit mengikuti aturan yang dibuat orang tua. Sebab, dia merasa dirinya selalu didukung dan tidak boleh dilarang. Mengingat sejak kecil sering diberi kelonggaran dan kemudahan dalam hidup.

Tidak heran jika anak cenderung tidak takut dengan konsekuensi yang akan timbul, dia akan lebih santai menyikapinya. Karena ada pemikiran kalau orang tuanya akan membantu menyelesaikan semua itu.

2. Berpotensi Matrealistis

Apabila anak selalu diberikan fasilitas setiap kali meminta sesuatu, ingin akan mengakibatkan pemikiran si kecil yang cuma berpikir tentang uang. Hal ini cukup berbahaya ketika dia sudah dewasa nanti.

Karena bisa jadi anak ketika dewasa berpotensi menjadi sosok dengan kepribadian yang matrealistis. Dimana dia melihat semuanya dari kacamata uang, sehingga di pikiran serta perasaannya segala sesuatu bisa diselesaikan dengan materi.

Baca Juga: 7 Tanda Kolesterol Tinggi Pada Wanita Usia 50-an, Bisa Dirasakan di Bagian Kaki

3. Enggan Menghargai Orang Lain

Ketika anak selalu dituruti segala kemauan dan keinginannya, mereka akan cenderung egois sampai tidak bisa menghargai orang lain. Hal ini disebabkan si kecil jarang menerima penolakan dari orang tuanya, sehingga sangat tinggi karakter tidak baik itu ada didalam dirinya.

Alhasil, anak akan berpotensi angkuh dan merasa dirinya jauh lebih baik. Inilah yang membuatnya tidak mau menghargai orang lain.

4. Susah Bikin Keputusan

Apabila seorang anak selalu dituruti semua keinginannya sejak kecil, dampak jangka panjangnya adalah merasa kesulitan membuat keputusan sendiri. Anak-anak akan cenderung menggantungkan dirinya kepada orang lain lantaran tidak biasa berproses dalam kehidupan keras waktu kecil. Karena hidupnya dari dulu selalu serba ada tanpa perlu memikirkan apapun.

Baca Juga: Bebas dari Serangan Asam Urat, 8 Obat Alami untuk Cegah Kambuh Lagi

5. Tidak Mandiri

Salah satu dampak paling terlihat dari selalu menuruti keinginannya adalah hidup anak tidak bisa mandiri. Sebab, selama ini semua kebutuhan selalu terpenuhi. Akibat dari itu mereka tidak begitu mengerti arti proses dan perjuangan. Jadi, kesulitan untuk hidup mandiri, bahkan enggan jika harus apa-apa dilakukan sendirian.

6. Berisiko Alami Gangguan Kesehatan

Menuruti keinginan anak, dalam bentuk makanan atau minuman tidak sehat sudah pasti terdapat resiko buruk bagi kesehatan tubuh si kecil di kemudian hari. Jadi, membiarkannya selalu mengkonsumsi hidangan tidak sehat, seperti junk food akan mengancam mengalami gangguan kesehatan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)