3 Tips Memilih Gaya Rambut yang Tepat dan Sesuai Bentuk Wajah, Yuk Simak!

Minggu 12 Februari 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi. Berikut tips memilih gaya rambut agar sesuai dengan wajah dan tipe rambut yang dimiliki | Foto: Unplash/Nathan Fertig

Ilustrasi. Berikut tips memilih gaya rambut agar sesuai dengan wajah dan tipe rambut yang dimiliki | Foto: Unplash/Nathan Fertig

SUKABUMIUPDATE.com - Menentukan gaya rambut terutama para pria memang menjadi hal yang gampang-gampang susah.

Apalagi menentukan gaya rambut yang sesuai dengan bentuk wajah. Seperti diketahui jika model rambut sangat berpengaruh pada penampilan seseorang.

Memiliki potongan rambut yang pas diyakini bisa meningkatkan kadar ketampanan seseorang.
Namun, menentukan gaya rambut merupakan hal yang gampang-gampang susah.

Bahkan banyak orang kerap dibuat bingung saat harus menentukan gaya rambut yang sesuai dengan dirinya.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Model Rambut Pria Tahun 2023 Berdasarkan Bentuk Wajah

Sebenarnya kita bisa melihat beberapa inspirasi dari foto yang ada di internet untuk dijadikan inspirasi.

Tapi hal itu terkadang masih belum cukup dan masih belum yakin apakah gaya rambut tersebut cocok dengan kita atau tidak. Lalu bagaimana cara menentukan gaya rambut yang tepat dan sesuai dengan diri kita?

Mengutip dari Tempo.co, untuk membantu memicu inspirasi, stylist selebriti Joseph Maine memberikan tips memilih potongan rambut terbaik yang unik sesuai dengan rambut dan preferensi Anda.

Baca Juga: Tampil Baru! 5 Tren Model Rambut Wanita Di Tahun 2023, Suka yang Mana?

1. Mempertimbangkan bentuk wajah

Yang pertama bisa dilakukan saat menentukan gaya rambut yaitu dengan mencari tahu berapa panjang rambut yang Anda inginkan.

Jika Anda belum memiliki preferensi, Anda dapat mempertimbangkan untuk melihat bentuk wajah Anda untuk mendapatkan inspirasi.

"Untuk panjang, sebagian besar bentuk wajah sesuai dengan panjang atau lebih panjang tulang selangka rambut," kata Maine. "Saya akan mendorong mereka yang memiliki bentuk wajah panjang untuk memilih panjang yang lebih pendek atau menambahkan layer atau poni yang membingkai wajah untuk menambah lebar dan keseimbangan.

Baca Juga: 13 Fakta Goa Kutamaneuh Sukabumi, Peristirahatan Prabu Siliwangi Sampai Johny Indo

Misalnya jika wajah Anda berbentuk bulat, terlihat paling baik dengan panjang sedang hingga panjang dengan lapisan minimal di sekitar wajah. Jika menginginkan lapisan, sebaiknya pertahankan sebahu atau lebih panjang.

Untuk wajah berbentuk hati adalah kandidat yang bagus untuk poni, entah itu tumpul atau feathered bang. Ini menutup wajah bagian atas sambil membingkai wajah bagian bawah dengan baik. Sedangkan bentuk wajah oval terlihat bagus dengan pinggiran tipis atau layering yang membingkai wajah.

2. Menentukan bagian wajah favorit

"Semua 'aturan' ini harus berupa saran ringan, karena Anda harus menyoroti fitur yang membuat Anda merasa terbaik," kata Maine.

Baca Juga: Jangan Asal! 6 Kesalahan Keramas yang Harus Dihindari, Bisa Bikin Rambut Rontok

Lihatlah wajah Anda dan coba tentukan apakah Anda ingin menonjolkan mata, tulang pipi, dahi, dan lainnya.

"Kadang poni tumpul menempatkan banyak fokus pada bagian tengah wajah," kata Maine. Jadi seseorang yang tidak ingin menarik perhatian ke hidungnya mungkin menghindari poni yang kuat, misalnya. Poni tipis yang jatuh tepat di bawah alis menarik perhatian ke arah mata, sementara poni tirai yang lebih panjang dapat menonjolkan tulang pipi.

3. Nilai kebiasaan menata rambut

Terakhir, Anda ingin mempertimbangkan keterampilan dan upaya penataan rambut. Apakah Anda tipe orang yang terburu-buru keluar rumah dengan rambut basah, atau lebih suka mendedikasikan waktu untuk gaya sehari-hari?

Baca Juga: Mengetahui Kepribadian Wanita dari Belahan Rambut, Begini Penjelasannya

Ini mungkin lebih berkaitan dengan jenis rambut Anda apakah lurus, bergelombang, keriting, atau keriting, tetapi juga tergantung pada preferensi pribadi.

Juga perlu diingat bahwa beberapa potongan rambut membutuhkan lebih banyak perawatan di salon. Poni adalah tambahan yang paling menonjol, jadi pilihlah poni atau lapisan yang tidak memerlukan perhatian terus-menerus jika Anda tahu Anda lebih suka tetap dengan janji rambut dua kali setahun.

"Poni tirai dapat dipotong dengan cara yang tumbuh dengan sangat baik dan dapat dibuat dengan bagian yang sangat kecil di garis rambut, memberikan potongan rambut beberapa gaya tambahan saat menata rambut Anda ke atas atau ke bawah tanpa perawatan yang diperlukan dengan poni tradisional," ujar Mine.

Bagi mereka yang mendambakan potongan yang akan tumbuh mulus tanpa sering mengunjungi salon, layering tipis atau potongan tumpul adalah pilihan yang tepat, kata Maine.

Sumber: Tempo.co (Mind Body Green)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)