5 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua Jika Beda Pendapat saat Mendisiplinkan Anak

Jumat 03 Mei 2024, 11:15 WIB
Ilustrasi orang tua berbeda pendapat. | Foto: Pexels.com/@Agung Pandit Wiguna

Ilustrasi orang tua berbeda pendapat. | Foto: Pexels.com/@Agung Pandit Wiguna

SUKABUMIUPDATE.com - Saat berbicara dengan pasangan Anda, ingatlah bahwa masalahnya bukan hanya topik spesifiknya. Di balik topik tersebut terdapat kecintaan orang tua terhadap anaknya.

Ketika salah satu orang tua merasa yakin bahwa satu pendekatan lebih baik daripada pendekatan lain dalam mendisiplinkan anak, maka semua emosi ini akan muncul. Serangan terhadap gaya disiplin salah satu orang tua bisa berakhir seperti serangan terhadap rasa cinta mereka terhadap anak.

Tentu saja, perbedaan pendapat mengenai strategi disiplin untuk anak tidaklah sehat bagi orang tua atau anak. Namun apa yang bisa Anda lakukan jika berada di tengah perselisihan?

1. Terima Perbedaan Anda

Penting bagi Anda untuk menerima bahwa Anda dan pasangan akan berbeda pendapat mengenai masalah pengasuhan anak pada suatu saat kecuali salah satu orang tua tidak mengutarakan pendapatnya, yang juga harus Anda sampaikan. Karena ada banyak cara berbeda untuk membesarkan anak.

Disiplin merupakanproses seumur hidup bagi orang tua dan anak. Kebutuhan seorang anak berkembang dan bervariasi seiring bertambahnya usia. Demikian pula, Anda dan pasangan kemungkinan besar akan berubah seiring dengan pembelajaran yang Anda peroleh dari pengalaman mengasuh anak.

2. Temukan Tempat Serupa

Setelah mengidentifikasi perbedaan-perbedaan Anda, maka selanjutnya carilah kesamaannya. Anda dan pasangan kemungkinan besar memiliki tujuan yang sama untuk anak Anda. Kemungkinan besar juga Anda berdua berinvestasi dalam memastikan anak-anak tumbuh menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab.

Duduklah bersama untuk menyusun rencana yang Anda berdua sepakati untuk diikuti. Anda tidak perlu menyetujui setiap aspek, tetapi harus setuju bahwa Anda dapat mengikuti rencana tersebut di depan anak-anak. Jadi kemungkinan besar Anda berdua perlu melakukan sedikit kompromi.

3. Tetapkan Aturan Rumah Tangga

Bekerja sama sebagai tim untuk menetapkan peraturan rumah tangga. Buatlah daftar aturan sederhana yang penting bagi Anda berdua. Biasanya, sekitar 10 aturan sudah cukup. Pastikan juga menyertakan aturan umum tentang rasa hormat, tugas rumah, dan pekerjaan rumah.

Kemudian, buatlah garis besar daftar kemungkinan konsekuensi yang dapat Anda sepakati jika aturan dilanggar. Mungkin ada konsekuensi yang berbeda untuk setiap anak. Diskusikan juga imbalan yang akan diperoleh anak Anda jika mereka mengikuti aturan, misalnya mendapat uang saku untuk melakukan pekerjaan rumah.

Baca Juga: Bantu Kelola Kecemasan, Ini 4 Manfaat Mendisiplinkan Anak yang Patut Diketahui

4. Hadirkan Front Persatuan

Setujui untuk menghadirkan front persatuan kepada anak-anak. Bagikan peraturan dengan anak-anak dan sepakati bahwa Anda akan menepati konsekuensinya. Keamanan yang akan diberikan oleh kesatuan front persatuan kepada anak-anak Anda lebih penting daripada strategi disiplin apa yang akan Anda gunakan.

Penting untuk memberikan teladan perilaku yang pantas di depan anak-anak Anda. Misalnya, jika anak melihat Anda berkelahi, kemungkinan besar mereka akan menyelesaikan konflik dengan cara yang sama.

