10 Manfaat Day Cream untuk Perawatan Kulit, Bisa Mencegah Penuaan Dini

Kamis 19 September 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi. Manfaat Daycream untuk Perawatan Kulit (Sumber : Freepik/@freepik)

Ilustrasi. Manfaat Daycream untuk Perawatan Kulit (Sumber : Freepik/@freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Day cream adalah produk perawatan kulit yang digunakan pada pagi hari untuk melindungi dan merawat kulit sepanjang hari.

Ada beberapa manfaat day cream untuk perawatan kulit. Merangkum dari berbagai sumber berikut ulasannya:

Manfaat Day Cream untuk Perawatan Kulit

1. Melembabkan Kulit

Manfaat: Day cream memberikan hidrasi yang dibutuhkan kulit agar tetap lembap dan kenyal sepanjang hari.

Cara Kerja: Day cream biasanya mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid, glycerin, atau ceramides yang menjaga kelembapan kulit dengan mengunci air di dalam lapisan kulit.

2. Perlindungan Sinar Matahari

Manfaat: Banyak day cream mengandung SPF (Sun Protection Factor) yang melindungi kulit dari paparan sinar UV berbahaya yang dapat menyebabkan penuaan dini, flek hitam, dan risiko kanker kulit.

Cara Kerja: SPF dalam day cream melindungi kulit dari sinar UVB dan UVA yang dapat merusak lapisan kulit dan menyebabkan kerusakan kolagen.

3. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat: Day cream sering kali mengandung antioksidan seperti vitamin C dan E yang membantu melawan radikal bebas penyebab penuaan dini, termasuk garis halus, kerutan, dan bintik hitam.

Cara Kerja: Antioksidan ini menangkal kerusakan akibat polusi dan radikal bebas, sehingga menjaga kulit tetap segar dan tampak muda.

Baca Juga: Kenapa Sukabumi Dijuluki Kota Mochi? 2 Versi Sejarah Ini Ungkap Alasannya!

4. Mendukung Perbaikan Kulit

Manfaat: Day cream dapat mengandung bahan aktif seperti peptide, retinol, atau niacinamide yang membantu perbaikan kulit dengan memperkuat lapisan kulit dan mempercepat regenerasi sel.

Cara Kerja: Bahan-bahan ini bekerja dengan cara merangsang produksi kolagen dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari atau polusi.

5. Menyamarkan Garis Halus dan Kerutan

Manfaat: Day cream dengan kandungan anti-aging dapat membantu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan, sehingga kulit tampak lebih halus dan muda.

Cara Kerja: Bahan aktif seperti retinol atau peptide dalam day cream bekerja untuk merangsang produksi kolagen, yang membantu menjaga elastisitas kulit.

6. Membuat Kulit Tampak Lebih Cerah

Manfaat: Beberapa day cream mengandung bahan pencerah kulit seperti vitamin C, niacinamide, atau arbutin yang membantu mengurangi hiperpigmentasi dan membuat kulit tampak lebih cerah dan bercahaya.

Cara Kerja: Bahan pencerah bekerja dengan menghambat produksi melanin berlebih yang menyebabkan bintik hitam atau warna kulit tidak merata.

7. Melindungi dari Polusi

Manfaat: Day cream dengan antioksidan atau bahan pelindung lainnya membantu melindungi kulit dari polusi udara yang dapat merusak kulit dan menyebabkan iritasi.

Cara Kerja: Antioksidan dalam day cream melindungi kulit dari radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi, menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari stres lingkungan.

Baca Juga: Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap? Cek Info Loker D3 Berikut!

8. Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Glowing

Manfaat: Day cream membantu menjaga kulit tampak sehat dan glowing sepanjang hari dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit.

Cara Kerja: Day cream memberikan hidrasi dan nutrisi yang cukup, sehingga kulit tampak lebih segar dan bercahaya secara alami.

9. Membantu Make-up Tahan Lebih Lama

Manfaat: Dengan menjaga kelembapan kulit, day cream membantu make-up menempel lebih baik dan tahan lebih lama, karena kulit yang terhidrasi dengan baik membuat aplikasi make-up lebih halus.

Cara Kerja: Day cream menciptakan lapisan dasar yang melembapkan, sehingga makeup tidak mudah retak atau cakey.

10. Menyeimbangkan Produksi Minyak pada Kulit

Manfaat: Day cream dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak, terutama bagi mereka dengan kulit berminyak, sehingga kulit tetap lembap tanpa terasa berminyak.

Cara Kerja: Kandungan bahan seperti niacinamide atau tea tree dalam day cream membantu mengatur produksi sebum sehingga kulit tidak terlihat mengkilap.

