5 Cara Bersihkan Setrika Gosong dan Lengket Pakai Bahan Dapur, Dijamin Ampuh!

Jumat 15 Desember 2023, 23:01 WIB
Ilustrasi tapak setrika gosong. (Sumber : depositphotos/@IvanSemenovich)

Ilustrasi tapak setrika gosong. (Sumber : depositphotos/@IvanSemenovich)

SUKABUMIUPDATE.com – Setrika merupakan salah satu alat elektronik yang penting dimiliki setiap rumah. Berfungsi untuk merapikan pakaian, umumnya peralatan rumah tangga yang satu ini sering kali digunakan.
 
Setrika yang sering dipakai bisa saja mengalami kerusakan pada mesinnya. Salah satu yang menyebabkan setrika cepat rusak ialah apabila permukaannya gosong dan lengket.
 
Kegiatan menyetrika ini umumnya terlihat mudah. Namun tetap saja, setiap pekerjaan rumah tak luput dari kesalahan. Menyetrika memang mudah, namun tak dapat dipungkiri bisa saja kita melakukan kesalahan sehingga membuat setrika cepat rusak.
 
Ada beberapa hal yang menyebabkan setrika menjadi gosong dan lengket, diantaranya ialah suhu yang terlalu tinggi, residu lengket di tapak setrika akibat gesekan dari pakaian yang mudah meleleh, larutan kanji yang menempel langsung di tapak setrika, dan yang lain sebagainya.

Baca Juga: 6 Tips Membuat Baju Rapi Tanpa Setrika, Simple Banget!

Itulah beberapa penyebab kenapa setrika dapat gosong dan lengket. Namun jangan khawatir, apabila setrika kamu mengalami hal serupa, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, bahkan dengan menggunakan bahan-bahan dapur yang mudah didapatkan.
 
Dilansir dari HaiBunda.com, berikut 5 cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi setrika gosong dan lengket menggunakan bahan dapur.
 
1. Soda Kue
 
Bahan dapur pertama ialah soda kue. Soda kue atau baking powder ini dikenal dengan memiliki seribu manfaat. Salah satu manfaatnya ialah ampuh dalam membersihkan setrika yang gosong dan lengket.  

Namun perlu diingat, bahwa soda kue hanya bisa membersihkan setrika gosong jika arangnya tidak terlalu berat. Namun apabila sudah terlanjur banyak, menggunakan soda kue mungkin akan kurang efektif.
 
Dalam hal ini, cara untuk menggunakan soda kue ialah dengan membuat pasta yang terdiri dari dua sendok makan baking powder  dan satu sendok makan air. Setelah itu, oleskan di atas tapak setrika ketika setrika dalam keadaan dingin dan stekernya dicabut. Kemudian gosokkan pasta dengan kain bersih nan lembut. Setelah beberapa saat, bersihkan dengan kain yang lembab.
 
2. Cuka
 
Selain soda kue, cuka juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan setrika yang gosong, caranya yaitu dengan merendam handuk dalam cuka, lalu letakkan setrika di atas handuk dengan pelat besi menghadap ke bawah.
 
Biarkan selama 30 menit dan bersihkan. Alhasil setrika akan kembali bersih seperti sedia kala.
 
3. Garam
 
Bahan dapur selanjutnya yang dapat digunakan untuk membersihkan setrika gosong dan lengket ialah garam, dibarengi dengan koran.
 
Cara membersihkannya ialah atur setrika ke pengaturan terpanas dan letakkan koran di papan setrika. Taburkan banyak garam di atas koran, dan setrika koran membentuk lingkaran sampai bersih.
 
Jika kamu tidak memiliki koran, sebagai gantinya dapat menggunakan paper bag berwarna cokelat.
 
4. Aseton
 
Selain bisa membersihkan cat kuku, aseton juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan arang pada setrika yang gosong dan lengket. Namun, untuk menggunakannya kamu perlu berhati-hati, karena arang akan dibersihkan ketika setrika dalam keadaan menyala dan panas.
 
Selain itu, disarankan juga untuk melakukannya di luar ruangan agar kamu dan keluarga atau hewan peliharaan tak menghirup bahan kimia yang keluar dari cairan aseton ini.
 
Jika sudah siap membersihkan, gunakan sarung tangan oven atau sarung tangan pelindung panas. Lalu ambil bola kapas dan celupkan ke dalam penghapus cat kuku aseton.
 
Usap bola kapas di sepanjang permukaan setrika yang menyala. Hal tersebut dapat dengan mudah mengangkat arang pada tapak setrika yang berbahan besi. Dengan demikian, setrika kamu akan bersih kembali seperti baru.
 
5. Pasta Gigi
 
Bahan ini bisa digunakan apabila kamu  menggunakan setrika uap. Hal yang perlu dilakukan pertama-tama ialah pastikan setrika dalam keadaan dingin dan dicabut stekernya serta tangki air dalam keadaan kosong.
 
Gosokkan pasta gigi putih ke bagian piring yang kotor, lalu bersihkan dengan kain yang bersih. Isi tangki air dan colokkan setrika.
 
