7 Cara Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Bayi yang Harus Diterapkan Orang Tua

Minggu 12 Mei 2024, 15:00 WIB
Ilustrasi - meningkatkan atau mendorong perkembangan bahasa pada bayi. (Sumber : pexels/@Ivan Samkov).

Ilustrasi - meningkatkan atau mendorong perkembangan bahasa pada bayi. (Sumber : pexels/@Ivan Samkov).

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu pertanyaan terbesar di tahun pertama bayi adalah apakah mereka akan mengatakan "Mama" atau "Dada"? Mungkin juga Anda sebagai orang tua akan mendengar kata pertamanya yang spesial itu saat mereka berusia 1 tahun.

Sekitar usia 15 bulan, bayi akan mulai menggunakan bunyi konsonan sederhana untuk membentuk sebuah kata. Lalu pada usia 18 bulan, kosakata bayi akan banyak dan mereka akan mulai mempelajari beberapa kata baru setiap hari.

Meskipun orang tua tidak dapat mempercepat perkembangan alami si kecil, namun Anda dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasanya. Dan hal terbaik yang dapat di lakukan adalah berbicara terus menerus dengan anak Anda yang berusia 1 tahun sepanjang hari.

Baca Juga: Wajib Diterapkan Bund! 5 Tips Jitu Mengajari Anak Berpikir Sendiri Sejak Dini


Inilah cara-cara sederhana untuk mendapatkan hasil maksimal dari perkembangan bahasa pada bayi

1. Perhatikan Tangan Mereka

Terkait kosakata pada anak usia 1 tahun, mereka memahami lebih banyak kata daripada yang bisa mereka ucapkan.

Untuk anak 1 tahun, menggunakan gerak tubuh sebagai komunikasi nonverbal adalah keterampilan penting yang dapat Anda dorong.

Baca Juga: Patut Diterapkan, 5 Cara Membangun Keterampilan Sosial Anak Dari Rumah


2. Gunakan Kata-kata yang Nyata

Meskipun tidak apa-apa jika anak yang berusia 1 tahun menyebut botolnya "ba ba", namun orang tua harus menggunakan kata-kata yang tepat untuk memastikan bahwa ia tidak selalu merendahkan balita, katakan dengan lembut bahwa itu “botol”.

Karena dengan menggunakan kata-kata nyata dan bukan bahasa bayi, orang tua dapat membantu bayi mengembangkan kosakatanya.

3. Bacakan Buku Cerita

Orang tua sering kali melakukan kesalahan dengan terburu-buru membaca halaman buku karena lelah dan berusaha menidurkan anaknya. Sebaliknya, bacakan untuknya sepanjang hari saat Anda tidak sedang terburu-buru.

Bicarakan juga tentang apa yang Anda lihat di gambar. Katakan, "Lihatlah anak kecil itu. Apakah dia tampak bahagia atau sedih?" Bahkan menanyakan kepada anak suara apa yang dihasilkan binatang dalam gambar akan membuat mereka melatih keterampilan berbicara.

4. Rencanakan Tanggal Bermain

Atur kegiatan dengan anak-anak seusia anak Anda. Meskipun sekelompok anak usia 1 tahun tidak terlalu cerewet, namun berada di dekat teman sebayanya akan memberi mereka kesempatan untuk mendengarkan, berinteraksi, dan menguji kosa kata dalam lingkungan sosial.

5. Tambahkan Kata-kata Pendukung

Sekitar usia 18 bulan, balita mulai menggunakan kombinasi dua kata untuk berkomunikasi. Biasanya, mereka akan menggabungkan suatu tindakan ditambah objek, seperti 'minum jus', atau 'membaca buku',” kata Diane Paul, Ph.D., direktur patologi wicara di American Speech-Language-Hearing Association di Amerika. Rockville, Maryland.

Ajari anak Anda merangkai kata-kata dengan menambahkan satu atau dua kata. Jika mereka mengatakan, "Bola", maka Anda bisa mengatakan, "Bola besar" atau "Lempar bola nya".