Baca Juga: Link Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kabupaten Sukabumi 2024

Dengan rutin menggunakan day cream sebagai bagian dari rutinitas perawatan harian, kulit akan lebih terlindungi, terawat, dan sehat sepanjang hari.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 September 2024, 00:27 WIB

Terbang ke Aceh, Sekda Ade Beri Dukungan ke Atlet PON XXI Asal Kabupaten Sukabumi

Sekretaris Daerah, Ade Suryaman, bersama sejumlah pejabat Pemkab Sukabumi terbang ke Aceh untuk memberikan dukungan kepada para atlet asal Kabupaten Sukabumi yang bertanding di PON XXI
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman dan jajaran saat bertemu para atlet asal Kabupaten Sukabumi di PON XXI di Aceh | Foto : Dokpim
Sukabumi19 September 2024, 23:23 WIB

Desa Wisata Hanjeli Sukabumi Sabet Penghargaan Wonderful Indonesia Impact Kemenparekraf

Enam desa wisata terbaik mendapat penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf bekerja sama dengan MarkPlus. Salah satunya adalah Desa Wisata Hanjeli, Kabupaten Sukabumi
Asep Hidayat saat menerima Penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Kamis (19/9/20204) | Foto : Istimewa
Sukabumi19 September 2024, 21:47 WIB

Sepakat Damai Cabut Laporan Usai Bentrok, PP dan Garis Sukabumi Saling Memaafkan

Pasca insiden yang melibatkan dua kelompok ormas PP Kota Sukabumi dan ormas Garis Sukabumi Raya pada Jumat 13 September 2024 lalu, kedua belah pihak bersepakat untuk islah atau berdamai.
Para Pimpinan kedua ormas usai tandatangani nota perdamaian di MWC Pemuda Pancasila (PP) Kota Sukabumi. Kamis (19/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi19 September 2024, 21:18 WIB

Puluhan Perahu Wisata Terparkir Sepi Imbas Keringnya Curug Cikaso Sukabumi

Puluhan perahu angkutan wisata yang biasa mengantar jemput wisatawan ke Curug Cikaso kini terparkir sepi di dermaga apung Sungai Cikaso, Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.
Puluhan perahu wisata terparkir di sungai cikaso imbas keringany curug Cikaso di Sukabum | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:58 WIB

KPU Kabupaten Sukabumi Tetapkan DPT Pilkada 2024, Terjadi Penurunan Jumlah Pemilih

Jumlah DPT Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 terdiri dari 1.001.764 pemilih laki-laki dan 981.642 perempuan.
Rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP dan penetapan DPT yang diselenggarakan KPU Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi19 September 2024, 20:42 WIB

Tepergok Curi Helm, Pria Cianjur Babak Belur Diamuk Massa di Dago Sukabumi

Berikut kronologi pria Cianjur nyaris tewas diamuk massa di Dago Sukabumi karena tepergok curi helm.
Tangkapan layar video viral pria babak belur diamuk massa karena tepergok curi helm di Dago Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:40 WIB

Panwaslu Sukaraja Sosialisasi Netralitas ASN, TNI/Polri dan Perangkat Desa di Pilkada Sukabumi

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sukaraja mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan netralitas ASN, TNI, Polri, Kepala Desa, dan perangkat desa dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Sukaraja saat melakukan sosialisasi netralitas ASN, TNI/Polri dan Aparat Desa, Kamis (19/9/2024) | Foto : SU
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:19 WIB

Tak Ada Tanggapan Masuk, KPU Menuju Tahap Penetapan Paslon Pilbup Sukabumi 2024

Nihin tanggapan dan masukan dari masyarakat terkait 2 bapaslon Pilbup Sukabumi 2024. KPU bersiap menuju tahapan berikutnya.
Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Kabupaten Sukabumi, Abdullah Ahmad Mulya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life19 September 2024, 20:00 WIB

Usir Muda Mudi yang Meresahkan, Kota di Finlandia Ini Putar Musik Klasik untuk Atasinya!

Kota di Finlandia ini punya cara unik mengusir pemuda yang selalu meresahkan di daerahnya.
Ilustrasi - Kota di Finlandia ini punya cara unik mengusir pemuda yang selalu meresahkan di daerahnya. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi19 September 2024, 19:26 WIB

Hindari Jalan Bergelombang, Kronologi Truk Tabrak Pemotor Hingga Tewas di Tanjakan Baeud

Berikut keterangan polisi terkait kronologi kecelakaan maut di Tanjakan Baeud Warungkiara Sukabumi, Truk ekspedisi tabrak pemotor hingga tewas.
Kecelakaan maut Truk boks ekspedisi tabrak pemotor di Tanjakan Baeud Warungkiara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)