Berikan Konsekuensi Langsung, Ini 5 Komponen Inti Disiplin Anak yang Sehat dan Efektif

Rabu 01 Mei 2024, 18:06 WIB
Ilustrasi disiplin anak yang sehat / Sumber : pexels.com/@olia danilevich

Ilustrasi disiplin anak yang sehat / Sumber : pexels.com/@olia danilevich

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika kebanyakan orang tua memikirkan tentang disiplin, maka konsekuensi dan hukuman muncul di benak mereka. Namun disiplin yang efektif lebih dari sekedar time-out dan hilangnya hak istimewa.

Faktanya, konsekuensi tersebut tidak akan efektif jika sebagian besar disiplin ilmu Anda hanya berfokus pada konsekuensi negatif . 

Disiplin yang sehat harus mencakup lima komponen inti berikut: 

1. Hubungan Sehat Dengan Anak Anda

Jika Anda tidak memiliki hubungan yang sehat dengan anak Anda, maka bisa jadi disiplin yang diterapkan tidak akan berhasil. Anak Anda akan lebih termotivasi untuk mendengarkan apa yang Anda katakan jika dia menghargai pendapat Anda. Kebutuhan akan hubungan yang sehat tidak hanya berasal dari orang tua kandung. Orang tua tiri, guru, dan penyedia tempat penitipan anak, namun akan jauh lebih efektif bila mereka memiliki hubungan yang sehat dengan seorang anak.

2. Disiplin sebagai Alat Pengajaran

Jika disiplin hanya ditujukan untuk memperbaiki perilaku buruk saja, hal ini tidak akan efektif. Jika Anda mendapati diri Anda terus-menerus mengatakan hal-hal seperti, “Jangan lakukan itu,” dan “Kamu berada dalam waktu istirahat,” tanpa mengajarkan perilaku yang benar, maka dia tidak akan belajar. Dan itu berarti dia akan lebih mungkin mengulangi kesalahannya lagi.

Untuk benar-benar membantu seorang anak mengubah perilakunya, disiplin harus digunakan sebagai alat pengajaran. Itu berarti membantu anak Anda mengidentifikasi apa yang harus dilakukan. Jadi, daripada menyuruhnya untuk tidak memukul adiknya, pastikan Anda juga menginvestasikan waktu untuk mengajarinya menyelesaikan konflik dengan damai.

3. Disiplin yang Konsisten

Jika Anda hanya memasukkan anak Anda ke dalam waktu istirahat satu kali dari setiap lima kali dia memukul saudaranya, dia tidak akan berhenti memukul saudaranya. Lagi pula, risikonya sepadan jika hanya ada 20 persen kemungkinan dia mendapat masalah.

Agar efektif, disiplin perlu diterapkan secara konsisten. Disiplin juga perlu dikaitkan dengan keahlian baru. Anak Anda akan melanjutkan suatu perilaku jika mereka tidak yakin tentang perilaku pengganti yang lebih sehat. Meskipun time-out mungkin tampak seperti strategi yang efektif, namun hal ini tidak mengajarkan keterampilan baru. Hal ini tidak mengajarkan anak apa yang harus dilakukan.

4. Konsekuensi Langsung

Konsekuensi langsung membantu anak-anak menghubungkan titik-titik antara perilaku mereka dan konsekuensinya. Jika seorang anak tidak kehilangan hak istimewa menggunakan ponselnya setidaknya selama seminggu setelah dia berbohong tentang menyelesaikan pekerjaan rumahnya tepat waktu, konsekuensinya tidak akan efektif.

5. Konsekuensi yang Adil 

Ketika anak-anak yakin bahwa mereka telah menerima ketidakadilan, mereka akan melawannya di setiap langkah. Hal ini tidak berarti Anda harus selalu bernegosiasi dengan anak Anda dan menyerah ketika mereka memprotes konsekuensi yang Anda berikan, namun ini berarti Anda harus memastikan bahwa konsekuensinya tidak terlalu keras.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).