Sinergi BJBS KCP Palabuhanratu, MKKS dan LW Doa Bangsa dalam Penguatan Ekonomi Syariah

Rabu 22 Mei 2024, 15:03 WIB
Pertemuan dan silaturahmi BJBS KCP Palabuhanratu, MKKS dan LW Doa Bangsa membahas Penguatan Ekonomi Syariah | Foto : Ist

Pertemuan dan silaturahmi BJBS KCP Palabuhanratu, MKKS dan LW Doa Bangsa membahas Penguatan Ekonomi Syariah | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Bank BJB Syariah KCP Palabuhanratu menginisiasi pertemuan dengan pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Rayon Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Selasa (21/5/2024).

Pertemuan yang dilangsungkan di Palabuhanratu Sukabumi ini dihadiri pula Nazhir Wakaf Uang, Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa.

Pertemuan dan silaturahmi itu dihangatkan dengan suasana pantai Selatan dan materi diskusi perihal penguatan ekonomi syariah melalui sosialisasi produk-produk perbankan syariah.

Pimpinan BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sugeng Ribowo didampingi Thauriq Vicrianda selaku Staf Pemasaran Pembiayaan menyatakan bahwa produk-produk perbankan syariah seperti haji dan umroh, pembiayaan bagi pegawai dan penghimpunan wakaf uang sebagai instrumen baru dalam wakaf modern sangat strategis dalam membantu masyarakat merealisasikan ibadah haji dan umroh.

Selain itu, (produk-produk perbankan syariah) juga memenuhi kebutuhan masyarakat serta mampu secara solutif menjembatani Lembaga/Yayasan berdikari membangun lembaganya dengan pemberdayaan wakaf uang dan atau melalui uang secara produktif.

Baca Juga: Audiensi LW Doa Bangsa-BJB Syariah, Kolaborasi Majukan Perwakafan di Daerah

Sehingga manfaat atas wakaf tersebut dapat dinikmati oleh civitas akademika secara berkelanjutan.

"Value edukatif terkait wakaf uang ini sangatlah penting bagi anak-anak maupun para guru. Konsep wakaf uang ini mampu menjadi pembelajaran buat mereka dan juga role model bagi lembaga lainnya, sehingga diharapkan literasi akan meningkat dan inklusi keuangan sosial akan meningkat pula," jelasnya.

Ketua MKKS Sub Rayon Palabuhanratu Sukabumi, Dadan Chandra menanggapi bahwa literasi haji dan umroh serta fungsi bank dalam keuangan social yaitu penampung dan pengelola wakaf uang bersama Nazhir sangatlah bermanfaat dan menakjubkan.

Dahsyatnya informasi haji dan umroh dan manfaat wakaf uang sangat solutif dalam merealisasikan keinginan para guru, siswa dan lembaga.

Mereka menyatakan bahwa ternyata sangatlah mudah bagi guru dan siswa untuk untuk berangkat haji dan umroh dengan tabungan haji dan umroh iB maslahah bank bjb syariah.

"Dengan teknologi digital yang canggih, hanya dengan gerakan jari tangan tanpa ribet mengisi formulir, rekening haji dengan mudah terbentuk," ujarnya.

Direktur LW Doa Bangsa Entus Wahidin, menyatakan pemahaman akan wakaf uang sangat sederhana, namun manfaatnya sangat dahsyat.

Terpisah, H Ayep Zaki sebagai dewan pengarah LW Doa Bangsa sekaligus anggota Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan pula bahwa sesungguhnya keabadian marwah pendidikan itu sangat tergantung kepada eksistensi Dana Abadi di sekolah tersebut.

Baca Juga: Paling Banyak Lulusan Sekolah Ini, Menaker Soal 9,9 Juta Anak Muda Nganggur

Kita bisa belajar dari Perguruan Tinggi Al-Azhar, Kairo, Mesir yang menjadi sekolah tertua dalam pengelolaan Dana Abadi berbasis Wakaf yang telah teruji mampu menjadi guardian dalam kelangsungan pendidikan itu sendiri bahkan menjadi penyangga utama negara.

Di Indonesia, Keabadian Wakaf ini, dijamin oleh UU no 41 tahun 2004 tentang Wakaf, berikut turunan peraturan perundangannya.