6. Tanggapi Dengan Positif

Saat anak Anda mencoba mengatakan sesuatu, akui upaya tersebut dengan cara yang positif tanpa mengoreksinya. Misalnya, jika anak Anda melihat pasangan Anda pergi dan berkata, "Ayah, sampai jumpa," jawablah dengan "Ya, Ayah akan pergi ke toko."

7. Ikuti Petunjuk Mereka

Jika bayi Anda penasaran terhadap sesuatu, ia pasti ingin mengetahui kata-kata yang menyertainya.

Cobalah mengikuti jejak mereka saat Anda berjalan-jalan atau menjalankan tugas bersama. Perhatikan bentuk, warna, dan detail lainnya untuk membantu memperluas perspektif dan perhatian anak Anda.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Gadget05 Oktober 2024, 19:00 WIB

8 Cara Mengatasi HP Lemot, Dijamin Kembali Lancar

Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi.
Ilustrasi. Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi. (Sumber : Pixabay/JanVasek)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:53 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi di HUT TNI ke-79: Perkuat Sinergi dengan Rakyat

Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79, Aanggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Hamzah Gurnita, memberikan apresiasi atas dedikasi dan kontribusi TNI kepada bangsa. Sekaligus beraharap agar sinergi antara TNI dan rakyat semakin diperkuat.
Hamzah Gurnita, Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Sukabumi - Fraksi PKB | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:29 WIB

Anggota DPRD Sukabumi Loka Tresnajaya Apresiasi Peran TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Loka Tresnajaya, menyampaikan apresiasi atas peran penting Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
H. Loka Tresnajaya, Aggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Golkar | Foto : Ibnu Sanubari
Jawa Barat05 Oktober 2024, 18:28 WIB

AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024

Training atau pelatihan ini merupakan kerjasama antara AMSI Pusat dengan Cek Fakta, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Google News Initiative.
AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024 (Sumber : Ist)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:02 WIB

Respon DPRD Sukabumi Soal Pembangunan Tambak Udang di Minajaya: Wajar Ditolak Warga

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade. Dimana rencana tersebut mendapatkan penolakan dari warga setempat dengan berbagai alasan.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade | Foto: Istimewa
Life05 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Anak-anak Sholeh dan Sholehah, Yuk Amalkan

Memiliki anak sholeh dan sholehah adalah dambaan semua orang tua.
Ilustrasi Bacaan Doa Agar Diberikan Anak Sholeh (Sumber : Freepik).
Sukabumi05 Oktober 2024, 17:23 WIB

Sudah 2 Hari, Nelayan Pancing Hilang Kontak di Laut Ujunggenteng Sukabumi

Perahu nelayan Setia Jaya 37 yang dinahkodai Iwan (45 tahun) asal Kampung Pasirpogor Desa Loji, Kecamatan Simpenan, dan ABK Ekih (46 tahun) asal Palabuhanratu dikabarkan  hilang kontak sejak dua hari lalu di laut Ujunggenteng.
Perahu Setia Jaya 37 yang di nahkodai Iwan dan ABK Ekih hilang kontak di laut Ujunggenteng Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Musik05 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Yummy Justin Bieber yang Viral di Medsos

Meski Lagu Yummy kembali viral, hingga artikel ini ditayangkan, desas desus hubungan Justin Bieber dengan kasus P Diddy masih belum mendapat konfirmasi dari pihak manapun.
Official Video Klip Lagu Yummy Justin Bieber. Foto: YouTube/JustinBieber
Life05 Oktober 2024, 16:00 WIB

6 Mitos Masyarakat Sunda yang Sering Dianggap Pamali Jika Dilakukan

Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi.
Ilustrasi - Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi. (Sumber : pexels.com/@Kun Fotografi).
Life05 Oktober 2024, 15:00 WIB

Jangan Dulu Dikawinkan! Ini 7 Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina.
Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina. | Foto: Pixabay/TeamK