5. Tinjau Kembali Rencana Anda Setiap Minggu

Luangkan waktu setiap minggu untuk berbicara dengan pasangan Anda tentang strategi mengasuh anak. Jangan takut untuk mencoba hal baru dan melakukan perubahan rencana sesuai kebutuhan. Pastikan untuk mempresentasikan perubahan tersebut kepada anak-anak Anda sebelumnya.

Seiring bertambahnya usia anak, kebutuhan mereka akan berubah, dan strategi disiplin Anda juga perlu berubah. Jika satu strategi disiplin tidak berhasil, bekerjalah sebagai tim untuk mengembangkan rencana lain. Ada banyak cara berbeda untuk mengatasi masalah perilaku, dan penting bagi Anda untuk bersikap fleksibel dalam pendekatan Anda.

Sumber: Very Well Family

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan19 September 2024, 08:00 WIB

Bagaimana Cara Membuat Bulu Mata Lentik Alami? Coba 8 Tips Ini!

Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan.
Ilustrasi. Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan. (Sumber : Freepik/freepik)
Life19 September 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Membuat Cepat Kaya, Hindari Hutang!

Gaya hidup minimalis mendorong seseorang untuk hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan berguna, bukan yang sekadar diinginkan.
Ilustrasi. Menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi memungkinkan uang tumbuh dan berlipat ganda dalam jangka panjang, yang merupakan kunci untuk membangun kekayaan. (Sumber : GhasoubAlaeddin)
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana
Science19 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 September 2024, Sukabumi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Inspirasi19 September 2024, 00:37 WIB

Keteladanan Rasulullah SAW, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati oleh umat Islam setiap tahun, merupakan momen penting untuk mengenang kelahiran sosok yang membawa risalah Islam ke dunia.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1445 H / 16 September 2024 | Foto : Pixabay
Sukabumi19 September 2024, 00:13 WIB

Dibeli Murah hingga Intimidasi, Warga Ungkit Soal Tanah Harry Cader di Tegalbuleud Sukabumi

Warga Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi terutama ahli waris tanah merek mengungkit proses penjualan tanah pada beberapa tahun Harry Cader
Tanah Harry Cader di Desa Buniasih Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi18 September 2024, 22:35 WIB

Pengakuan Korban Penembakan Oknum Pengacara di Sukabumi: Curhat Lalu Todongkan Senpi

Detik-detik sebelum terjadinya peristiwa penembakan pemilik warung kopi (warkop) di Jalan Sriwidari No 27, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Pelaku disebut sempat curhat butuh uang untuk berobat sang anak.
MAF (35 tahun) korban penembakan oknum pengacara saat diwawancarai di warkopnya, Rabu (18/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih18 September 2024, 21:34 WIB

Abah Ucok Kirim Kode Keras ke Calon Bupati, Singgung Tata Ruang Ibukota Kab. Sukabumi

Mantan Wakil Bupati Sukabumi, Ucok Haris Maulana Yusup mengungkapkan keluh kesahnya terhadap sejumlah persoalan yang ada di Kabupaten Sukabumi yang menurutnya banyak yang belum terselesaikan
Politisi senior Sukabumi, H. Ucok Haris Maulana Yusup | Foto : Istimewa
Sukabumi18 September 2024, 20:55 WIB

Empat Warga Terjangkit DBD, Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi Lakukan Fogging

Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi menerima laporan bahwa ada empat warga terjangkit DBD di Kampung Pamatutan.
Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi melakukan fogging di Kampung Pamatutan usai menerima laporan adanya 4 warga yang terjangkit DBD. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi18 September 2024, 20:33 WIB

Dinas PU Sukabumi Lakukan Pemeliharaan Rutin di Ruas Jalan Cicurug-Cidahu

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin pada ruas jalan Cicurug-Cidahu di Desa Tangkil.
Petugas UPTD Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin di ruas Jalan Cicurug-Cidahu. (Sumber : Istimewa)