10 Cara Menjaga Kesehatan Mental Agar Hidup Lebih Bahagia

Rabu 04 Oktober 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi. 10 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Agar Hidup Lebih Bahagia| Foto: Freepik

Ilustrasi. 10 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Agar Hidup Lebih Bahagia| Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Menjaga kesehatan mental adalah hal yang sangat penting untuk menjalani kehidupan yang seimbang dan bahagia.

Apalagi di zaman sekarang dimana tekanan hidup semakin berat dan bisa datang dari mana saja termasuk dari media sosial yang menyebabkan orang mudah stres.

Karena itu, penting mengetahui cara menjaga kesehatan mental agar tetap bisa menjalani hidup dengan bahagia. Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa langkah yang bisa coba dilakukan.

Baca Juga: 12 Dampak Buruk Kesehatan Mental anak yang Sering Dimarahi, Bunda Harus Tahu!

1. Penuhi Kebutuhan Fisik

Pastikan Anda tidur yang cukup. Kekurangan tidur dapat mempengaruhi kesehatan mental. Makan makanan sehat dan seimbang. Nutrisi yang baik dapat memengaruhi mood dan energi Anda. Dan jangan lupa untuk rutin berolahraga, karena aktivitas fisik dapat membantu melepaskan endorfin, yang dapat meningkatkan suasana hati.

2. Atur Stres

Identifikasi sumber stres dalam hidup Anda dan cari cara untuk mengelolanya. Pertimbangkan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam untuk mengatasi stres.

3. Sosialisasi

Pertahankan hubungan sosial yang sehat dengan teman-teman dan keluarga. Perasaan terhubung dengan orang lain dapat memberikan dukungan emosional.

Baca Juga: 12 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Jangan ragu untuk mencari bantuan ketika Anda membutuhkannya. Berbicara tentang masalah Anda kepada seseorang yang dipercaya bisa membantu.

4. Manajemen Waktu

Manajemen waktu yang baik dapat mengurangi rasa cemas dan meningkatkan produktivitas. Buat jadwal dan prioritas untuk tugas-tugas Anda. Selain itu, cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan secara bertahap daripada menumpuk semua pekerjaan hingga akhir.

5. Hiburan dan Kreativitas

Luangkan waktu untuk hobi dan aktivitas yang Anda nikmati. Ini bisa berupa seni, musik, membaca, atau bermain game. Pasalnya, hiburan dapat menjadi pelarian yang baik dari stres sehari-hari.

Baca Juga: 12 Dampak Buruk Kesehatan Mental anak yang Sering Dimarahi, Bunda Harus Tahu!

6. Batasan Media Sosial

Batasi waktu yang Anda habiskan di media sosial. Terlalu banyak waktu di platform ini dapat memengaruhi kesehatan mental dengan perbandingan sosial dan tekanan.

7. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Hindari menghakimi diri sendiri atau merasa bersalah. Nikmatilah pencapaian Anda dan jadilah penuh kasih sayang pada diri sendiri.

8. Hindari Penyalahgunaan Zat

Jauhi penyalahgunaan alkohol, obat-obatan terlarang, atau obat-obatan resep yang tidak sesuai dengan petunjuk dokter. Penyalahgunaan zat dapat merusak kesehatan mental Anda.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua

9. Berbicara dengan Profesional

Jika Anda merasa kesulitan mengatasi masalah kesehatan mental Anda, jangan ragu untuk mencari bantuan dari seorang profesional kesehatan mental seperti psikolog atau psikiater. Terapi atau konseling dapat sangat membantu.

10. Pengembangan Keterampilan Koping

Pelajari keterampilan untuk menghadapi tekanan dan situasi sulit. Ini bisa melibatkan manajemen emosi, pemecahan masalah, atau pembelajaran cara berpikir positif.

Ingatlah bahwa menjaga kesehatan mental adalah komitmen jangka panjang. Setiap orang memiliki tantangan berbeda dalam hidupnya, dan penting untuk mencari strategi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).