9 Tips Pola Asuh Untuk Anak Pengidap ADHD, Orang Tua Harus Tau

Jumat 20 Oktober 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi. 9 Tips Pola Asuh Untuk Anak Pengidap ADHD, Orang Tua Harus Tau | Sumber: Pexels.com (Jep Gambardella)

Ilustrasi. 9 Tips Pola Asuh Untuk Anak Pengidap ADHD, Orang Tua Harus Tau | Sumber: Pexels.com (Jep Gambardella)

SUKABUMIUPDATE.com - Pola asuh yang tepat untuk anak yang menderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dapat membantu anak mengelola gejala ADHD, mengembangkan keterampilan, dan merasa didukung.

Pola asuh ini dapat berpengaruh besar terhadap perkembangan fisik, emosional, sosial, dan intelektual anak-anak.

Ada beberapa pola asuh yang berbeda untuk anak pengidap ADHD, dan setiap orang tua mungkin memiliki gaya yang berbeda dalam mendidik anak-anak mereka.

Baca Juga: 10 Ritual agar Hidup Bahagia, Cobalah Menikmati Momen Saat Ini!

Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa prinsip pola asuh yang bisa membantu anak dengan ADHD.

1. Struktur dan Rutinitas

Menciptakan rutinitas harian yang konsisten membantu anak dengan ADHD untuk merasa lebih terorganisir dan terkendali. Buat jadwal yang jelas membantu anak mengetahui apa yang diharapkan darinya dan mengurangi kebingungan.

2. Batasan dan Aturan yang Jelas

Berikan aturan dan batasan yang jelas, sederhana, dan mudah dimengerti. Gunakan pengingat visual, seperti daftar tugas atau papan peringatan, untuk membantu anak mengingat aturan.

Baca Juga: 10 Ciri Autisme Pada Anak yang Wajib Bunda Ketahui Sedari Dini

3. Pujian

Berikan pujian dan penghargaan untuk perilaku yang diinginkan. Bisa juga dengan reward sistem, seperti kartu hadiah atau grafik prestasi, dapat memberikan motivasi tambahan bagi anak.

4. Dukungan dalam Pengelolaan Waktu

Bantu anak pengidap ADHD dalam mengatur waktu mereka, misalnya dengan jam tangan atau jam alarm. Ajarkan mereka konsep waktu dengan menggunakan timer atau jam dinding.

5. Komunikasi yang Efektif

Bertukar komunikasi dengan anak secara jelas dan terbuka. Dengarkan dengan sabar dan tunjukkan empati terhadap perasaan dan pengalaman mereka.

Baca Juga: 4 Perbedaan ADHD dengan Autisme Pada Anak,  Orang Tua Wajib Tahu!

6. Strategi Pengelolaan Kemarahan

Ajarkan anak pengidap ADHD teknik untuk mengelola kemarahan dan frustasi, seperti berlatih pernapasan dalam, berjalan-jalan sebentar, atau berbicara dengan orang dewasa ketika mereka merasa marah.

7. Pendidikan tentang ADHD

Melibatkan anak dalam memahami ADHD dan gejalanya, termasuk mengajarkan mereka tentang strategi pengelolaan diri yang sesuai untuk kondisi mereka.

8. Konseling dan Terapi

Pertimbangkan untuk mencari bantuan dari seorang konselor atau terapis yang berpengalaman dalam bekerja dengan anak-anak ADHD. Terapi perilaku kognitif (CBT) dapat membantu anak mengembangkan keterampilan pengelolaan emosi.

Baca Juga: Apakah ADHD Pada Anak Bisa Sembuh? Simak Penjelasannya!

9. Dukungan dari Sekolah

Bekerjasama dengan guru dan staf sekolah untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung anak pengidap ADHD. Diskusikan perubahan yang mungkin diperlukan dalam ruang kelas atau rencana pendidikan khusus.

