13 Cara Meningkatkan Self Esteem Agar Hidup Lebih Bahagia, Yuk Lakukan

Sabtu 09 September 2023, 13:00 WIB
13 Cara Meningkatkan Self Esteem Agar Hidup Lebih Bahagia, Yuk Lakukan. (Sumber : Freepik.com/@benzoix.)

13 Cara Meningkatkan Self Esteem Agar Hidup Lebih Bahagia, Yuk Lakukan. (Sumber : Freepik.com/@benzoix.)

SUKABUMIUPDATE.com - Self-esteem adalah seni menghargai diri sendiri yang mencakup bagaimana seseorang melihat dan merasa tentang dirinya sendiri, serta sejauh mana seseorang menghargai, mencintai, dan merasa yakin dengan diri sendiri.

Ketika seseorang memiliki self-esteem dalam dirinya, hal ini dapat memengaruhi banyak aspek kehidupan seperti kesehatan mental, kesejahteraan emosional, hubungan interpersonal, dan prestasi.

Cara self-esteem seseorang terbentuk dan dipertahankan dapat sangat bervariasi dari individu ke individu, tetapi beberapa langkah umum yang dapat membantu meningkatkan self-esteem.

Baca Juga: 7 Masalah Perilaku Anak yang Tidak Boleh Diabaikan Orang Tua

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan self-esteem yang bisa Anda lakukan.

1. Kenali Diri Sendiri

Pertama-tama, kenali dan terima diri Anda apa adanya. Pahami kekuatan, kelemahan, minat, dan nilai-nilai Anda. Ini akan membantu Anda merasa lebih baik tentang diri Anda.

2. Hentikan Membandingkan dengan Orang Lain

Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki perjalanan dan pengalaman uniknya sendiri. Jadi mulai dari sekarang cobalah untuk bahagia dengan yang dimiliki saat ini.

Baca Juga: 12 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apa Kamu Salah Satunya?

3. Jangan Terlalu Keras pada Diri Sendiri

Berbicara pada diri Anda dengan cara yang positif dan penuh kasih sayang. Jangan biarkan suara dalam diri Anda menjadi kritikus yang kejam.

4. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Tetapkan tujuan yang dapat dicapai dan diukur dengan baik. Ketika Anda mencapai tujuan tersebut, Anda akan merasa lebih baik tentang diri Anda. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan self esteem pada diri.

5. Perhatikan Kesehatan Diri

Kesehatan fisik dan mental yang baik dapat meningkatkan self-esteem Anda. Cobalah untuk makan dengan baik, berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, dan menjaga kesehatan mental Anda.

Baca Juga: 12 Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak yang Pemalu, Coba Lakukan Hal Ini

6. Kembangkan Keterampilan

Belajar dan mengembangkan keterampilan baru dapat meningkatkan rasa prestasi dan self-esteem Anda. Hal ini juga akan membuat hidup menjadi lebih bahagia dan bermakna.

7. Bersikap Positif terhadap Diri Sendiri

Gantilah pemikiran negatif tentang diri Anda dengan pemikiran yang lebih positif. Cobalah untuk menangkap dan mengubah pikiran negatif ketika mereka muncul.

8. Berlatih Mindfulness

Praktik mindfulness dapat membantu Anda mengatasi pikiran negatif dan meningkatkan kesadaran diri. Ini juga membantu Anda menghadapi stres dengan lebih baik.

Baca Juga: 8 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Punya Salah Satunya?

9. Cari Dukungan Sosial

Berbicara dengan teman, keluarga, atau seorang terapis dapat membantu Anda mengatasi masalah yang memengaruhi self-esteem Anda.

10. Ambil Tindakan Positif

Ketika Anda merasa tidak yakin atau meragukan diri sendiri, ambil tindakan positif. Ini bisa berupa mencoba hal baru, mengejar minat Anda, atau mencapai tujuan kecil.

