Apakah Telur Aman untuk Bayi? Simak 3 Manfaat Kandungannya Berikut Ini

Rabu 13 Maret 2024, 13:35 WIB
Ilustrasi telur untuk bayi.| Foto: Pexels.com/@Antoni Shkraba

Ilustrasi telur untuk bayi.| Foto: Pexels.com/@Antoni Shkraba

SUKABUMIUPDATE.com - Memulai makanan padat mungkin merupakan pencapaian bayi yang menyenangkan dan mengasyikkan, namun juga bisa menimbulkan banyak ketidakpastian. Anda mungkin bertanya-tanya apakah bayi sudah siap untuk mengonsumsi makanan padat dengan aman, meskipun demikian, Anda mungkin tidak sepenuhnya yakin makanan mana yang boleh dikonsumsi sejak awal.

Jika bertanya-tanya apakah Anda dapat menyajikan telur kepada bayi, ketahuilah bahwa telur adalah makanan yang sangat baik untuk bayi di atas usia 6 bulan. Selama sudah matang sepenuhnya, telur merupakan sumber protein dan zat besi yang baik yang dapat dimakan bayi.

Apakah Telur Aman untuk Bayi ?

Anda bisa memberikan telur pada bayi saat ia sudah siap untuk mulai mengkonsumsi makanan padat, umumnya sekitar usia 6 bulan. Meskipun kita sering melihat usia disebut-sebut sebagai indikasi bahwa bayi siap menerima makanan padat, penanda perkembangan juga merupakan tanda penting.

Tanda-tanda kesiapan antara lain pengendalian kepala yang baik, duduk tanpa penyangga, tidak ada refleks mendorong lidah, kemampuan menggenggam mencubit, berat badan setidaknya dua kali lipat berat lahirnya, dan menunjukkan minat pada makanan di meja.

Baca Juga: Pedoman Konsumsi Jus Buah untuk Bayi, Yuk Bunda Terapkan di Rumah

Manfaat Memberi Telur pada Bayi

Telur adalah pilihan makanan serbaguna yang memberikan banyak manfaat nutrisi bagi bayi. Dilansir dari laman resmi verywellfamily, berikut beberapa manfaat dari kandungan telur untuk bayi.

1. Kolin

Telur mengandung kolin yaitu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk metabolisme. Kolin dapat meningkatkan perkembangan otak dan memperkuat daya ingat, sedangkan kekurangan kolin dapat menyebabkan masalah hati.

Memberi bayi Anda makanan kaya kolin seperti telur dengan penuh perhatian dapat membantu mereka mendapatkan cukup. Karena kolin tidak terdapat dalam banyak pola makan.

2. Zat Besi

Zat besi merupakan nutrisi penting untuk bayi. “Pada usia sekitar 6 bulan, bayi akan membutuhkan makanan yang tinggi zat besi untuk mengisi kembali simpanan zat besi yang telah habis selama 6 bulan pertama kehidupannya,” jelas Aimee Tyler-Smith RD, B.Ed, ahli gizi anak terdaftar dan pencipta The Nest: Nutrisi untuk Mama dan Bayi.

Setelah titik ini, penting untuk mendapatkan banyak zat besi dari suplemen atau sumber makanan. Bayi berusia 7 hingga 12 bulan membutuhkan sekitar 11 miligram zat besi setiap hari. Satu butir telur mengandung sekitar 1,67 miligram zat besi, yang memenuhi kebutuhan harian bayi.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Ini 4 Resiko Jika Memberi Jus pada Bayi Terlalu Cepat

3. Protein

Telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang baik. Bayi di atas usia 6 bulan membutuhkan sekitar 1,12 gram protein per kilogram beratnya. Jadi, bayi usia 8 bulan dengan berat badan sekitar 10 kilogram membutuhkan sekitar 10 gram protein setiap hari.

Satu butir telur mengandung sekitar 12 gram protein sehingga dapat memenuhi kebutuhan protein sehari-hari, bahkan jika ada bagian yang jatuh ke lantai.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi05 Oktober 2024, 23:01 WIB

Yayasan Bhakti Iyos Somantri Bantu Korban Kebakaran Rumah di Ciracap Sukabumi

Sekretaris Yayasan Bakti Iyos Somantri, Fery Gustaman mengatakan sebagai bagian dari kepedulian terhadap korban bencana, Yayasan meyumbangkan bahan material berupa semen untuk membantu membangun kembali rumah mereka.
Sekretaris Yayasan Bakti Iyos Somantri, Fery Gustaman saat menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Internasional05 Oktober 2024, 22:32 WIB

Dibom Tiap Hari, Kondisi Gaza Semakin Memburuk

Perang terus berlangsung, korban berjatuhan setiap hari di Jalur Gaza, Palestina, akibat serangan Israel. Hal tersebut seperti dilaporkan Dokter Lintas Batas atau Médecins Sans Frontières (MSF).
Gaza di Bom tiap hari oleh Israel | Foto : Capture youtube Aljazeera
Sukabumi05 Oktober 2024, 21:24 WIB

Tanah Longsor Tutup Aliran Sungai di Bojonggenteng Sukabumi, Pertanian Warga Terancam

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi menyebabkan tanah longsor di Kampung Nangela RT 12/04, Desa Cipanengah, Kecamatan Bojonggenteng, Sabtu (5/10/2024) sekitar pukul 16.00 WIB.
Tanah longsor dan pepohonan tumbang menutup sungai Cipanengah di Bojonggenteng Sukabumi, Sabtu (5/10/2024) | Foto : Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 20:45 WIB

Rumahnya Tiba-tiba Ambruk, Ustadz di Tegalbuleud Sementara Tinggal di Mushola

Rumah permanen berukuran 12 x 6 meter milik Ustad Nasrudin (37 tahun) di Kampung Sukarata RT 01/04 Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, mengalami ambruk
Ambruk, rumah milik ustad Nasrudin di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Istimewa
Gadget05 Oktober 2024, 19:00 WIB

8 Cara Mengatasi HP Lemot, Dijamin Kembali Lancar

Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi.
Ilustrasi. Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi. (Sumber : Pixabay/JanVasek)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:53 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi di HUT TNI ke-79: Perkuat Sinergi dengan Rakyat

Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79, Aanggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Hamzah Gurnita, memberikan apresiasi atas dedikasi dan kontribusi TNI kepada bangsa. Sekaligus beraharap agar sinergi antara TNI dan rakyat semakin diperkuat.
Hamzah Gurnita, Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Sukabumi - Fraksi PKB | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:29 WIB

Anggota DPRD Sukabumi Loka Tresnajaya Apresiasi Peran TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Loka Tresnajaya, menyampaikan apresiasi atas peran penting Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
H. Loka Tresnajaya, Aggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Golkar | Foto : Ibnu Sanubari
Jawa Barat05 Oktober 2024, 18:28 WIB

AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024

Training atau pelatihan ini merupakan kerjasama antara AMSI Pusat dengan Cek Fakta, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Google News Initiative.
AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024 (Sumber : Ist)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:02 WIB

Respon DPRD Sukabumi Soal Pembangunan Tambak Udang di Minajaya: Wajar Ditolak Warga

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade. Dimana rencana tersebut mendapatkan penolakan dari warga setempat dengan berbagai alasan.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade | Foto: Istimewa
Life05 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Anak-anak Sholeh dan Sholehah, Yuk Amalkan

Memiliki anak sholeh dan sholehah adalah dambaan semua orang tua.
Ilustrasi Bacaan Doa Agar Diberikan Anak Sholeh (Sumber : Freepik).