13 Tips Meningkatkan Daya Ingat, Hindari Belajar Sistem Kebut Semalam!

Jumat 08 September 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi. Anak | Tips Meningkatkan Daya Ingat, Hindari Belajar Sistem Kebut Semalam! (Sumber : pixabay.com/@ OberholsterVenita)

Ilustrasi. Anak | Tips Meningkatkan Daya Ingat, Hindari Belajar Sistem Kebut Semalam! (Sumber : pixabay.com/@ OberholsterVenita)

SUKABUMIUPDATE.com - Daya ingat sangat dibutuhkan terutama oleh para pelajar yang masih berkutat dengan ujian (ulangan). Pasalnya, Sistem Kebut Semalam (SKS) yang biasa dilakukan ketika menjelang ujian bukan metode yang efektif untuk mengingat pelajaran.

Tak heran, meningkatkan daya ingat menjadi tujuan yang umum bagi banyak orang, terutama dalam kehidupan yang kini gemuk dengan informasi.

Yuk, coba beberapa cara yang dapat membantu meningkatkan daya ingat, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Tips Meningkatkan Daya Ingat

1. Konsumsi Makanan Sehat

Nutrisi berperan penting dalam kesehatan otak. Makan makanan yang kaya akan antioksidan, asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral.

Baca Juga: 12 Ciri Mental Anak Terganggu, Ada Keluhan Fisik Tanpa Penyebab Medis

Contoh makanan sehat yang bisa dikonsumsi misalnya ikan berlemak, buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian untuk mendukung fungsi otak yang optimal.

2. Olahraga

Aktivitas fisik dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan merangsang pertumbuhan sel-sel otak baru. Cobalah untuk berolahraga secara teratur, baik itu berjalan kaki, bersepeda, atau berenang.

3. Istirahat Cukup

Tidur yang cukup penting untuk konsolidasi ingatan. Pastikan tidur selama 7-9 jam setiap malam agar otak memiliki waktu yang cukup untuk memproses dan menyimpan informasi.

4. Stres Management

Stres kronis dapat merusak fungsi otak dan daya ingat. Cobalah teknik-teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam untuk mengelola stres.

5. Latihan Mental

Menjaga otak tetap aktif adalah kunci untuk meningkatkan daya ingat. Cobalah berbagai aktivitas mental seperti teka-teki silang, bermain catur, belajar bahasa baru, atau menjalani pelatihan otak dengan aplikasi khusus.

Baca Juga: 8 Fakta Pemeriksaan Rocky Gerung, Ditunda Karena Isi Kuliah di Sukabumi

6. Jadwal dan Rutinitas

Membuat jadwal dan rutinitas harian dapat membantu otak mengingat informasi dengan lebih baik. Tulis daftar tugas, jadwal, dan pengingat.

7. Teknik Mnemonic Devices

Teknik mnemonic seperti akronim, kata sandi, atau gambar mental dapat membantu Anda mengingat informasi dengan lebih baik.

8. Berpikir Visual

Membayangkan informasi dalam bentuk gambar atau mengaitkannya dengan gambaran mental dapat membantu meningkatkan daya ingat.

9. Fokus

Saat belajar atau berusaha untuk mengingat sesuatu, pastikan fokus sepenuhnya pada tugas tersebut. Hindari multitasking yang berlebihan, karena ini dapat memengaruhi daya ingat.

10. Berinteraksi Sosial

Berinteraksi dengan orang lain, berbicara tentang topik yang menarik, atau mengajar orang lain tentang suatu konsep dapat membantu menguatkan daya ingat.

11. Hindari Kebiasaan Buruk

Menghindari alkohol berlebihan, merokok, dan penggunaan narkoba adalah penting untuk menjaga kesehatan otak dan daya ingat.

12. Penuhi Kebutuhan Emosional

Kesehatan emosional yang baik dapat mendukung daya ingat. Cobalah untuk mengelola perasaan negatif, seperti kecemasan atau depresi, dan cari dukungan ketika diperlukan.

13. Hindari Belajar dengan Sistem Kebut Semalam (SKS)

Belajar dengan sistem Sistem Kebut Semalam (SKS) tidak direkomendasikan untuk siapapun, apalagi menjelang ujian. Sistem SKS membuat seseorang cenderung mudah lupa terhadap materi pelajaran.

Baca Juga: Kebebasan Pers Disorot Usai Insiden Reporter AS Dihadang Pejabat RI di KTT ASEAN

Oleh karena itu, sebaiknya jika ingin mengingat materi lebih lama usahakan belajar secara rutin setiap malam meskipun hanya berdurasi 15-30 menit.

