Skincare yang Dimakan, Ini 8 Makanan Alami Terbaik untuk Kulit Bercahaya

Sabtu 27 Juli 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi. Salad. Skincare dari Makanan untuk Perawatan Kulit (Sumber : Pexels/JerChung)

Ilustrasi. Salad. Skincare dari Makanan untuk Perawatan Kulit (Sumber : Pexels/JerChung)

SUKABUMIUPDATE.com - Kulit merupakan organ tubuh yang terbesar, dan bertanggung jawab untuk melindungi organ dalam tubuh dari unsur-unsur eksternal. Salah satu indikator utama kesehatan kulit adalah cahaya alaminya, itulah mengapa kita harus selalu mencari cara untuk menjaga kulit agar tetap tampak berseri.

Meskipun ada banyak produk perawatan kulit yang tersedia di pasaran, penting untuk diingat bahwa makanan yang kita konsumsi berperan penting dalam kesehatan kulit kita.

Pola makan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan dapat membantu menutrisi kulit dan membuatnya tampak berseri secara alami. Sering disebut skincare yang dimakan, berikut adalah makanan alami terbaik untuk kulit yang berseri sebagaimana dilansir dari nyumi.com:

Skincare dari Makanan

1. Tomat

Tomat merupakan sumber likopen yang sangat baik, antioksidan yang membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit tampak berseri. Tomat termasuk skincare yang dimakan karena kaya akan vitamin C, yang membantu meningkatkan produksi kolagen, menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.

Baca Juga: 10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

2. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi hijau mengandung banyak vitamin A, C, dan E, yang semuanya penting untuk kesehatan kulit sehingga menjadi salah satu rekomendasi skincare yang dimakan.

Vitamin A, C dan E membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radiasi UV dan polutan lingkungan. Vitamin-vitamin ini juga meningkatkan produksi kolagen, yang membantu menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.

3. Buah beri

Buah beri seperti stroberi, blueberry, dan rasberi merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Skincare dari Makanan ini dipercaya mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit, yang menyebabkan penuaan dini dan kondisi kulit lainnya.

4. Cokelat Hitam

Cokelat hitam kaya akan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Tak heran cokelat hitam masuk deretan sumber skincare yang dimakan.

Cokelat hitam juga mengandung flavanol yang membantu melancarkan aliran darah ke kulit, menjaganya tetap ternutrisi dan sehat.

Baca Juga: 9 Ciri Orang Memiliki Dendam Pada Kita, Terlihat dari Sikapnya

5. Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak sehat, vitamin A, C, dan E, serta antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin. Nutrisi dalam skincare yang dimakan ini membantu menjaga kulit tetap lembap, mengurangi peradangan, dan melindunginya dari kerusakan akibat radiasi UV dan polutan lingkungan.

6. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang almond, kenari, dan biji bunga matahari kaya akan vitamin E, yang penting untuk kesehatan kulit.

Vitamin E merupakan antioksidan ampuh yang melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin E termasuk skincare yang dimakan karena membantu menjaga lapisan kelembapan kulit, menjaganya tetap terhidrasi dan kenyal.

7. Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan beta-karoten, yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A.

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan kulit karena membantu meningkatkan pergantian sel, menjaga kulit tetap lembut, halus, dan berseri. Selain itu, beta-karoten juga melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi UV.

Baca Juga: 10 Ciri Wanita Berkelas, Penampilannya Sederhana Namun Disukai Banyak Orang

8. Teh Hijau

Teh hijau merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang disebut katekin, yang melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Secara keseluruhan, teh hijau dapat menjadi tambahan yang bagus untuk perawatan kulit Anda, karena menawarkan manfaat antioksidan dan sifat antiperadangan teh hijau sebagai salah satu skincare yang dikonsumsi.

Singkatnya, untuk mendapatkan kulit yang berseri-seri diperlukan pendekatan holistik yang mencakup diet seimbang, olahraga teratur, dan gaya hidup sehat.

Memasukkan makanan terbaik untuk kulit berseri-seri ini ke dalam diet sehat dapat membantu menutrisi kulit dari dalam ke luar, sehingga mendapatkan kulit yang berseri-seri dan tampak sehat seperti yang diinginkan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment08 September 2024, 11:00 WIB

Ruri Repvblik Mengalami Kecelakaan Tunggal, Sang Istri Bagikan Kondisi Saat Ini

Vokalis grup band Repvblik, Ruri Wantogia mengalami kecelakaan tunggal saat melakukan touring motor gede bersama teman-temannya di Ciamis, Jawa Barat, pada Jumat, 6 September 2024.
Ruri Repvblik Mengalami Kecelakaan Tunggal, Sang Istri Bagikan Kondisi Saat Ini (Sumber : Instagram/@chisa_anne)
Sukabumi08 September 2024, 10:54 WIB

Caisar YKS Joget di Sukabumi, Ciaul Digoyang Yuk Keep Smile!

Warga Sukabumi khususnya yang mengikuti acara Jalan Santai Ciaul Ngahiji larut dalam joget YKS yang khas. Cesar joget di Sukabumi dengan gayanya yang khas musik suling dangdut.
Caisar Aditya Putra, komedian yang hadir di acara Jalan Santai Ciaul Ngahiji Sukabumi (Sumber : Instagram/@caisar_aditya)
Sukabumi08 September 2024, 10:28 WIB

Makna Perisai Hitam dan Gemah Ripah Loh Jinawi di Lambang Kabupaten Sukabumi

Kabupaten Sukabumi merayakan hari jadinya yang ke-154 pada 10 September 2024. Dalam rangka perayaan ini, penting untuk memahami makna di balik lambang Kabupaten Sukabumi yang menjadi simbol identitas dan kebanggaan daerah.
Lambang Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Film08 September 2024, 10:00 WIB

Ada The Architecture of Love, Berikut Daftar Film dan Serial Netflix di September

Memasuki bulan September sudah pasti bakal disambut dengan berbagai macam film dan serial terbaru dari berbagai platform streaming yang tersedia, salah satunya adalah Netflix.
Ada The Architecture of Love, Berikut Daftar Film dan Serial Netflix di September (Sumber : Instagram @/ikanatassa)
Sukabumi08 September 2024, 09:32 WIB

Korban Terdampak Gempa Di Tegalbuleud Sukabumi Dapat Bantuan Sembako

Bantuan untuk korban rumah ambruk dampak gempa dan angin kencang di Kampung Cibangoak RT 007/003 Desa Calingcing Kecamatan Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi mulai berdatangan
Polsek Tegalbulued saat menyerahkan bantuan kepada korban rumah ambruk terdampak Gempabumi | Foto : Ragil Gilang
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Fashion08 September 2024, 08:00 WIB

7 Tips Padu Padan Celana Pendek Pria dengan Outfit Casual

Dengan padu padan yang tepat, celana pendek bisa memberikan tampilan kasual yang tidak hanya nyaman tapi juga terlihat menarik.
Ilustrasi - Dengan padu padan yang tepat, celana pendek bisa memberikan tampilan kasual yang tidak hanya nyaman tapi juga terlihat menarik. (Sumber : Freepik.com).
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)