Jaga Hubungan Sehat dengan Anak, 12 Tips Menjadi Orang Tua yang Lebih Berwibawa

Jumat 05 April 2024, 10:24 WIB
Ilustrasi menjadi orang tua yang lebih berwibawa. | Foto: Freepik

Ilustrasi menjadi orang tua yang lebih berwibawa. | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Para peneliti yang meneliti gaya pengasuhan secara konsisten menemukan bahwa orang tua yang berwibawa membesarkan anak-anak yang lebih bahagia dan sehat serta mampu menghadapi tantangan dunia nyata.

Kabar baiknya adalah setiap orang mempunyai kemampuan untuk menjadi orang tua yang lebih berwibawa ( otoritatif ). Dan Anda dapat mencocokkan strategi pengasuhan yang otoritatif seperti ini dengan temperamen unik anak untuk memastikan Anda tidak menggunakan pendekatan yang tidak tepat dalam mengasuh anak.

1. Dengarkan Anak Anda

Tidak seperti orang tua otoriter, yang percaya bahwa anak-anak harus dilihat dan tidak didengar, orang tua yang berwibawa menyambut pendapat anak-anak mereka. Mereka mendengarkan kekhawatiran anak-anak dan membiarkan mereka berbagi ide. Memberi anak Anda perhatian positif akan membantu mencegah masalah perilaku.

2. Validasi Emosi Anak

Orang tua yang berwibawa mengakui perasaan anak-anak. Mereka membantu anak memberi label pada emosi mereka dan mengajarinya untuk mengenali bagaimana perasaan mempengaruhi perilaku mereka. Jadi jika nanti anak Anda kesal, jangan meremehkan perasaan mereka

3. Pertimbangkan Perasaan Anak

Bersikap berwibawa berarti mempertimbangkan perasaan anak Anda. Tunjukkan pada anak-anak bahwa Andalah yang memegang kendali, namun tunjukkan juga bahwa Anda peduli dengan pengaruh keputusan Anda terhadap semua anggota keluarga. Misalnya, jika berencana untuk pindah ke luar negeri, tanyakan kepada anak-anak bagaimana perasaan mereka tentang perpindahan tersebut.

Baca Juga: Dapat Tumbuhkan Sifat Positif, Kenali 2 Manfaat Penerapan Pola Asuh yang Lembut

4. Tetapkan Aturan yang Jelas

Orang tua yang otoritatif mempunyai aturan rumah tangga yang jelas. Mereka akan memastikan anak-anak mengetahui ekspektasi sebelumnya dan menjelaskan alasan di balik peraturan mereka. Jadi, daripada berkata, “Tidurlah karena aku bilang begitu,” lebih baik katakan, “Tidurlah agar kamu bisa membantu tubuh dan otakmu bertumbuh.”

Ketika anak memahami masalah keselamatan, bahaya kesehatan, masalah moral, atau alasan sosial di balik peraturan yang ditetapkan, mereka akan mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan. Mereka juga akan lebih cenderung mengikuti peraturan ketika Anda tidak ada bersamanya.

5. Tawarkan Satu Peringatan untuk Masalah Kecil

Orang tua yang berwibawa memberikan konsekuensi langsung atas pelanggaran aturan. Misalnya, jika seorang anak memukul, mereka dapat dimasukkan ke dalam time-out atau kehilangan hak istimewa. Namun untuk masalah kecil, orang tua yang berwibawa memberikan peringatan. Mereka memberitahu anak-anak apa konsekuensinya jika mereka tidak mengubah perilakunya.

6. Gunakan Konsekuensi yang Mengajarkan Pelajaran Hidup

Orang tua yang berwibawa tidak membuat anak menderita karena kesalahannya. Mereka menghindari mempermalukan anak-anak dan tidak menggunakan hukuman fisik. Mereka juga tidak menggunakan rasa bersalah atau mengatakan hal-hal seperti, “Aku sangat kecewa padamu.” Namun, mereka membantu seorang anak menyadari bahwa telah membuat pilihan yang buruk, namun mereka bukanlah orang yang buruk.

7. Tawarkan Insentif

Orang tua yang otoritatif menggunakan penghargaan untuk memotivasi anak. Namun bukan berarti mereka menghujani anak-anak dengan hadiah mewah. Sebaliknya, ketika seorang anak bergumul dengan masalah perilaku tertentu, mereka menggunakan insentif untuk membantu anak kembali ke jalur yang benar. Misalnya, Seorang anak prasekolah menolak untuk tidur di tempat tidurnya sendiri. Orang tuanya membuat bagan stiker dan dia mendapat satu stiker setiap malam ketika dia menginap di tempat tidurnya sendiri.

8. Biarkan Anak Membuat Pilihan Kecil

Orang tua yang otoritatif memberikan pilihan ketika dihadapkan pada pilihan-pilihan kecil. Hal ini akan mempersiapkan mereka untuk membuat keputusan yang lebih besar di kemudian hari.

9. Seimbangkan Kebebasan dengan Tanggung Jawab

Orang tua yang berwibawa mengharapkan anak-anak mereka bertanggung jawab dan mempersiapkan mereka untuk sukses dimasa depan. Misalnya, seorang anak sering kali lupa mengemas semua barang yang dibutuhkannya untuk sekolah. Maka dari itu, orang tua membantu dengan membuatkan daftar periksa untuknya. Dan sebelum pergi ke sekolah, minta anak-anak untuk memeriksa daftar terlebih dahulu.

10. Ubah Kesalahan Menjadi Peluang Belajar

Orang tua yang berwibawa tidak mempermalukan anak jika melakukan kesalahan. Sebaliknya, mereka akan membantu mencari cara untuk mengubah kesalahan tersebut menjadi peluang pembelajaran.

11. Mendorong Disiplin Diri

Orang tua yang berwibawa tidak tertarik untuk mengendalikan anak-anak, namun mereka berusaha mengajari anak-anak untuk mengendalikan diri mereka sendiri. Jadi, jangan menenangkan anak Anda setiap kali dia kesal. Sebaliknya, ajarkan cara menenangkan diri. Dan jangan mengomeli untuk mengerjakan tugasnya. Namun bantu mereka menjadi lebih bertanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaannya sendiri.

12. Jaga Hubungan Sehat Dengan Anak

Pola asuh otoritatif bukanlah tentang meneriakkan perintah dan menuntut kepatuhan. Sebaliknya, ini tentang menjadi teladan yang baik dan mengajarkan keterampilan hidup kepada anak-anak. Luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk memberikan perhatian penuh kepada anak bahkan pada hari-hari ketika mereka berperilaku buruk.

Menghabiskan waktu berkualitas bersama akan membantu anak Anda merasa dicintai dan diterima, yang merupakan kunci untuk membantu mereka merasa percaya diri tentang siapa diri mereka dan apa yang mampu mereka capai.

Sumber: Very Well Family

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)