11. Hormati Batasan Diri

Jangan ragu untuk menetapkan batasan dalam hubungan dan kehidupan Anda. Ini membantu menjaga harga diri dan kesehatan mental Anda.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Bau Ketiak Secara Alami Agar Badan Kembali Harum

12. Berikan Diri Anda Waktu

Meningkatkan self-esteem adalah proses yang berkelanjutan. Ingatlah bahwa perubahan tidak terjadi dalam semalam, dan berikan diri Anda waktu untuk tumbuh dan berkembang.

13. Ingatkan Diri Sendiri akan Kebahagiaan

Akhirnya, ingatkan diri Anda bahwa layak bahagia dan sehat. Self-esteem yang kuat adalah dasar kebahagiaan yang berkelanjutan. Perlu diketahui, jika ini adalah salah satu hal utama untuk meningkatkan self esteem.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan19 September 2024, 08:00 WIB

Bagaimana Cara Membuat Bulu Mata Lentik Alami? Coba 8 Tips Ini!

Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan.
Ilustrasi. Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan. (Sumber : Freepik/freepik)
Life19 September 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Membuat Cepat Kaya, Hindari Hutang!

Gaya hidup minimalis mendorong seseorang untuk hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan berguna, bukan yang sekadar diinginkan.
Ilustrasi. Menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi memungkinkan uang tumbuh dan berlipat ganda dalam jangka panjang, yang merupakan kunci untuk membangun kekayaan. (Sumber : GhasoubAlaeddin)
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana
Science19 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 September 2024, Sukabumi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Inspirasi19 September 2024, 00:37 WIB

Keteladanan Rasulullah SAW, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati oleh umat Islam setiap tahun, merupakan momen penting untuk mengenang kelahiran sosok yang membawa risalah Islam ke dunia.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1445 H / 16 September 2024 | Foto : Pixabay
Sukabumi19 September 2024, 00:13 WIB

Dibeli Murah hingga Intimidasi, Warga Ungkit Soal Tanah Harry Cader di Tegalbuleud Sukabumi

Warga Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi terutama ahli waris tanah merek mengungkit proses penjualan tanah pada beberapa tahun Harry Cader
Tanah Harry Cader di Desa Buniasih Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi18 September 2024, 22:35 WIB

Pengakuan Korban Penembakan Oknum Pengacara di Sukabumi: Curhat Lalu Todongkan Senpi

Detik-detik sebelum terjadinya peristiwa penembakan pemilik warung kopi (warkop) di Jalan Sriwidari No 27, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Pelaku disebut sempat curhat butuh uang untuk berobat sang anak.
MAF (35 tahun) korban penembakan oknum pengacara saat diwawancarai di warkopnya, Rabu (18/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih18 September 2024, 21:34 WIB

Abah Ucok Kirim Kode Keras ke Calon Bupati, Singgung Tata Ruang Ibukota Kab. Sukabumi

Mantan Wakil Bupati Sukabumi, Ucok Haris Maulana Yusup mengungkapkan keluh kesahnya terhadap sejumlah persoalan yang ada di Kabupaten Sukabumi yang menurutnya banyak yang belum terselesaikan
Politisi senior Sukabumi, H. Ucok Haris Maulana Yusup | Foto : Istimewa
Sukabumi18 September 2024, 20:55 WIB

Empat Warga Terjangkit DBD, Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi Lakukan Fogging

Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi menerima laporan bahwa ada empat warga terjangkit DBD di Kampung Pamatutan.
Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi melakukan fogging di Kampung Pamatutan usai menerima laporan adanya 4 warga yang terjangkit DBD. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi18 September 2024, 20:33 WIB

Dinas PU Sukabumi Lakukan Pemeliharaan Rutin di Ruas Jalan Cicurug-Cidahu

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin pada ruas jalan Cicurug-Cidahu di Desa Tangkil.
Petugas UPTD Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin di ruas Jalan Cicurug-Cidahu. (Sumber : Istimewa)