Dapat Tumbuhkan Sifat Positif, Kenali 2 Manfaat Penerapan Pola Asuh yang Lembut

Rabu 03 April 2024, 11:09 WIB
Ilustrasi manfaat pola asuh yang lembut. | Foto: Freepik

Ilustrasi manfaat pola asuh yang lembut. | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Pola asuh yang lembut adalah pendekatan berbasis bukti untuk membesarkan anak-anak yang bahagia dan percaya diri. Gaya pengasuhan ini terdiri dari empat elemen utama yaitu empati, rasa hormat, pengertian, dan batasan yang berfokus pada pengembangan kualitas yang Anda inginkan dalam diri anak dengan bersikap penuh kasih sayang dan menegakkan batasan yang konsisten. Tidak seperti metode pengasuhan yang lebih lunak, pengasuhan yang lembut mendorong disiplin sesuai usia yang mengajarkan pelajaran hidup yang berharga.

Berbeda dengan pola asuh yang terlalu kaku atau longgar, pola asuh yang lembut hanya memiliki sedikit kekurangan dan jarang memberikan dampak negatif pada kesehatan mental anak. Sebaliknya, elemen pengasuhan yang lemah lembut dan penuh kasih sayang menumbuhkan sifat-sifat positif yang dapat membantu anak-anak berkembang secara sosial sekaligus menetapkan pedoman yang tepat untuk mendorong perilaku positif.

Mereka yang mempraktikkan pola asuh yang lembut akan mendorong kerja sama sebagai sebuah keluarga untuk mengajarkan anak-anak mereka bagaimana mengekspresikan perasaan namun dengan cara yang dapat diterima secara sosial dan sesuai usia. Pola asuh yang lembut juga dipandang sebagai metode yang bermanfaat untuk membesarkan anak-anak yang bahagia, mandiri, dan percaya diri.

Baca Juga: 10 Prinsip Pola Asuh yang Baik, Harus Diterapkan pada Anak Salah Satunya Jangan Memanjakan

Manfaat Pola Asuh yang Lembut

1. Menumbuhkan Sifat Positif

Pola asuh yang lembut berfokus pada keadaan kognitif anak untuk menetapkan pedoman dan batasan tertentu yang sesuai dengan usia dan juga bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Karena pendekatan dalam mengasuh anak ini dimaksudkan untuk menumbuhkan sifat-sifat positif pada anak-anak, maka orang tua yang lembut akan mencontohkan perilaku mereka di sekitar anak-anak mereka berdasarkan apa yang diharapkan dari anak-anak.

2. Mengurangi Risiko Kecemasan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dorongan lembut juga dapat mengurangi risiko kecemasan. Faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa pola asuh yang lembut dapat mendorong respons yang diatur dalam konteks sosial pada balita pemalu. Meskipun orang tua yang lemah lembut mendisiplinkan anak-anaknya, namun tujuannya adalah untuk mendidik anak, bukan menghukum anak atas perilakunya.

Tindakan-tindakan ini dapat membantu anak-anak lebih memahami bagaimana mereka seharusnya berperilaku dan tidak memaparkan mereka pada cara-cara berbicara dan bertindak yang kurang menyenangkan.

Ketika kita menunjukkan kelembutan, terutama pada masa-masa stres, berarti kita mencontohkan toleransi terhadap frustasi, dan kita mencontohkan fleksibilitas. Tetap tenang, bersikap lemah lembut, dan tegas akan menentukan arah pertumbuhan dan perkembangan positif.

Sumber: Very Well Family

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).