Ingat selalu bahwa peningkatan daya ingat memerlukan waktu dan usaha yang konsisten. Maka dari itu, yuk coba beberapa tips di atas dan sesuaikan dengan kebutuhan untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi29 September 2024, 09:19 WIB

15/149 MS, Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kota Sukabumi Pasca Sanggah 2024

Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kota Sukabumi Pasca Sanggah 2024 ini merupakan data final setelah penerimaan sanggah pada tanggal 20 sampai 22 September 2024 kemarin.
Kegiatan Latsar CPNS 2022. Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kota Sukabumi Pasca Sanggah 2024. Foto: Instagram/@bkpsdmkotasukabumi
Life29 September 2024, 08:00 WIB

10 Kelebihan Gen Z yang Sering Disepelekan: Kreatif Tapi Menolak Kerja Berlebihan

Banyak dari kelebihan Gen Z yang sering disalahpahami atau diremehkan oleh generasi sebelumnya.
Ilustrasi. Kelebihan Gen Z yang Sering Disepelekan. (Sumber : Pixabay/SnapwireSnaps)
Food & Travel29 September 2024, 07:00 WIB

Resep Bubur Ketan Hitam Santan, Sajikan Hangat atau Dingin Sesuai Selera!

Selamat mencoba dan menikmati Bubur Ketan Hitam Santan!
Ilustrasi. Resep Bubur Ketan Hitam Santan. Foto: Instagram/@resepjajananpasar
Science29 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 29 September 2024, Siang Hari Sukabumi Potensi Turun Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan dan beberapa diantaranya hujan ringan pada 29 September 2024.
Ilustrasi Hujan. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan dan beberapa diantaranya hujan ringan pada 29 September 2024. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 September 2024, 23:45 WIB

Pagar Tembok Rusak Berat Tertimpa Pohon Tumbang di Cikembar Sukabumi

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cikembar, Sudarmat menjelaskan bahwa selain menutup jalan, pohon besar tersebut juga menghantam tembok Armed 13 hingga mengalami kerusakan berat.
Pagar tembok rusak berat tertimpa pohon tumbang di Cikembar Sukabumi | Foto : Istimewa
Food & Travel28 September 2024, 22:31 WIB

Cerita Pantai Amanda Ratu, Wisata Pantai Rasa Tanah Lot Bali di Ciracap Sukabumi

Pantai Amanda Ratu berada di kawasan perkebunan kelapa Citespong, yang dikelola PT. Asabaland. Di areal tersebut terdapat objek wisata dengan julukan sebagai pantai Sukabumi rasa tanah lot, Bali.
Pantai Amanda Ratu, Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi28 September 2024, 21:03 WIB

Idap Ganguan Jiwa, Tarsum Pria Ciamis Mutilasi Istri Jalani Rehabilitasi di Sukabumi

Tarsum (51 tahun), pria asal Ciamis yang sempat menggegerkan publik karena membunuh dan memutilasi istrinya, Yanti (44 tahun), kini menjalani rehabilitasi di Sentra Phala Martha, Sukabumi.
Sentra Phala Marta Sukabumi tempat rehabilitasi sosial | Foto : Ibnu Sanubari
Film28 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Sumala, Teror Menyeramkan yang Dialami Suami Istri dari Anaknya

Sumala adalah film bergenre horor yang telah tayang diseluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 26 September 2024 dan akan menghadirkan nuansa mencekam kepada penonton.
Sinopsis Film Sumala, Teror Menyeramkan yang Dialami Suami Istri dari Anaknya (Sumber : Instagram/@lunamaya)
Sukabumi28 September 2024, 20:38 WIB

Hari Bakti Karang Taruna ke-64, Kadinsos Sukabumi Bicara Sinergi Pemberdayaan Masyarakat

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan Saputra menghadiri peringatan Hari Bakti Karang Taruna ke-64, bertempat di Lapang Desa Margaluyu, Kecamatan Sagaranten, Sabtu (28/9/24).
Kepala Dinsos Wawan Gondawan Saputra  dan Ketua Karang Taruna Asep Aripin dalam cara Hari Bakti ke-64 tingkat Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Musik28 September 2024, 20:00 WIB

Maliq & D’essentials akan Menggelar Tur Konser di Indonesia dan Malaysia

Grup musik Maliq & D’essentials akan menggelar tur bertajuk Can Machines Fall In Love? Album Tour di beberapa kota di Indonesia dan di Kuala Lumpur, Malaysia.
Maliq & D’essentials akan Menggelar Tur Konser di Indonesia dan Malaysia (Sumber : Instagram/@maliqmusic)