BNI dan Kenangan Emosional Prabowo: Warisan Keluarga yang Terus Berlanjut

Jumat 11 Oktober 2024, 13:14 WIB
Presiden Terpilih Prabowo Subianto saat sedang berpidato di acara BNI Investor Daily Summit 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, pada Rabu (9/10/2024). (Sumber : Istimewa.).

Presiden Terpilih Prabowo Subianto saat sedang berpidato di acara BNI Investor Daily Summit 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, pada Rabu (9/10/2024). (Sumber : Istimewa.).

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto berbagi kenangan pribadi tentang hubungan keluarganya dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk atau BNI dalam acara BNI Investor Daily Summit 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Rabu (9/10/2024). Dalam pidato penutupannya, Prabowo mengenang jejak keluarganya dalam sejarah berdirinya BNI, yang mempertegas ikatan emosionalnya dengan bank milik negara ini.

Dia mengaku bersedia hadir setelah menerima undangan langsung dari Enggartiasto Lukita, Executive Chairman B-Universe, yang juga mantan Menteri Perdagangan. Keputusan Prabowo tersebut didorong oleh ikatan emosionalnya dengan BNI, yang memiliki makna besar bagi keluarganya.

"Saya merasa berat untuk tidak hadir di acara BNI. Ada hubungan emosional yang mendalam antara BNI dan keluarga saya, karena kakek saya, Pak Margono Djojohadikoesoemo, yang mendirikan BNI atas perintah Bung Karno dan Bung Hatta," kata Prabowo.

BNI memang tidak hanya bank biasa bagi Prabowo, melainkan juga bagian penting dari sejarah keluarganya. Margono Djojohadikoesoemo, kakek Prabowo, adalah sosok yang menerima mandat dari para pendiri bangsa untuk mendirikan BNI, yang menjadi bank milik rakyat pertama di Indonesia.

"BNI adalah kebanggaan keluarga kami. Pak Margono yang menerima perintah dari Bung Karno untuk mendirikan bank pertama milik rakyat Indonesia, yaitu BNI. Itu adalah sejarah besar bagi kami," tambah Prabowo.

BNI sendiri didirikan pada 5 Juli 1946 sebagai bank sentral dan bank umum oleh Pemerintah Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 2 tahun 1946 tanggal 5 Juli 1946.

Bank ini kemudian diresmikan di Yogyakarta pada tanggal 17 Agustus 1946 dengan Margono Djojohadikoesoemo yang merupakan kakek dari Prabowo Subianto ditunjuk sebagai direktur utamanya.

Pada tahun 1949, sesuai hasil Konferensi Meja Bundar, status BNI sebagai bank sentral dicabut dan diserahkan kepada De Javasche Bank. Namun, peran BNI sebagai bank yang diberi mandat untuk memperbaiki ekonomi rakyat dan berpartisipasi dalam pembangunan nasional tidak berhenti sampai disitu.

Dikukuhkan oleh UU No. 17 tahun 1968, BNI ditetapkan menjadi “Bank Negara Indonesia 1946”, dan statusnya menjadi Bank Umum Milik Negara. BNI kemudian terus tumbuh menjadi salah satu pilar penting dalam perekonomian nasional hingga saat ini.

Prabowo juga menceritakan bagaimana kakeknya pernah ditangkap oleh Belanda di kantor BNI di Yogyakarta pada tahun 1948 saat terjadi agresi militer Belanda. Hal ini semakin mempertegas betapa besar peran BNI dan keluarga Margono dalam sejarah perjuangan bangsa.

Sebagai lembaga keuangan yang terus berinovasi, BNI tidak hanya bangga dengan sejarahnya, tetapi juga dengan kontribusi berkelanjutannya terhadap pembangunan ekonomi nasional. Kehadiran Prabowo di acara tersebut menjadi simbol bahwa hubungan emosional dan kontribusi BNI bagi bangsa tetap terjalin kuat hingga hari ini.