"Artinya melalui regulasi ini LW Doa bangsa yang telah berlisensi Badan Wakaf Indonesia (BWI) ini memiliki legitimasi dan kesiapan untuk menjadi Nazhir Wakaf Uang yang berkolaborasi dengan Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU) seperti Bank BJB Syariah untuk membangun Dana Abadi Pendidikan atau program mauquf alaih lainnya yang menjamin kemaslahatan publik," jelasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi06 Oktober 2024, 10:20 WIB

Dukung Perekonomian dan Sektor Industri, PLN Sukabumi Energize PT Porto Food Indonesia

PLN UP3 Sukabumi Energize PT Porto Food Indonesia sebagai bentuk komitmen PLN selama 5 tahun kepemimpinan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN.
PLN UP3 Sukabumi telah resmi memasok listrik dengan kapasitas daya sebesar 1.730.000 VA kepada PT Porto Food Indonesia. (Sumber : Istimewa)
Life06 Oktober 2024, 10:00 WIB

12 Tips Memelihara Anjing untuk Pemula, Jangan Takut Begini Langkahnya!

Memelihara anjing adalah pengalaman yang menyenangkan, namun juga membutuhkan tanggung jawab yang besar. Bagi pemula, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar anjing peliharaanmu tumbuh sehat dan bahagia.
Ilustrasi - Memelihara anjing memang menyenangkan, tapi bagi pemula ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. (Sumber : Pixabay.com/@ZigmarsBerzins).
Sukabumi06 Oktober 2024, 09:52 WIB

Kecelakaan Maut di Jalur Lingsel Sukabumi, Pemotor Remaja Tewas Usai Tabrak Truk Parkir

Berikut kronologi kecelakaan maut di jalur Lingsel Sukabumi yang menewaskan pemotor remaja usai menabrak truk yang terparkir di bahu jalan.
Polisi saat olah TKP kecelakaan di Jalan Raya Lingkar Selatan, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu 5 Oktober 2024 malam. (Sumber Foto: Istimewa)
Inspirasi06 Oktober 2024, 09:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cook dengan Penempatan di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi lowongan kerja. Lowongan Kerja Sebagai Cook dengan Penempatan di Kota Sukabumi | (Sumber : Foto: Freepik.com)
Science06 Oktober 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 6 Oktober 2024, Cek Dulu Langit Sebelum Keluar Rumah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan, berawan dan hujan ringan pada 6 Oktober 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan, berawan dan hujan ringan pada 6 Oktober 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi05 Oktober 2024, 23:01 WIB

Yayasan Bhakti Iyos Somantri Bantu Korban Kebakaran Rumah di Ciracap Sukabumi

Sekretaris Yayasan Bakti Iyos Somantri, Fery Gustaman mengatakan sebagai bagian dari kepedulian terhadap korban bencana, Yayasan meyumbangkan bahan material berupa semen untuk membantu membangun kembali rumah mereka.
Sekretaris Yayasan Bakti Iyos Somantri, Fery Gustaman saat menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Internasional05 Oktober 2024, 22:32 WIB

Dibom Tiap Hari, Kondisi Gaza Semakin Memburuk

Perang terus berlangsung, korban berjatuhan setiap hari di Jalur Gaza, Palestina, akibat serangan Israel. Hal tersebut seperti dilaporkan Dokter Lintas Batas atau Médecins Sans Frontières (MSF).
Gaza di Bom tiap hari oleh Israel | Foto : Capture youtube Aljazeera
Sukabumi05 Oktober 2024, 21:24 WIB

Tanah Longsor Tutup Aliran Sungai di Bojonggenteng Sukabumi, Pertanian Warga Terancam

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi menyebabkan tanah longsor di Kampung Nangela RT 12/04, Desa Cipanengah, Kecamatan Bojonggenteng, Sabtu (5/10/2024) sekitar pukul 16.00 WIB.
Tanah longsor dan pepohonan tumbang menutup sungai Cipanengah di Bojonggenteng Sukabumi, Sabtu (5/10/2024) | Foto : Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 20:45 WIB

Rumahnya Tiba-tiba Ambruk, Ustadz di Tegalbuleud Sementara Tinggal di Mushola

Rumah permanen berukuran 12 x 6 meter milik Ustad Nasrudin (37 tahun) di Kampung Sukarata RT 01/04 Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, mengalami ambruk
Ambruk, rumah milik ustad Nasrudin di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Istimewa
Gadget05 Oktober 2024, 19:00 WIB

8 Cara Mengatasi HP Lemot, Dijamin Kembali Lancar

Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi.
Ilustrasi. Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi. (Sumber : Pixabay/JanVasek)