Tips Menggunakan Cuka Sari Apel yang Patut Diketahui, Yuk Simak

Sabtu 16 Maret 2024, 13:32 WIB
Ilustrasi cuka sari apel yang dapat digunakan sebagai campuran bahan makanan namun harus dengan takaran yang pas. | Fotol: Pixabay/@Veronicatxoxo

Ilustrasi cuka sari apel yang dapat digunakan sebagai campuran bahan makanan namun harus dengan takaran yang pas. | Fotol: Pixabay/@Veronicatxoxo

SUKABUMIUPDATE.com - Cuka sari apel adalah sari buah apel yang difermentasi. Cuka digunakan dalam makanan dan sebagai produk pembersih, tetapi juga dapat digunakan untuk membantu kondisi kesehatan tertentu.

Nutrisi Yang Terkandung Dalam Cuka Sari Apel

Satu sendok makan cuka sari apel memberikan nutrisi berikut :

Kalori: 3
Lemak: 0 gram (g)
Natrium: 0 miligram
Karbohidrat: 0 gram
Serat: 0 gram
Gula tambahan: 0 g
Protein: 0 gram

Baca Juga: Mengenal Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan, Yuk Simak Penjelasan Berikut

Cuka sari apel tidak mengandung banyak vitamin dan mineral dalam porsi yang digunakan untuk mengelola kondisi kesehatan. Namun cuka apel mengandung antioksidan yaitu senyawa fenolik. Senyawa fenolik ini melawan peradangan dan mungkin melindungi sel dari kerusakan yang menyebabkan penyakit.

Menggunakan cuka sari apel setiap hari dalam jangka pendek untuk mengatasi kondisi kesehatan tertentu mungkin aman. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan cuka sari apel secara oral hingga 12 minggu aman.

Namun, penggunaan cuka sari apel secara oral dalam jangka panjang dapat menimbulkan resiko. Misalnya, menggunakan cuka sari apel dalam jumlah besar dan dalam jangka waktu yang lama juga dapat menurunkan kadar kalium. Penggunaan cuka sari apel dalam jangka panjang dikaitkan juga dengan resiko osteoporosis yang lebih tinggi .

Tips Menggunakan Cuka Sari Apel

Sebelum menambahkan cuka sari apel ke dalam rutinitas harian, ada baiknya kita pertimbangkan hal berikut terlebih dahulu :

Gunakan sebagai bahan tambahan makanan : Tambahkan cuka sari apel ke saus salad, bumbu perendam, acar sayuran, sup, teh, smoothie, dan makanan panggang.

Encerkan dengan air : Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan tentang meminum cuka sari apel untuk mengatasi kondisi kesehatan. Jika mereka mengatakan tidak masalah untuk menggunakannya, penyedia layanan kesehatan mungkin menyarankan untuk mencampurkan cuka sari apel dengan air. Cuka sari apel yang tidak diencerkan dapat merusak kerongkongan dan email gigi.

Ketahui berapa banyak yang harus digunakan : Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan tentang berapa banyak cuka sari apel yang harus dicampur. Menggunakan terlalu banyak cuka sari apel mungkin berbahaya. Beberapa bukti menunjukkan bahwa 2 sendok makan cuka sari apel dalam secangkir air dua kali sehari meningkatkan erosi gigi sebesar 18% selama delapan minggu.

Pertimbangkan bagaimana reaksi kulit Anda : Jika Anda ingin mengoleskan cuka secara topikal, ingatlah bahwa cuka mungkin berdampak negatif pada kulit Anda. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan tentang penggunaan cuka sari apel langsung pada kulit Anda. Mereka mungkin meminta Anda untuk mengujinya pada area kecil kulit terlebih dahulu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi05 Oktober 2024, 13:29 WIB

Kearifan Lokal dan Teknologi: Pelatihan Inovatif untuk Guru SD oleh Kelompok PKM Nusa Putra

Kegiatan ini dipimpin oleh tiga dosen Nusa Putra University.
Pelatihan untuk guru SD oleh kelompok PKM Nusa Putra University. | Foto: Nusa Putra University
Food & Travel05 Oktober 2024, 13:00 WIB

Pendakian Terfavorit: 5 Gunung di Jawa Barat yang Menawarkan Keindahan Alam yang Tak Terlupakan

Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor.
Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor. (Sumber : Instagram/@kholisohhasanah).
Life05 Oktober 2024, 12:00 WIB

Takut Gagal dan Mudah Menyerah, 10 Ciri Orang yang Rendah Diri

Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja.
Ilustrasi. Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja. (Sumber : pixabay.com/@EnginAkyurt)
Nasional05 Oktober 2024, 11:23 WIB

ICW: 174 Anggota DPR 2024-2029 Terindikasi Terhubung dengan Dinasti Politik

Temuan ini merujuk pada jabatan-jabatan oleh para keluarga anggota legislatif.
(Foto Ilustrasi) ICW mengungkap 174 anggota DPR 2024-2029 terindikasi memiliki keterkaitan dengan dinasti politik. | Foto: Istimewa
Motor05 Oktober 2024, 11:00 WIB

5 Tanda Motor Harus Turun Mesin dan Cara Terbaik untuk Menghindarinya

Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin.
Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi05 Oktober 2024, 10:43 WIB

Dua Rumah Hangus Kebakaran di Ciracap Sukabumi, Penghuni Kini Mengungsi

Kebakaran berawal saat Juhe tiba-tiba melihat api dari atas rumahnya.
Rumah yang kebakaran di Kampung Lembursawah RT 24/06 Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu pagi (5/10/2024). | Foto: Istimewa
Nasional05 Oktober 2024, 10:16 WIB

Soroti Bisnis Militer! Catatan KontraS pada HUT TNI 2024: Reformasi Tak Berjalan

KontraS menyoroti berbagai peristiwa kekerasan dan pelanggaran HAM.
(Foto Ilustrasi) Memperingati HUT TNI ke-79 pada 2024, KontraS meluncurkan Catatan Hari TNI. | Foto: Freepik
Sehat05 Oktober 2024, 10:00 WIB

Ternyata Bisa Menjaga Mood! 6 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari

Minum air putih hangat di pagi hari memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental.
Ilustrasi. Minum air putih hangat di pagi hari memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental. Sumber : Pexels/Pixabay
Nasional05 Oktober 2024, 09:37 WIB

Survei Indikator: 75 Persen Masyarakat Indonesia Puas terhadap Kinerja Jokowi

Ada penurunan dari survei Indikator Politik terhadap kinerja Jokowi.
Presiden Jokowi di IKN. | Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Inspirasi05 Oktober 2024, 09:00 WIB

Loker Sebagai Waiters di Salah Satu Resto Kota Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Loker Sebagai Waiters di Salah Satu Resto Kota Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Freepik)