BNI, yang lahir dari semangat perjuangan bangsa, pun terus berkomitmen untuk menjadi bank terdepan yang mendukung kemajuan ekonomi nasional dan kesejahteraan rakyat Indonesia. (*)

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi11 Oktober 2024, 15:00 WIB

Loker Minimal SMA Sederajat Sebagai Waiter/Waitress di Salah Satu Cafe & Resto di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Loker Minimal SMA Sederajat Sebagai Waiter/Waitress di Salah Satu Cafe & Resto di Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik.com@ Drazen Zigic)
DPRD Kab. Sukabumi11 Oktober 2024, 14:59 WIB

Bertemu Petani Sukabumi, Dewan Iwan Ridwan Terima Aspirasi Soal Reforma Agraria

Terdapat sekitar 43 petani, di mana perwakilannya menyampaikan sejumlah aspirasi.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Iwan Ridwan bertemu para petani penggarap tanah negara PTPN VIII di Desa Perbawati, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jumat (11/10/2024). | Foto: Istimewa
Nasional11 Oktober 2024, 14:51 WIB

Komeng Ditugaskan di Komisi Pertanian: Saya Harus Belajar Kemana?

Kali ini senator asal Jawa Barat melakukan aksi protes dengan gayanya, karena harus mengalah pada anggota DPD lain asal Jabar, sehingga ditempatkan di komisi yang tidak dikuasai, bidang Pertanian.
Nama Alfiansyah Bustami alias Komeng dalam kertas suara DPD. | Foto: Istimewa
Bola11 Oktober 2024, 14:31 WIB

Kontroversi Al-Kaf dan Kisah Wasit Berlisensi FIFA Pertama Asal Sukabumi yang Anti Suap

Keputusan-keputusan kontroversial ini memunculkan beragam spekulasi.
Ahmed Al-Kaf (kiri) dan Kosasih Kartadiredja (kanan). | Foto: Istimewa/Historia.id
Sukabumi11 Oktober 2024, 14:15 WIB

4 Hari Terganggu, Perumdam TJM Palabuhanratu Pastikan Distribusi Air Kembali Normal

Distribusi air bersih sempat terganggu empat hari, Perumdam TJM Sukabumi cabang Palabuhanratu ungkap penyebabnya.
Pipa distribusi air bersih Perumdam TJM Sukabumi Cabang Palabuhanratu. (Sumber : Istimewa)
Life11 Oktober 2024, 14:00 WIB

Langkah-langkah Cara Adopsi Kucing dan 7 Tips Memilihnya Berdasarkan Kesehatan

Mengadopsi kucing bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, tetapi penting untuk memilih kucing yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.
Ilustrasi - Mengadopsi kucing bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, tetapi penting untuk memilih kucing yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi11 Oktober 2024, 13:52 WIB

Kumpul dengan Media, Pemkot Sukabumi Bahas Konten Positif Pilkada dan Netralitas ASN

Media memiliki pengaruh besar terhadap arah kebijakan pemerintah.
Coffee Morning Pemkot Sukabumi dengan media pada Jumat (11/10/2024) di salah satu kafe. | Foto: Website Kota Sukabumi
Keuangan11 Oktober 2024, 13:14 WIB

BNI dan Kenangan Emosional Prabowo: Warisan Keluarga yang Terus Berlanjut

Prabowo mengenang jejak keluarganya dalam sejarah berdirinya BNI, yang mem
Presiden Terpilih Prabowo Subianto saat sedang berpidato di acara BNI Investor Daily Summit 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, pada Rabu (9/10/2024). (Sumber : Istimewa.).
Food & Travel11 Oktober 2024, 13:00 WIB

Situ Cangkuang Garut: Destinasi Wisata Alam Sekaligus Belajar Situs Bersejarah

Situ Cangkuang adalah destinasi wisata yang cocok untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam, mempelajari sejarah, dan bersantai bersama keluarga.
Situ Cangkuang adalah destinasi wisata yang cocok untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam, mempelajari sejarah, dan bersantai bersama keluarga. (Sumber : Instagram/@disparbudgarut).
DPRD Kab. Sukabumi11 Oktober 2024, 12:04 WIB

Kunjungi Pabrik Garmen, Komisi IV DPRD Sukabumi Pantau Hak Karyawan dan Bahas Isu Pungli

Rahma Sakura Ramkar menjelaskan tujuan Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi kunjungi dua pabrik garmen di Cibadak.
Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2024-2029 kunker ke pabrik garmen di Cibadak, Kamis (10/10/2024). (Sumber Foto: Istimewa)