Penting untuk diingat bahwa setiap anak dengan ADHD adalah unik, dan pendekatan yang paling efektif dapat bervariasi.

Dalam banyak kasus, konsultasikan dengan seorang profesional kesehatan mental atau konselor yang berpengalaman dalam mengelola ADHD dapat membantu mengidentifikasi strategi yang paling sesuai untuk anak Anda.

Pola asuh yang mendukung, penuh pemahaman, dan berfokus pada perkembangan positif anak adalah kunci dalam membantu anak pengidap ADHD meraih potensi mereka secara optimal.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi05 Oktober 2024, 17:23 WIB

Sudah 2 Hari, Nelayan Pancing Hilang Kontak di Laut Ujunggenteng Sukabumi

Perahu nelayan Setia Jaya 37 yang dinahkodai Iwan (45 tahun) asal Kampung Pasirpogor Desa Loji, Kecamatan Simpenan, dan ABK Ekih (46 tahun) asal Palabuhanratu dikabarkan  hilang kontak sejak dua hari lalu di laut Ujunggenteng.
Perahu Setia Jaya 37 yang di nahkodai Iwan dan ABK Ekih hilang kontak di laut Ujunggenteng Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Musik05 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Yummy Justin Bieber yang Viral di Medsos

Meski Lagu Yummy kembali viral, hingga artikel ini ditayangkan, desas desus hubungan Justin Bieber dengan kasus P Diddy masih belum mendapat konfirmasi dari pihak manapun.
Official Video Klip Lagu Yummy Justin Bieber. Foto: YouTube/JustinBieber
Life05 Oktober 2024, 16:00 WIB

6 Mitos Masyarakat Sunda yang Sering Dianggap Pamali Jika Dilakukan

Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi.
Ilustrasi - Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi. (Sumber : pexels.com/@Kun Fotografi).
Life05 Oktober 2024, 15:00 WIB

Jangan Dulu Dikawinkan! Ini 7 Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina.
Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina. | Foto: Pixabay/TeamK
Sukabumi05 Oktober 2024, 14:53 WIB

Dibangun! Rutilahu Milik Lansia di Lengkong Sukabumi yang Dihuni Bersama Anak-Cucu

Pemerintah dan kepolisian setempat membangun kembali rumah Emak Juariah.
Rutilahu milik Emak Juariah (75 tahun) di Kampung Cipongpok RT 10/04 Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 13:29 WIB

Kearifan Lokal dan Teknologi: Pelatihan Inovatif untuk Guru SD oleh Kelompok PKM Nusa Putra

Kegiatan ini dipimpin oleh tiga dosen Nusa Putra University.
PKM Pelatihan Desain Bahan Ajar Matematika dengan Implementasi Kearifan Lokal dan Virtual Reality, Nusa Putra University, 4 Oktober 2024 (Sumber: dok nusa putra)
Food & Travel05 Oktober 2024, 13:00 WIB

Pendakian Terfavorit: 5 Gunung di Jawa Barat yang Menawarkan Keindahan Alam yang Tak Terlupakan

Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor.
Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor. (Sumber : Instagram/@kholisohhasanah).
Life05 Oktober 2024, 12:00 WIB

Takut Gagal dan Mudah Menyerah, 10 Ciri Orang yang Rendah Diri

Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja.
Ilustrasi. Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja. (Sumber : pixabay.com/@EnginAkyurt)
Nasional05 Oktober 2024, 11:23 WIB

ICW: 174 Anggota DPR 2024-2029 Terindikasi Terhubung dengan Dinasti Politik

Temuan ini merujuk pada jabatan-jabatan oleh para keluarga anggota legislatif.
(Foto Ilustrasi) ICW mengungkap 174 anggota DPR 2024-2029 terindikasi memiliki keterkaitan dengan dinasti politik. | Foto: Istimewa
Motor05 Oktober 2024, 11:00 WIB

5 Tanda Motor Harus Turun Mesin dan Cara Terbaik untuk Menghindarinya

Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin.
Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)