Jangan Lakukan, Ini 3 Kebiasaan Buruk bagi Bikin Wajah Perempuan Cepat Tua

Jumat 28 April 2023, 20:30 WIB
Ilustrasi. Pakar menyebut ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan wajah perempuan cepat tua | Foto: Freepik

Ilustrasi. Pakar menyebut ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan wajah perempuan cepat tua | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Kondisi wajah cepat menua menjadi salah hal yang ditakutkan hampir semua perempuan di Dunia. Maka tak mengherankan banyak orang yang melakukan perawatan wajah bahkan dengan biaya tak sedikit.

Namun, meski telah melakukan perawatan setiap hari, akan percuma jika masih melakukan kebiasaan buruk yang dapat membuat wajah cepat tua.

Tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, kerutan, hiperpigmentasi, atau kendur menjadi yang paling sering muncul, menurut Jen Copfer, perawat estetika terdaftar dan pendiri The Anti-Aging Pro dikutip dari Tempo.co.

Baca Juga: Wajah Tampak Lebih Tua dari Usia Asli, Kenali 7 Penyebab dan Cara Menghindarinya

Copfer mengatakan ada banyak kebiasaan perawatan kulit buruk yang sudah diketahui secara luas, seperti paparan sinar matahari tanpa perlindungan, merokok, pola makan yang buruk, dan kurang tidur, tapi ada beberapa kebiasaan buruk yang jarang dibicarakan, tetapi sangat umum yang dapat membuat kulit yang menua terlihat lebih buruk.

"Ini didasarkan pada pengalaman profesional saya sendiri dengan pasien saya yang berusia di atas 40 tahun, dan saya percaya ini penting untuk diperhatikan," kata dia.


Inilah tiga kebiasaan terburuk, menurut Copfer, untuk wanita di atas 40 tahun.

1. Posisi tidur

Sangat sulit untuk mengontrol bagaimana posisi tidur saat tengah berada di alam mimpi, tetapi bangun dengan kepala menghadap bantal dapat memiliki konsekuensi kulit jangka panjang. “Tidur dengan wajah telungkup dapat menyebabkan kerutan, garis, dan lipatan permanen, serta hilangnya elastisitas dan kekencangan dari waktu ke waktu,” kata Copfer.

Baca Juga: 5 Skincare Penting saat Cuaca Panas, Wajib Dipakai Agar Kulit Wajah Tetap Sehat!

“Saat tidur telungkup, Anda memberi tekanan dan gesekan pada kulit halus. Tekanan ini menyebabkan kulit terlipat, meregang, dan berkerut dengan cara yang tidak biasanya dilakukan pada siang hari. Seiring waktu, tekanan dan distorsi berulang yang dipaksakan ini dapat menyebabkan pembentukan kerutan, garis, lipatan, dan kulit kendur," dia menambahkan.

Menghindari kebiasaan buruk ini menjadi semakin penting seiring bertambahnya usia, catat Copfer, karena seiring bertambahnya usia, kulit kita menjadi lebih tipis dan lebih halus, membuatnya semakin rentan terhadap kerusakan akibat tekanan dan gesekan tidur di wajah.

2. Tidak melakukan eksfoliasi

Seiring bertambahnya usia, kulit mengalami banyak perubahan fisiologis, dan penting untuk mengatasi perubahan ini untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya, kata Copfer. “Salah satu perubahan ini adalah melambatnya waktu pergantian sel kita. Pergantian sel adalah proses alami, atau siklus, di mana kulit kita terus-menerus menciptakan sel-sel kulit baru dan melepaskan sel-sel mati dari lapisan atas kulit kita.”

Baca Juga: 5 Cara Mencuci Muka dengan Benar, Biar Wajah Makin Glowing

Ketika proses ini melambat, sel-sel kulit mati mulai menumpuk dan bertahan di permukaan kulit lebih lama daripada di kulit yang lebih muda, kata Copfer. “Ini pada dasarnya mengarah pada penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit. Seperti yang dapat Anda bayangkan, penumpukan sel kulit mati yang berlebihan ini memiliki beberapa efek yang terlihat dan tidak diinginkan pada kulit, seperti kulit kusam, tekstur kulit tidak rata atau kasar, dan menyebabkan garis halus dan kerutan menjadi lebih terlihat.”

Kunci untuk mengatasi pergantian sel yang lebih lambat adalah eksfoliasi secara teratur, yang dapat membantu melawan efek ini dan menjaga kulit terlihat sehat dan cerah. “Pengelupasan tidak hanya menghilangkan akumulasi sel kulit mati, tetapi juga membantu mempercepat waktu pergantian sel yang melambat,” kata Copfer.

3. Tidak menggunakan pelembap

Perubahan fisiologis lain yang terjadi di kulit seiring bertambahnya usia adalah penurunan lipid alami yang ada di kulit, kata Copfer menekankan. “Lipid ini membentuk lapisan di lapisan luar kulit kita, yang berfungsi sebagai mekanisme pelindung kulit kita, juga dikenal sebagai penghalang kulit kita.

Lapisan ini membantu mencegah hal-hal buruk, seperti iritasi, alergen, dan patogen, sekaligus menjaga hal-hal baik, seperti hidrasi dan kelembapan," kata dia. "Lipid alami ini terdiri dari ceramide, asam lemak, dan kolesterol. Penurunan salah satu lipid ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering, teriritasi, sensitif, kasar."

Baca Juga: Ketahui 5 Tanda Kolesterol Tinggi, Ada Bisul di Kulit Wajah

Seiring bertambahnya usia, jumlah lipid alami ini berkurang, terutama ceramide, dan ini menyebabkan kulit lebih kering dan penghalang kulit yang lebih lemah, membuat kulit lebih sensitif dan rapuh.

“Untuk mengatasi masalah ini, sangat penting untuk melembapkan kulit yang menua lebih sering,” kata Copfer.

Itulah tiga kebiasaan buruk yang perlu dihindari untuk mencegah penuaan datang lebih cepat.

Sumber: Tempo.co (She Finds)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).