Selanjutnya tempatkan setrika di atas handuk tua dan setel ke mode steam atau uap. Biarkan selama lima menit. Alhasil setrika kamu akan kembali bersih seperti sedia kala.
 
Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan setrika yang gosong dan lengket. Mudahkan? Selamat mencoba!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih23 Oktober 2024, 00:27 WIB

Mahasiswa dan Gen-Z Titipkan Aspirasi Membangun Sukabumi ke Cabup Iyos Somantri

Iyos Somantri, Calon Bupati Sukabumi dari pasangan calon nomor urut 1 dalam Pilkada 2024 menghadiri acara Taros Iyos. Sebuah kegiatan yang diinisiasi oleh Muda Asik dilaksanakan di salah satu Kafe di Sukabumi, Selasa (22/10/2024)
Iyos Somantri, Calon Bupati Sukabumi nomor urut 1, saat menghadiri acara Taros Iyos di salah satu Kafe di Sukabumi. Selasa (22/10/2024) | Foto : Asep Awaludin
Nasional22 Oktober 2024, 23:38 WIB

Ketua DPD Golkar Jabar Ace Hasan Syadzily Dilantik Jadi Gubernur Lemhanas

Ace Hasan Syadzily yang saat ini menjabat Ketua DPD Golkar Jabar dilantik oleh Prabowo sebagai Gubernur Lemhanas, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 146/P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional
Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily. (Sumber : Instagram @ace.hasan.syadzily)
Sukabumi22 Oktober 2024, 22:25 WIB

Heboh Duda Cabuli Anak Dibawah Umur di Lengkong Sukabumi

Warga Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, heboh dengan adanya salah satu pria yang diamankan pihak polisi, Selasa (22/10/2024), atas dugaan pelecehan seksual atau pencabulan pada anak dibawah umur.
Ilustrasi pelecehan seksual anak dibawah umur di Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih22 Oktober 2024, 22:14 WIB

Rekom BKN Turun, Pemkot Sukabumi Segera Panggil Kadisporapar soal Pelanggaran Netralitas

Pemkot Sukabumi tindaklanjuti rekomendasi BKN dengan mengagendakan pemanggilan terhadap Kadisporapar yang langgar netralitas ASN.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi22 Oktober 2024, 21:11 WIB

Maling Babak Belur, Tepergok Warga Curi Motor di Cidahu Sukabumi

Warga Kampung Bojongpari, Desa Pondokkaso Tengah, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, berhasil menggagalkan aksi pencurian sepeda motor pada Sabtu, 19 Oktober 2024 dini hari.
Maling motor babak belur diinterogasi warga di Cidahu Sukabumi | Foto : Capture video
Sukabumi22 Oktober 2024, 20:43 WIB

Viral Sopir Truk Dipalak dan Diancam Preman di Parungkuda Sukabumi

Sopir truk dipalak dan diancam preman di Parungkuda Sukabumi. Berikut keterangan korban terkait aksi premanisme yang menimpanya tersebut.
Sopir truk garmen yang tengah melintas dipalak preman di ruas jalan Parungkuda-Pakuwon, Sukabumi. (Sumber Foto: Tangkapan layar video/Istimewa)
Jawa Barat22 Oktober 2024, 20:08 WIB

Gempa M5.0 di Pangandaran, Guncangannya Terasa Sampai Sukabumi

BMKG melaporkan gempa tektonik mengguncang wilayah Pangandaran Selasa (22/10/2024) malam. Getarannya terasa sampai Sukabumi.
Episenter gempa M5,0 di Pangandaran Jawa Barat. Selasa (22/10/2024) pukul 19:43:53WIB. (Sumber : BMKG)
Sukabumi Memilih22 Oktober 2024, 20:08 WIB

Waduh! Ratusan Lembar Surat Suara Pilkada Sukabumi Rusak, Ini Kata KPU

Sebanyak 265 lembar surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi ditemukan dalam keadaan rusak. Temuan tersebut terjadi selama proses penyortiran dan pelipatan surat suara yang berlangsung selama dua hari.
Petugas sortir dan lipat surat suara Pilkada Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Film22 Oktober 2024, 20:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Jeongnyeon: The Star Is Born yang Raih Rating Dua Digit

Jeongnyeon: The Star Is Born merupakan drama korea terbaru yang bergenre musikal dengan mengambil latar belakang tahun 1950-an dan telah tayang pada Sabtu, 12 Oktober 2024.
Sinopsis Drama Korea Jeongnyeon: The Star Is Born yang Raih Rating Dua Digit (Sumber : Instagram/@tvn_drama)
Sukabumi22 Oktober 2024, 19:59 WIB

Cerita Penjual Foto Prabowo di Sukabumi, Raup Cuan Pasca Pelantikan Presiden

Pelantikan Prabowo-Giibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029. Selain menandai kepemimpinan baru untuk Indonesia, pelantikan tesebut membawa berkah bagi para pedagang foto dan pigura di Sukabumi.
Mansur (62 tahun) penjual pigura warga Ciaul, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin