Bangga! Jawa Barat Juara Umum Cabor Paramotor PON XXI Aceh Sumut 2024

Selasa 10 September 2024, 08:59 WIB
Uji Terbang Atlet Cabang Olahraga Aerosport H-2 PON XXI Aceh Sumut 2024. Foto: Instagram/@aerosportparamotoraceh

Uji Terbang Atlet Cabang Olahraga Aerosport H-2 PON XXI Aceh Sumut 2024. Foto: Instagram/@aerosportparamotoraceh

SUKABUMIUPDATE.com - Kontingen Jawa Barat (Jabar) kembali menorehkan prestasi di Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh Sumatera Utara (Sumut) 2024, sebagai juara umum cabang olahraga paramotor dengan perolehan tiga medali emas.

Technical Delegate (TD) Paramotor Cahyo Alkantana mengatakan, Paramotor Jawa Barat total menyabet tujuh medali, yaitu tiga emas, satu perak, dan tiga perunggu.

Merujuk laman resmi PON Aceh Sumut, hari terakhir perlombaan paramotor digelar di Veneu Bandara Malikussaleh, Aceh Utara, Minggu (8/9/2024).

Baca Juga: Resep Ceker Mercon Daun Jeruk, Menu Andalan Pecinta Makanan Pedas!

Duet Atlet Waosokhi Mendrofa dan Edwin menutup penampilan Kontingen Jawa Barat dengan menyumbangkan satu medali perunggu di kategori Presisi Wheel Launch Tandem Open.

Sementara itu, tuan rumah Aceh, yang sempat memimpin klasemen di paruh awal perlombaan, menempati posisi kedua klasemen akhir Paramotor PON 2024 dengan perolehan enam medali, yakni dua emas, tiga perak, dan satu perunggu. Kemudian, posisi ketiga Paramotor PON ditempati oleh Lampung yang berhasil mengantongi empat medali, yakni dua emas dan dua perak.

Kontingen dari Banten tercatat berada di posisi keempat dengan dua medali emas dan satu perunggu, diikuti Jawa Timur dengan satu emas dan dua perunggu. 

Berikut urutan Juara Paramotor PON XXI Aceh Sumut 2024 yang dimenangkan oleh Kontingen Jawa Barat:

  1. Kontingen Jawa Barat 
  2. Kontingen Aceh
  3. Kontingen Lampung
  4. Kontingen Banten
  5. Kontingen Jawa Timur 

Baca Juga: Daftar 10 Atlet Asal Kota Sukabumi yang akan Bertanding di PON Aceh-Sumut

"Dengan berakhirnya perlombaan cabang olahraga paramotor, sukses menyelesaikan 12 mata lomba yang diperlombakan sejak 29 Agustus 2024 hingga 8 September 2024, diikuti oleh 63 atlet yang berasal dari 17 provinsi, dengan zero accident.” kata TD Cahyo, dikutip Selasa (10/9/2024).

Paramotor, salah satu pertandingan cabang olahraga PON 2024 yang diperlombakan di Bandara Malikussaleh, Aceh Utara, ini resmi ditutup pada Minggu (8/9/2024). Penutupan dilakukan oleh Ketua Komite Microlight dan Paramotor Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) yang juga selaku Wakil Inspektur Jenderal TNI Marsekal Pertama TNI Basuki Rochmat yang didampingi Dewan Kehormatan FASI Marsda TNI Anang Nurhadi dan Panwasrah KONI Laksma TNI Dony Santoso.

“Pelaksanaan dari tanggal 29 Agustus sampai sekarang semuanya berjalan dengan aman, lancar dan tertib tentunya zero insiden syukur alhamdullilah ” ujarnya.

Di kesempatan tersebut, Basuki Rochmat mengumumkan, Kontingen Paramotor Jawa Barat (Jabar) berhasil meraih juara umum setelah mengoleksi 3 emas 1 perak dan 3 perunggu.

“Paramotor perdana dipertandingan di PON ini termasuk sukses, kami sangat mengapresiasi Pemerintah Aceh yang telah mendukung terselenggaranya pertandingan ini dan kerja keras dari seluruh panitia yang mengawal pertandingan Paramotor berjalan dengan aman dan lancar ” pungkas Basuki Rochmat.

