Gap Year: Periode Waktu yang Bisa Membuat Seseorang Sukses, Yuk Kenali

Jumat 04 Agustus 2023, 12:30 WIB
Ilustrasi. Gap year atau tahun jeda disebutkan telah membuat beberapa orang berhasil dalam meraih kesuksesan (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Gap year atau tahun jeda disebutkan telah membuat beberapa orang berhasil dalam meraih kesuksesan (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Pernahkan kamu mendengar istilah “Gap Year” atau jika dalam bahasa Indonesia disebut tahun jeda. Disebutkan jika gap year ini bisa membuat seseorang meraih kesuksesan.

Banyak tokoh-tokoh Dunia yang meraih kesuksesan setelah mengambil gap year seperti Malia Obama (putri Barrack Obama), JK Rowling, Emma Watson bahkan hingga pangeran kerajaan Inggris yakni Pangeran William dan Pangeran Harry diketahui pernah melakukannya.

Lalu apa sebenarnya gap year itu dan apa tujuannya? Melansir dari laman nationalcareers.service.gov.uk, gap year atau tahun jeda mengacu pada periode waktu yang biasanya berlangsung satu tahun.

Baca Juga: 9 Cara Menumbuhkan Kebiasaan Positif, Lebih Mudah Meraih Kesuksesan

Pada periode ini seseorang akan beristirahat dari pendidikan formal atau karirnya untuk terlibat dalam aktivitas lain. gap year biasanya diambil antara sekolah menengah dan perguruan tinggi, setelah menyelesaikan studi sarjana, atau kapan saja selama perjalanan pendidikan seseorang.

Selama tahun jeda, seseorang dapat mengejar berbagai pengalaman, seperti perjalanan (traveling), menjadi sukarelawan, magang, bekerja paruh waktu di bidang lain, atau proyek pengembangan pribadi.

Tujuan Gap Year

Merangkum dari berbagai sumber, tujuan gap year dapat bervariasi tergantung pada tujuan dan minat seseorang. Beberapa alasan umum untuk mengambil gap year adalah;

Baca Juga: 10 Ucapan Orang Tua yang Bisa Menghambat Kesuksesan Anak, Jangan Lakukan!

1. Pertumbuhan pribadi

Banyak orang menggunakan jeda tahun untuk mengeksplorasi minat, hasrat, dan nilai-nilai mereka di luar lingkungan akademis atau kerja tradisional. Ini bisa menjadi waktu untuk penemuan diri dan pengembangan pribadi.

2. Perjalanan dan budaya

Bepergian selama tahun jeda memungkinkan individu untuk mengalami budaya, bahasa, dan cara hidup baru. Itu dapat memberikan wawasan yang berharga dan memperluas perspektif seseorang tentang dunia.

Baca Juga: 8 Kebiasaan Sarapan Orang Sukses di Pagi Hari, Yuk Praktekkan!

3. Eksplorasi karir

Beberapa individu menggunakan tahun jeda untuk mendapatkan pengalaman praktis melalui magang atau bekerja di industri yang mereka pertimbangkan untuk karir masa depan mereka. Ini dapat membantu memperjelas tujuan karir mereka dan meningkatkan resume mereka.

4. Pelayanan masyarakat

Terlibat dalam pekerjaan sukarela dapat menjadi cara yang berarti untuk memberikan kembali kepada masyarakat dan memberikan dampak positif pada kehidupan orang lain.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Orang Sukses yang Patut Ditiru, Yuk Lakukan!

5. Jeda akademik

Setelah menyelesaikan sekolah menengah atau perguruan tinggi, beberapa siswa mengambil tahun jeda untuk mengisi ulang dan menghindari kelelahan sebelum melanjutkan studi lebih lanjut.

6. Peningkatan kinerja akademik

Beberapa siswa menemukan bahwa jeda tahun membantu mereka memfokuskan kembali dan kembali ke studi mereka dengan tujuan dan motivasi yang lebih jelas.

Penting untuk merencanakan gap year dengan hati-hati, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti keuangan, keamanan, dan dampak potensial pada rencana akademik atau karier di masa depan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Unik Orang Sukses di Dunia, dari Albert Einstein hingga Barack Obama

Banyak siswa dan dewasa muda menganggap gap year sebagai pengalaman berharga yang memperkaya hidup mereka dan membantu mereka mendapatkan perspektif dan keterampilan baru.

Namun, itu mungkin bukan pilihan yang tepat untuk semua orang sehingga perlu pertimbangan yang cermat terhadap tujuan dan keadaan seseorang sangat penting sebelum memutuskan untuk mengambil gap year.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)