5 Kebiasaan Sepele yang Akan Menurunkan Semangat Hidup Anda, Yuk Hindari!

Kamis 16 Mei 2024, 10:15 WIB
Ilustrasi seseorang akibat kebiasaan yang menurunkan semangat hidup (Sumber : Pexels.com/ @Nicola Barts)

Ilustrasi seseorang akibat kebiasaan yang menurunkan semangat hidup (Sumber : Pexels.com/ @Nicola Barts)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian orang tidak menyadari kalau ada beberapa kebiasaan sepele yang selama dilakukan menjadi penyebab kenapa semangat hidupnya menurun.

Karena faktanya, kebiasaan tertentu sangat berpengaruh terhadap peningkatan atau penurunan semangat hidup. Jika dibiarkan begitu saja tidak akan ada perkembangan hidup baik di masa ini ataupun masa depan, lalu kelak akan menjadi penyesalan.

Maka dari itu, setiap orang sangat penting untuk mengetahui kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari yang bisa menurunkan semangat hidup.

Simak 5 kebiasaan buruk penyebab turunnya semangat hidup sebagaimana dilansir dari laman enesis!

Baca Juga: Serangan Asam Urat Tak Lagi Menyiksa: 10 Cara Mengobati dan Mencegah Kambuh

1. Bangun Tidur Kesiangan

Bangun tidur kesiangan rupanya juga menjadi sebab turunnya semangat hidup untuk melakukan aktivitas harian. Pada umumnya, bangun lebih siang dari waktu yang seharusnya membuat suasana hati menjadi kurang baik karena banyak waktu terbuang sia-sia.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari kebiasaan ini dan berusaha agar selalu bangun pagi. Karena kebiasaan bangun pagi sangat banyak manfaatnya dan bisa mendatangkan suasana hati yang riang gembira. Tentu saja aktivitas bisa berjalan dengan baik.

2. Kurang Istirahat

Terkadang orang terlalu menggampangkan pola tidur yang baik setiap harinya. Hal itu diabaikan karena ada beberapa urusan atau mau begadang. Padahal, pola tidur tidak teratur bisa mengakibatkan suasana hati atau mood menjadi buruk.

Karena faktanya, orang yang kurang jam istirahatnya kemungkinan akan mengalami mood buruk keesokan harinya. Fisik menjadi lemas dan kantuk tak terelakkan akibat begadang di malam hari.

Akibat dari itu, orang akan malas bekerja lantaran semangat hidupnya menurun karena pola tidur tidak benar di malam hari. Tentu saja, kurang istirahat adalah kebiasaan buruk yang patut dihindari.

Baca Juga: 7 Tanda Kolesterol Tinggi Pada Wanita Usia 50-an, Bisa Dirasakan di Bagian Kaki

3.  Overthinking

Secara psikologis, orang yang terlalu berlebihan memikirkan sesuatu yang belum pasti terjadi atau overthinking ternyata bisa mengakibatkan gangguan kecemasan dan stres.

Jika terus-menerus mengalami semacam ini, bukan tidak mungkin suasana hati akan terganggu sehingga berdampak terhadap rutinitas, yakni malas untuk melakukan aktivitas di setiap hari.

4. Suka Nunda Kerjaan

Kebiasaan menunda pekerjaan sesungguhnya sangat merugikan. Sayangnya, sebagian orang mengabaikan dampak negatifnya dengan berbagai alasan.

Tanpa disadari, menyelesaikan pekerjaan mendekati deadline akan menyebabkan kualitas pekerjaan menurun. Karena diselesaikan dengan suasana hati yang terburu-buru dan menjadi kurang fokus.

Lebih parah lagi kalau deadline diulur kembali, sudah pasti akan memicu kegelisahan untuk cepat selesai. Semua itu akibat terlalu santai menunda pekerjaan. Biasanya hasil dari sikap seperti ini selalu berakhir buruk.

Baca Juga: 8 Cara Membesarkan Anak Agar Memiliki Hati yang Baik, Yuk Bunda Terapkan

5. Enggan Olahraga

Rutin berolahraga bukan saja berdampak pada kesehatan fisik, tapi juga untuk kesehatan mental agar bisa terjaga dengan baik. Pasalnya, rutinitas satu ini akan membantu menstimulasi otak melepaskan senyawa kimia sehingga mendorong mood menjadi baik.

Terlebih suasana hati akan dirasa lebih stabil dengan berolahraga, daripada tidak sama sekali. Lakukan rutinitas ini untuk menghindari penyakit fisik maupun mental.

Apalagi ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan di rumah dengan rentan waktu sekitar 10-15 menit. Cobalah luangkan waktu untuk melakukannya agar bisa menghilangkan kebiasaan buruk dan semangat menjalani kehidupan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)