4 Alasan Bayi Selalu Merasakan Lapar Yang Patut Diketahui Orang Tua

Rabu 15 Mei 2024, 13:15 WIB
alasan mengapa bayi selalu lapar yang jarang disadari orang tua (Sumber : Freepik.com)

alasan mengapa bayi selalu lapar yang jarang disadari orang tua (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Kekhawatiran umum yang dimiliki banyak orang tua baru adalah anak mereka yang sepertinya selalu lapar. Meskipun sebagian besar mengira bayi tidak perlu makan terlalu sering, tapi rasa lapar yang terus-menerus dapat membingungkan dan bahkan mempengaruhinya.

Selain itu, orang tua juga sering kali bertanya-tanya apakah si kecil mendapat cukup makanan atau tidak. Mungkin para ibu menyusui mulai berkomentar apakah sudah menghasilkan cukup ASI atau belum.

Tetapi kemungkinan besar si kecil sering menangis karena tidak terlalu lapar dan dalam keadaan baik-baik saja. Ingatlah bahwa bayi memiliki perut yang kecil, sehingga mereka perlu sering makan.

Baca Juga: 8 Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Selain itu mungkin bayi juga sedang mungkin mengalami masa-masa dimana dia perlu makan lebih sering. Jika terlihat sudah kelaparan melalui tangisan, maka para ibu bisa segera memberikan ASI.

Selain ukuran perut, berikut ada alasan lain yang menyebabkan bayi selalu merasakan lapar dikutip dari laman verywellfamily:

1. Percepatan Pertumbuhan

Bayi melewati beberapa tahap pertumbuhan cepat yang disebut growth spurt. Ketika mengalaminya, secara alami mereka perlu makan lebih sering dan dalam jangka waktu yang lebih lama untuk mengisi bahan bakar.

Bayi yang ingin segera makan pada sebelumnya sudah makan merupakan indikator utama bahwa dia berada di tengah percepatan pertumbuhan. Mereka mungkin tampak lebih nyaman dari biasanya atau telah mengubah kebiasaan tidurnya.

Percepatan pertumbuhan juga dapat terjadi bersamaan dengan pembelajaran keterampilan baru yang diberikan atau didapatkan bayi dalam masa ini.

Baca Juga: Rahasia Sukses Bebas dari Serangan Asam Urat, 5 Langkah Ini Cegah Kembali Kambuh

2. Pemberian Makan Berkelompok

Pemberian makan berkelompok yaitu saat si kecil menyusu beberapa kali dalam jangka waktu beberapa jam. Paling sering, kegiatan ini dilakukan pada malam hari.

Pemberian makanan secara bersamaan ini membantu meningkatkan suplai ASI jika Anda sedang menyusui, mendorong pertumbuhan bayi, dan mengisi perut sebelum tidur.

3. Memiliki Keinginan untuk Menyedot

Kadang-kadang, bayi mungkin kenyang tetapi hanya ingin menyusu. Sebenarnya ada istilah untuk ini yaitu menghisap non-nutrisi.

Mengisap adalah refleks instingtual utama yang dimiliki bayi sejak lahir. Mereka akan melakukan itu untuk memberi makan dan menghibur diri sendiri. Beberapa nampaknya mempunyai kebutuhan lebih besar akan isapan non-nutrisi dibandingkan bayi lainnya.

Melakukan hal ini pada payudara adalah tindakan yang sangat sehat selama tidak membuat ibu lelah atau merasa tidak nyaman.

Baca Juga: 7 Tanda Kolesterol Tinggi Pada Wanita Usia 50-an, Bisa Dirasakan di Bagian Kaki

4. Rewel Karena Alasan Lain

Ada banyak alasan mengapa bayi bertingkah rewel, dan beberapa ibu mungkin salah mengira kegelisahannya sebagai rasa lapar. Padahal si kecil merasa gelisah ketika lelah, kesepian, terlalu kedinginan, terlalu panas, bosan, terlalu terstimulasi, atau merasa tidak nyaman dan perlu mengganti popok. Itulah alasan lain yang membuat dia menangis sampai dikira sedang kelaparan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science07 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Juli 2024, Minggu Pagi Cerah Berawan di Semua Wilayah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari pada Minggu 7 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari pada Minggu 7 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay