7 Alasan Mengapa Masalah Finansial Bisa Bikin Stres, Kamu Mengalaminya?

Minggu 05 November 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi. Sedih | Alasan Mengapa Masalah Finansial Bisa Bikin Stres, Cek Apakah Kamu Mengalaminya? (Sumber : pixabay.com/@DanielReche)

Ilustrasi. Sedih | Alasan Mengapa Masalah Finansial Bisa Bikin Stres, Cek Apakah Kamu Mengalaminya? (Sumber : pixabay.com/@DanielReche)

SUKABUMIUPDATE.com - Stres Finansial dapat mempengaruhi kesejahteraan emosional, mental, dan bahkan fisik seseorang.

Stres Finansial yang biasanya identik dengan hutang seringkali membuat seseorang merasa stres dan cemas.

Orang yang stres finansial juga memiliki sederet ciri yang dapat dikenali. Namun, bukan berarti semua orang yang stres disebabkan oleh masalah finansial ya, Updaters!

Baca Juga: 7 Ciri Orang yang Stres Finansial, Apa Kamu Mengalaminya?

Lantas, mengapa masalah finansial bisa bikin stres? Simak beberapa alasan mengapa masalah finansial bisa menyebabkan stres, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Alasan Masalah Finansial Menyebabkan Seseorang Stres

1. Takut kekurangan dana

Ketika seseorang tidak yakin apakah akan memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan dasar adalah salah satu alasan masalah finansial bisa bikin stres.

Baca Juga: 14 Ciri Anak Depresi Karena Kurang Kasih Sayang Orang Tua

Kebutuhan dasar tersebut misalnya makanan, tempat tinggal, atau kebutuhan medis, dapat menyebabkan kecemasan dan stres.

2. Tanggung jawab keuangan

Seringkali, seseorang merasa bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan finansial dirinya sendiri dan keluarganya. Jika kesulitan keuangan muncul, masalah finansial bisa bikin stres karena dapat menimbulkan tekanan emosional karena merasa tidak dapat memenuhi kewajiban tersebut.

3. Takut kehilangan pekerjaan atau pendapatan

Ketika ada ketidakpastian terkait pekerjaan atau sumber pendapatan, hal ini dapat menyebabkan stres yang signifikan. Kekhawatiran akan kehilangan pekerjaan dan sulitnya menemukan pekerjaan baru bisa menjadi beban emosional yang besar.

Baca Juga: 6 Ciri Anak Perempuan Depresi Karena Kurang Kasih Sayang Ayah

Akhirnya, masalah finansial bisa bikin stres karena timbul rasa khawatir berlebihan takut kehilangan sumber keuangan.

4. Hutang dan tekanan keuangan

Hutang yang menumpuk atau kesulitan membayar tagihan bulanan dapat memberikan tekanan psikologis yang kuat. Rasa bersalah, malu, atau kecemasan terkait pembayaran tagihan bisa membebani pikiran sehingga menjadi alasan mengapa masalah finansial bisa bikin stres.

5. Berdampak pada kesehatan dan kualitas hidup

Stres karena masalah finansial juga dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental seseorang.

Stres kronis akibat masalah finansial juga dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti insomnia, kecemasan, depresi, dan bahkan masalah fisik seperti sakit kepala atau gangguan pencernaan.

6. Keterbatasan pilihan dan kebebasan

Ketika seseorang tidak memiliki cukup uang, masalah finansial bisa bikin stres menjadi hal yang mungkin karena ada keterbatasan pilihan hidup.

Baca Juga: 13 Ciri Orang yang Memiliki Masalah Psikologis, Kamu Mengalaminya Juga?

Misalnya, kesulitan untuk melakukan aktivitas rekreasi atau memilih pilihan hidup yang diinginkan bisa menjadi sumber stres.

7. Pengaruh pada hubungan interpersonal

Masalah finansial juga dapat memengaruhi hubungan dengan orang lain, termasuk keluarga dan teman. Stres karena masalah finansial atau terkait uang bisa memicu konflik dalam hubungan dan membebani interaksi sosial.

