Jangan Disepelekan, 7 Cara Membantu Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Bayi

Minggu 12 Mei 2024, 17:00 WIB
Ilustrasi -  membantu meningkatkan perkembangan bahasa pada bayi dengan membacakan buku. (Sumber : pexels.com/@Lina Kivaka).

Ilustrasi - membantu meningkatkan perkembangan bahasa pada bayi dengan membacakan buku. (Sumber : pexels.com/@Lina Kivaka).

SUKABUMIUPDATE.com - Bahasa adalah alat utama yang kita gunakan untuk berkomunikasi. Maka tak heran jika sebagai orang tua, Anda ingin melakukan segala cara untuk mendorong dan meningkatkan kemampuan bahasa anak.

Membantu perkembangan bahasa anak akan menempatkan mereka pada jalur untuk mencapai tonggak komunikasi. Tonggak sejarah komunikasi adalah keterampilan yang rata-rata diharapkan dimiliki oleh anak-anak pada usia tertentu.

Tonggak sejarah ini saling melengkapi dan membantu kita mengetahui apakah perkembangan anak berada pada jalurnya, seperti yang dikatakan Adena Dacy, MS, CCC-SL, kepada The Guardian.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Bayi yang Harus Diterapkan Orang Tua

Cara Mendorong Perkembangan Bahasa pada Bayi

Meskipun Anda belum sepenuhnya memahaminya, namun setiap bayi selalu berkomunikasi. Meski terlihat kecil, namun ini adalah awal perkembangan bahasa bayi Anda.

1. Bernyanyi dan Sering-seringlah Memutar Musik

Musik membuat perbedaan, baik itu mendengarkan lagu Cocomelon favorit mereka atau menyanyikan lagu anak-anak sepanjang hari

Sebuah penelitian juga mendukung hubungan antara lingkungan musik yang diperkaya pada masa bayi yang mendorong pengembangan keterampilan komunikasi. Jadi, teruskan lagu-lagu itu saat Anda sedang mengemudikan mobil atau menari di dapur bersama anak ketika sedang memasak.

Baca Juga: Sensitif Terhadap Lingkungannya, Simak 8 Alasan Mengapa Bayi Sulit Tidur Di Malam Hari


2. Bicaralah dengan Bayi Sambil Memasukkan Gerak Tubuh dan Suara Lainnya

Sebelum bayi mulai membentuk kata-kata, mereka mengenali perubahan nada, volume, dan elemen komunikasi lainnya. Mereka juga mulai menghubungkan antara tangisan dan kedatangan pengasuh untuk menyelamatkannya.

3. Seringlah Membaca Buku

Penelitian yang tak terhitung jumlahnya menunjukkan hubungan antara membaca dan perkembangan bahasa yang kuat. Tidak peduli seberapa muda mereka, membaca untuk anak Anda akan membantu pengenalan huruf dan kata serta memperluas kosa kata mereka.

Banyak buku anak-anak yang menginspirasi imajinasi mereka dan menggunakan kata-kata serta deskripsi yang biasanya tidak muncul dalam percakapan biasa.

4. Bercerita

Ada dua cara utama yang dapat Anda lakukan untuk menceritakan interaksi sehari-hari dengan balita. Yang pertama adalah membicarakan apa yang Anda lakukan.

Mendeskripsikan apa yang Anda lakukan atau apa yang Anda lihat dilakukan anak akan membantu mereka mengubah kata menjadi frasa dan akhirnya menjadi kalimat.

5. Bermain Drama

Bermain pura-pura atau drama tidak hanya bagus untuk imajinasi, tetapi juga akan membantu meningkatkan kemampuan bahasa pada anak.

Terlibat dalam permainan dramatis adalah cara yang bagus untuk mendorong anak membuat alur cerita, plot, karakter, dan emosi, yang dimana semuanya akan membantu meningkatkan kosa kata serta menyusun frasa dan kalimat.

