5 Cara Mengetahui Undertone Kulit Agar Tidak Salah Memilih Kosmetik

Minggu 08 September 2024, 15:00 WIB
5 Cara Mengetahui Undertone Kulit Agar Tidak Salah Memilih Kosmetik (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)

5 Cara Mengetahui Undertone Kulit Agar Tidak Salah Memilih Kosmetik (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)

SUKABUMIUPDATE.com - Mengetahui undertone kulit memang sangat diperlukan agar bisa memilih produk make-up dengan tepat dan tidak salah warna atau shade, yang nantinya akan merusak penampilan.

Karena masih banyak sekali orang-orang yang kesulitan untuk mencari jenis make-up yang sesuai dengan warna alami pada permukaan kulit, sehingga ketika digunakan justru membuat riasan terlihat tidak bagus.

Mengetahui undertone dapat membantu banyak orang untuk memilih shade atau warna produk kosmetik secara tepat, terutama ketika menentukan foundation atau lipstik yang sesuai dengan kulit.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut cara untuk mengetahui undertone kulit untuk dapat menentukan kosmetik yang tepat.

Baca Juga: 5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Cara Mengetahui Undertone Kulit

1. Periksa Pembuluh Darah

Hal mudah pertama yang bisa dilakukan untuk mengetahui undertone kulit adalah dengan melihat pembuluh darah. Apabila warna pembuluh darah terlihat kehijauan mungkin memiliki undertone hangat.

Sementara, bagi orang yang pembuluh darahnya warna biru atau keunguan biasanya memiliki kulit lebih dingin. Jika mempunyai warna tidak tampak atau mirip warna kulit itu artinya undertone tersebut adalah netral.

2. Perhatikan Perhiasan

Selain lewat warna pembuluh darah, mengetahui undertone kulit bisa melalui perhiasan yang selama ini dipakai. Apabila lebih cocok dengan perhiasan warna emas kuning tradisional mungkin jenis undertone yang dimiliki adalah hangat.

Sedangkan kalau cocok mengenakan perhiasan berwarna, perak, platinum dan rose gold ada kemungkinan undertone adalah dingin. Jika cocok menggunakan perak maupun emas berarti undertone kulitnya cenderung netral.

Baca Juga: Bisa Tahan Hingga 4 Minggu, 6 Hal Tentang Eyelash Extension yang Perlu Kamu Tahu!

3. Kenakan Baju Berwarna Netral

Cara lain untuk mengetahui undertone kulit bisa dilakukan dengan mengenakan pakaian berwarna netral, seperti putih, hitam atau cokelat.

Pemilik jenis undertone dingin lebih cocok menggunakan pakaian warna putih. Sementara, yang warnanya hangat tampak lebih bagus mengenakan pakaian berwarna off-white.

Selain off-white, pemilik undertone hangat juga cocok dengan pakaian berwarna coklat. Sementara, pemilik jenis permukaan kulit dingin lebih cocok jika memakai pakaian warna hitam.

Bagi, yang memiliki warna dasar kulit netral akan terlihat cocok mengenakan pakaian berwarna apa saja.

4. Menggunakan Kertas Putih

Cari ini cukup mudah untuk mengetahui undertone kulit. Pertama pegang kertas kosong warna putih tepat di samping wajah. Jika hasilnya wajah terlihat lebih kuning berarti undertone kulitnya adalah hangat.

Apabila hasilnya kulit tampak berwarna merah muda itu berarti warna alami bawah kulit berjenis dingin.

5. Memanfaatkan Sinar Matahari

Mengetahui undertone kulit dengan memanfaatkan sinar matahari dilakukan ketika memperhatikan respon kulit saat terpapar sinarnya. Apabila mudah terbakar, mungkin undertone adalah dingin.

Sementara, pemilik kulit dengan undertone hangat biasanya tidak mudah terbakar ketika terpapar sinar matahari.

Meski begitu, ketika melakukannya penting untuk menggunakan sunscreen agar melindungi kulit dari sinar UV, terutama ketika sedang terik.

Baca Juga: Bisa Tahan Hingga 4 Minggu, 6 Hal Tentang Eyelash Extension yang Perlu Kamu Tahu!

Jenis Undertone Kulit

Undertone kulit ada tiga jenis, yaitu hangat, dingin, dan netral. Berikut penjelasannya mengenai jenisnya.

1. Hangat atau warm

Warna kulit yang termasuk ke dalam jenis hangat biasanya dari persik hingga kuning dan emas. Biasanya, mereka dengan undertone ini memiliki nuansa wajah pucat.

2. Dingin atau cool

Untuk orang yang memiliki jenis undertone kulit dingin biasanya mempunyai rona warna kulit yang bernuansa merah muda dan kebiruan.

3. Netral

Sementara, untuk pemilik undertone kulit netral biasanya mempunyai warna kulit yang hampir sama dengan warna kulit yang sebenarnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science17 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 17 September 2024, Langit Potensi Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 17 September 2024.
Ilustrasi. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 17 September 2024. | Foto: Pixabay
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)