10 Filosofi Hidup Ala Skandinavia Agar Lebih Bahagia Lahir Batin

Jumat 27 Oktober 2023, 17:30 WIB
Ilustrasi. 10 Filosofi Hidup Ala Skandinavia Agar Lebih Bahagia Lahir Batin (Sumber : Freepik/bublikhaus)

Ilustrasi. 10 Filosofi Hidup Ala Skandinavia Agar Lebih Bahagia Lahir Batin (Sumber : Freepik/bublikhaus)

SUKABUMIUPDATE.com - Negara-negara Skandinavia seperti Denmark, Swedia, Finlandia, Norwegia dan sebagainya terkenal sebagai negara-negara dengan tingkat kebahagiaan tinggi warganya.

Tentu saja hal tersebut menjadi penasaran banyak orang bagaimana warga negara-negara Skandinavia bisa menjalani hidup dengan bahagia.

Merangkum dari berbagai sumber, orang-orang di sana rupanya memiliki filosofi hidup yang mereka jalankan setiap harinya dan telah bertahan sejak lama. Berikut beberapa filosofi hidup ala Skandinavia yang bisa dicoba agar hidup bahagia.

Baca Juga: 4 Elemen Konsep Hidup Ikigai, Filosofi Jepang Agar Hidup Bahagia

1. Lagom

Konsep Lagom berasal dari Swedia dan bisa diterjemahkan sebagai "cukup" atau "seimbang”. Filosofi ini mencerminkan nilai kesederhanaan dan keseimbangan dalam hidup.

Filosofi Lagom menekankan pentingnya tidak berlebihan dalam konsumsi, pekerjaan, atau kehidupan sehari-hari. Lagom adalah tentang menemukan keseimbangan yang tepat.

2. Hygge

Hygge adalah konsep dari Denmark yang mengacu pada kenyamanan, keramahan, dan kebahagiaan dalam momen-momen sederhana.

Filosofi ini sering terkait dengan suasana hangat dan nyaman, seperti duduk di depan perapian dengan segelas teh. Hygge mendorong untuk menikmati momen sehari-hari dan menciptakan lingkungan yang nyaman.

Baca Juga: 8 Prinsip Hidup Seorang Samurai yang Bisa Ditiru Agar Lebih Bijaksana

3. Friluftsliv

Konsep friluftsliv berasal dari Norwegia dan Finlandia dan mengacu pada hubungan manusia dengan alam. Ini mendorong untuk menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan, menikmati alam, dan menjaga keseimbangan dengan alam. Aktivitas seperti berjalan-jalan di hutan, mendaki gunung, dan berkemah adalah contoh dari filosofi ini.

4. Lykke

Filosofi hidup ini memiliki arti kebahagiaan. Meik Weiking dalam bukunya The Little Book of Lykke menjelaskan mengenai membagi kebahagiaan dalam enam kategori, yakni kebersamaan, uang, kesehatan, kebebasan, kepercayaan, dan kebaikan.

Lykke mengajarkan seseorang untuk fokus pada hal-hal yang dianggap penting untuk mendapatkan kebahagiaan dalam diri sendiri.

Dalam hal ini termasuk mengutamakan kebersamaan dan mengesampingkan penggunaan media sosial untuk bisa mendapatkan peluang hidup yang jauh lebih bahagia.

Baca Juga: 7 Prinsip Hidup Stoikisme yang Baik Untuk Kesehatan Mental, Yuk Terapkan

5. Fika

Fika bisa diartikan sebagai minum kopi. Namun pada intinya. Ini merupakan filosofi hidup Swedia yang bisa membantu orang menemukan kedamaian batin dan mengubah sikap orang terhadap kehidupan secara umum.

Bagi orang-orang Swedia sendiri, kopi menjadi minuman simbolis untuk menjauh dari semua masalah setidaknya untuk sementara waktu.

Jadi dengan filosofi hidup Fika ini akan memberi diri sendiri beberapa saat untuk menikmati hidup dan melepaskan diri dari stres harian.

6. Kesetaraan dan Kesejahteraan

Negara-negara Skandinavia dikenal dengan sistem sosial mereka yang kuat, yang mendorong kesetaraan dan kesejahteraan sosial. Filosofi ini menekankan pentingnya perawatan terhadap semua anggota masyarakat, termasuk dukungan bagi yang lebih lemah.

Baca Juga: 8 Prinsip Utama Menjalani Gaya Hidup Slow Living, Lebih Santai dan Bahagia

7. Kerja Seimbang

Negara-negara Skandinavia juga menerapkan prinsip kerja seimbang. Mereka cenderung menilai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, serta memberikan hak cuti yang cukup kepada pekerja untuk merawat diri sendiri dan keluarga.

8. Rasa Kepercayaan

Tingkat kepercayaan yang tinggi dalam masyarakat Skandinavia menciptakan suasana sosial yang positif. Ini memengaruhi bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain dan mengelola hubungan.

9. Perlakuan Baik

Prinsip perlakuan baik (janteloven) adalah konsep yang mengacu pada etika sosial Skandinavia. Ini berarti orang Skandinavia cenderung merasa bahwa semua orang harus diperlakukan dengan adil dan sama, dan mereka cenderung menjauhi tindakan yang mencolok.

Baca Juga: Mengenal Stoikisme, Aliran Filsafat Yunani Kuno Agar Hidup Tenang dan Bahagia

10. Nilai-nilai Sederhana

Orang-orang Skandinavia seringkali menghargai nilai-nilai sederhana seperti kejujuran, integritas, dan rasa tanggung jawab sosial. Ini menciptakan masyarakat yang cenderung menjalani hidup dengan kesederhanaan.

Filosofi hidup ala Skandinavia mencerminkan nilai-nilai sosial dan budaya yang kuat dalam masyarakat mereka. Ini menekankan keseimbangan, kenyamanan, dan perhatian terhadap lingkungan serta orang lain.

Meskipun tidak semua orang di Skandinavia mengikuti semua prinsip ini, filosofi hidup ala Skandinavia bisa menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang yang mencari keseimbangan dan kebahagiaan dalam hidup mereka.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)