Mengatasi stres karena masalah finansial melibatkan perencanaan keuangan yang bijak, mencari bantuan jika diperlukan. Orang yang stres finansial juga bisa mulai menjaga keseimbangan emosional serta kesehatan mental.

Menemukan cara untuk mengelola stres dan mencari solusi serta bantuan dari sumber yang tepat bisa membantu meredakan beban emosional yang timbul dari masalah finansial.

Sumber: Berbagai Sumber.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional02 Juli 2024, 22:17 WIB

Ombudsman Ingatkan Sekolah Tidak Menjual Seragam pada PPDB

Lembaga pengawasan Ombudsman perwakilan NTB mengingatkan agar sekolah tidak menjual baju seragam maupun bahan baju seragam pada pelaksanaan PPDB.
Ilustrasi bahan seragam sekolah | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 21:51 WIB

Rayu PKS Gabung Koalisi Sulanjana, Fikri Bertemu Sodikin Untuk Pilkada Sukabumi

Tokoh muda yang siap menjadi Bakal calon (Bacalon) Wakil Bupati Sukabumi, Fikri Abdul Aziz  bertemu dengan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sukabumi, M Sodikin.
Bakal Calon Wakil Bupati, Fikri Abdul Aziz dan M. Sodikin saat bertemu membahas Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi02 Juli 2024, 21:11 WIB

Bupati Sukabumi Akan Serahkan Raperda LPj APBD 2023 ke Gubernur untuk Evaluasi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengumumkan bahwa Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 telah resmi disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life02 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Bahasa Tubuh Wanita yang Diam-diam Menyukaimu, Dia Memendam Rasa!

Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya.
Ilustrasi - Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya. (Sumber : Freepik.com).
Nasional02 Juli 2024, 20:41 WIB

Hacker Bakal Berikan Kunci Enkripsi Pusat Data Nasional yang Diretas

Kelompok hacker, Brain Chiper, yang diduga meretas Pusat Data Nasional (PDNS), membuat pengumuman yang mengejutkan publik. Hal itu diungkap akun perusahaan intelijen siber @stealthmole_int di X.
Brain Chiper, yang diduga peretas Pusat Data Nasional (PDNS), menyebutkan bahwa kunci untuk membuka akses enkripsi PDNS 2 akan diberikan pada Rabu, 3 Juli 2024 | Foto : Ilustrasi
DPRD Kab. Sukabumi02 Juli 2024, 20:06 WIB

Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Tetapkan Laporan APBD 2023 Menjadi Perda

DPRD Kabupatem Sukabumi, menggelar Rapat Paripurna untuk menetapkan hasil laporan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, menjadi peraturan daerah (Perda).
Rapat Pipurna DPRD Kabupaten Sukabumi tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 | Foto : Istimewa
Gadget02 Juli 2024, 20:00 WIB

3 Rekomendasi HP dengan RAM Besar Harga Mulai Rp3 Jutaan Saja!

HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan.
Ilustrasi - HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan. (Sumber : samsung.com/Mi.co.id).
Nasional02 Juli 2024, 19:05 WIB

Penjambret Beraksi Di Jakarta Ditangkap Di Sukabumi: Ini Kronologi dan Identitasnya

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihaknya telah menangkap dua penjambret yang beraksi di arena Car Free Day Jalan Sudirman, Jakarta Pusat
Penjambret tertangkap kamera fotografer saat beraksi di car fre day di Sudirman Jakarta | Foto : @zakwanoe di X (Twitter)
Sehat02 Juli 2024, 19:00 WIB

Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol. (Sumber : YouTube/@Classic Bakes).
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 18:18 WIB

Bersaing di Pilbup Sukabumi, Asjap dan Iyos Kompak Hadiri Acara DPP Golkar: Ini Kata Relawan

Bakal calon bupati Sukabumi, Asep Japar dan Iyos Somantri kompak menghadiri acara DPP Partai Golkar, pada Minggu 30 Juni 2024, di Jakarta.
Asep Japar dan Iyos Somantri kompak hadiri acara DPP Partai Golkar | Foto : Istimewa