Program Gebyar Sipenyu Resmi Dilaunching Bupati, Bapenda Beri Hadiah Umrah

Senin 26 Agustus 2024, 17:04 WIB
Penandatanganankerja sama Bapenda Kabupaten Sukabumi dengan sejumlah perangkat daerah terkait Gebyar Sipenyu yang disaksikan Bupati Marwan Hamami. (Sumber Foto: Diskominfosan Kab. Sukabumi)

Penandatanganankerja sama Bapenda Kabupaten Sukabumi dengan sejumlah perangkat daerah terkait Gebyar Sipenyu yang disaksikan Bupati Marwan Hamami. (Sumber Foto: Diskominfosan Kab. Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Gebyar Sipenyu, program unggulan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sukabumi resmi dilaunching oleh Bupati Marwan Hamami di GOR Venue Tinju Palabuhanratu, Senin (26/8/2024).

Gebyar Sipenyu merupakan program Gerakan Sadar Membayar Pajak dan Retribusi Melalui Pelayanan Rakyat Terpadu.

Peluncuran program yang diikuti sebanyak 1.600 Kepala Dusun (Kadus) se-Kabupaten Sukabumi itu turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Desa serta tamu undangan lainnya.

Acara ini sekaligus pengundian hadiah umrah bagi masyarakat yang telah melunaskan PBB hingga 17 Agustus kemarin. Tak hanya undian umrah, tapi juga hadiah pembebasan denda pajak hingga 30 September 2024 mendatang.

Baca Juga: Bapenda Kabupaten Sukabumi Gencar Sosialisasikan Gebyar Sipenyu, Ini Arti dan Tujuannya

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan program ini merupakan langkah strategis yang dilakukan oleh Bapenda dalam mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sejumlah inovasi dan dorongan bagi pelaksana di lapangan yakni Kepala Desa dan Dusun dengan sistem reward atau penghargaan.

"Hari ini adalah momen penting bagi Bapenda untuk mengoptimalkan perannya. Dengan beberapa aplikasi baru dan dorongan kepada pelaksana di lapangan, kita bersyukur capaian (PAD) sampai bulan ini sudah jauh melampaui ekspektasi," kata Marwan kepada awak media.

Marwan menegaskan, dengan capaian PAD yang optimal tentunya menjadi solusi efektif dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah. Ia kemudian berpesan kepada Bapenda untuk fokus pada optimalisasi potensi pajak yang belum tergarap maksimal.

Sementara itu, Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri mengatakan, program Gebyar Sipenyu ini merupakan inovasi yang bertujuan agar pelayanan pemerintah bisa hadir di tengah-tengah masyarakat dengan bentuk yang lebih mudah dan murah.

Sejumlah inovasi yang termasuk dalam Gebyar Sipenyu ini antara lain, 'Pada Nikah Ya' (Penyepadanan NIK, Nilai Objek Pajak (NOP) dan Objek Tanah lainnya), 'Smart Bapenda' (Sistem Manajemen Aplikasi Masyarakat Terpadu Badan Pendapatan Daerah), 'Sipenyu' (Retribusi dan Pajak Edisi Nyabet Untung) dan 'Pastel Isi' (Pasar Pelayanan Pajak Teladan dan Terintegrasi).

"Sejumlah inovasi yang termasuk dalam Gebyar Sipenyu seperti Pada Nikah Ya, Smart Bapenda, Pastel Isi dan Sipenyu akan memberikan pelayanan yang mudah kepada masyarakat. Bahkan masyarakat sudah bisa cetak SPPT mandiri di inovasi Smart Bapenda secara online via whatsapp dinomor 0857-9888-8110,"paparnya.

“Kolaborasi antara sistem aplikasi dan layanan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi Kabupaten Sukabumi dalam meningkatkan PAD,” tambahnya. 

Pria yang akrab disapa Bima itu menyebut program Gebyar Sipenyu juga mengkolaborasikan antara kegiatan pajak dengan kegiatan lainnya, seperti pelayanan kesehatan, pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan perizinan, pelayanan KB, pelayanan kartu pencari kerja dan informasi lowongan kerja, menghadirkan UMKM bersama dinas koperasi dan UKM, serta dinas perindustrian dan perdagangan untuk membuat bazar produk UMKM. 

Untuk mewujudkannya, Bima melaksanakan penandatanganan komitmen kerja sama pelayanan oleh Bapenda dengan beberapa instansi terkait di acara launching program tersebut. 

"Melalui MoU antara Bapenda dengan dinas perizinan, kesehatan, Disdukcapil, Samsat, dan BJB, kita akan bergerak bersama untuk memberikan layanan terpadu kepada masyarakat. Harapannya, masyarakat tidak hanya memenuhi kewajiban membayar pajak, tetapi juga menerima manfaat dari layanan dasar seperti kesehatan dan administrasi kependudukan," tandasnya.

Untuk diketahui, hadiah umrah diberikan kepada kepala dusun yakni Piatman Gunawan, M.Yusup Reyan Fauzillah, Royadin, Juanda, dan Ade Kurniawan. Sedangkan masyarakat yang mendapatkan hadiah umrah adalah Usep, Kudin, Eno Dudun Khumaeroh, Kimar. B Kohim, dan Perawati.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).