6. Gunakan Pertanyaan Terbuka

Jangan mengurung anak hanya dengan menanyakan pertanyaan ya atau tidak. Akan tetapi ajukan pertanyaan yang memberikan ruang untuk penjelasan. Kadang-kadang Anda mungkin terkejut dengan garis singgung mereka, sehingga menciptakan percakapan yang sama sekali berbeda.

7. Jangan Mengoreksi atau Mengkritik

Sama seperti semua hal lain yang kita pelajari dalam hidup, akan ada kurva pembelajaran seiring dengan perkembangan bahasa anak Anda.

Jika tenses, kata kerja, atau pengucapannya salah, jangan langsung mengoreksi atau mengkritiknya. Mereka mungkin menafsirkan masukan ini secara negatif dan enggan untuk terus mencoba atau mereka akan merasa malu. Sebaliknya, coba ulangi kalimat itu kembali dengan kata-kata yang sudah dikoreksi.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Gadget05 Oktober 2024, 19:00 WIB

8 Cara Mengatasi HP Lemot, Dijamin Kembali Lancar

Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi.
Ilustrasi. Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi. (Sumber : Pixabay/JanVasek)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:53 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi di HUT TNI ke-79: Perkuat Sinergi dengan Rakyat

Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79, Aanggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Hamzah Gurnita, memberikan apresiasi atas dedikasi dan kontribusi TNI kepada bangsa. Sekaligus beraharap agar sinergi antara TNI dan rakyat semakin diperkuat.
Hamzah Gurnita, Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Sukabumi - Fraksi PKB | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:29 WIB

Anggota DPRD Sukabumi Loka Tresnajaya Apresiasi Peran TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Loka Tresnajaya, menyampaikan apresiasi atas peran penting Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
H. Loka Tresnajaya, Aggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Golkar | Foto : Ibnu Sanubari
Jawa Barat05 Oktober 2024, 18:28 WIB

AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024

Training atau pelatihan ini merupakan kerjasama antara AMSI Pusat dengan Cek Fakta, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Google News Initiative.
AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024 (Sumber : Ist)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:02 WIB

Respon DPRD Sukabumi Soal Pembangunan Tambak Udang di Minajaya: Wajar Ditolak Warga

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade. Dimana rencana tersebut mendapatkan penolakan dari warga setempat dengan berbagai alasan.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade | Foto: Istimewa
Life05 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Anak-anak Sholeh dan Sholehah, Yuk Amalkan

Memiliki anak sholeh dan sholehah adalah dambaan semua orang tua.
Ilustrasi Bacaan Doa Agar Diberikan Anak Sholeh (Sumber : Freepik).
Sukabumi05 Oktober 2024, 17:23 WIB

Sudah 2 Hari, Nelayan Pancing Hilang Kontak di Laut Ujunggenteng Sukabumi

Perahu nelayan Setia Jaya 37 yang dinahkodai Iwan (45 tahun) asal Kampung Pasirpogor Desa Loji, Kecamatan Simpenan, dan ABK Ekih (46 tahun) asal Palabuhanratu dikabarkan  hilang kontak sejak dua hari lalu di laut Ujunggenteng.
Perahu Setia Jaya 37 yang di nahkodai Iwan dan ABK Ekih hilang kontak di laut Ujunggenteng Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Musik05 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Yummy Justin Bieber yang Viral di Medsos

Meski Lagu Yummy kembali viral, hingga artikel ini ditayangkan, desas desus hubungan Justin Bieber dengan kasus P Diddy masih belum mendapat konfirmasi dari pihak manapun.
Official Video Klip Lagu Yummy Justin Bieber. Foto: YouTube/JustinBieber
Life05 Oktober 2024, 16:00 WIB

6 Mitos Masyarakat Sunda yang Sering Dianggap Pamali Jika Dilakukan

Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi.
Ilustrasi - Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi. (Sumber : pexels.com/@Kun Fotografi).
Life05 Oktober 2024, 15:00 WIB

Jangan Dulu Dikawinkan! Ini 7 Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina.
Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina. | Foto: Pixabay/TeamK