Baca Juga: 7 Inspirasi Gaya Belajar untuk Mendidik Anak: Visual hingga Kinestetik

Untuk diketahui, seperti merujuk KedaiPena.Com, Paramotor adalah olahraga dirgantara, merupakan pengembangan dari paralayang yang berada di bawah binaan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

Sumber: ponxxi.acehprov.go.id

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi17 September 2024, 14:03 WIB

Warga Beri Kesaksian, Kronologi Kebakaran Toko Sembako di Palabuhanratu Sukabumi

Kebakaran ini diduga disebabkan korsleting arus listrik.
Kebakaran toko sembako di Jalan Kidang Kencana, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Selasa (17/9/2024). | Foto: Istimewa
Mobil17 September 2024, 14:00 WIB

Muncul Bau Hangus! 5 Ciri-ciri Kopling Mobil Rusak yang Harus Diketahui

Kopling merupakan komponen vital pada mobil manual yang berfungsi menghubungkan dan memutuskan tenaga mesin ke transmisi.
Ilustrasi - Kopling merupakan komponen vital pada mobil manual yang berfungsi menghubungkan dan memutuskan tenaga mesin ke transmisi. (Sumber : Pixabay.com/@Sauerlaender).
Nasional17 September 2024, 13:58 WIB

Cek Honor dan Syaratnya! Open Recruitment KPPS Pilkada 2024: 17 - 28 September

Tugas KPPS, di antaranya menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS), merekap data, serta ikut melakukan penghitungan suara di tempat bertugas.
Ilustrasi. KPU mulai membuka proses rekruitmen KPPS untuk Pilkada 2024 (Sumber: su/fit)
Science17 September 2024, 13:45 WIB

Guncang Sukabumi, Catatan BMKG Soal Rentetan Gempa di Laut Selatan Jawa

Pusat sumber gempa atau episenter berada di laut selatan Jawa.
(Peta Gempa) Catatan BMKG terkait gempa tektonik dari perairan selatan Jawa. | Foto: BMKG
Science17 September 2024, 13:00 WIB

Pohon Pinus Bisa Prediksi Cuaca, 10 Fakta Menarik Sains yang Harus Kamu Ketahui

Sains mengajarkan kita untuk berpikir logis, menganalisis data, dan mengambil kesimpulan yang rasional.
Ilustrasi - Sains mengajarkan kita untuk berpikir logis, menganalisis data, dan mengambil kesimpulan yang rasional. (Sumber : Pixabay.com/@DukeAsh).
Sukabumi17 September 2024, 12:03 WIB

Kabar Bencana Lewat Telepon, Cerita Anak Pemilik Rumah yang Kebakaran di Sukabumi

Seluruh anggota keluarga sempat berkumpul sebelum menyadari api membesar.
Anggi Pratama (kanan/tidak memakai helm) di lokasi kebakaran rumah keluarganya di Kampung Pajagan RT 02/03 Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Bola17 September 2024, 12:00 WIB

Liga 1 PSBS Biak vs Madura United: Susunan Pemain, Prediksi Skor dan Link Live Streaming

PSBS Biak vs Madura United akan saling bentrok sore ini dalam lanjutan Liga 1 2024/2025 pekan ke-5.
PSBS Biak vs Madura United akan saling bentrok sore ini dalam lanjutan Liga 1 2024/2025 pekan ke-5. (Sumber : X@psbsbiak1964/@MaduraUnitedFC).
Sukabumi17 September 2024, 11:50 WIB

4 Rumah Kebakaran di Jampangkulon Sukabumi, Korsleting Diduga Jadi Penyebabnya

Aep mengungkapkan kebakaran pertama terjadi di rumah Ocah.
Kebakaran rumah di Kampung Panimbaan RT 06/05 Desa Nagraksari, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, Selasa (17/9/2024). | Foto: Istimewa
Life17 September 2024, 11:05 WIB

Mahasiswa di Sukabumi Hadirkan Tong Pembakaran Sampah Minim Asap untuk Warga

Terobosan teknologi pembakaran sampah minim asap diperkenalkan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) kepada warga Cisarua dalam program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T).
Mahasiswa KKN T 2024 Kelompok 2 UMMI memperkenalkan tong sampah minim asap kepada warga Cisarua Sukaraja Sukabumi (Sumber: dok UMMI)
Life17 September 2024, 11:00 WIB

10 Cara Membangun Sikap Percaya Diri Pada Anak Perempuan Introvert

Berikan ruang bagi anak perempuan introvert untuk menyendiri ketika mereka butuh waktu untuk memulihkan energi, karena introvert biasanya merasa lelah setelah interaksi sosial yang intens.
Ilustrasi - Anak introvert diharapkan bisa lebih berani mencoba hal baru dan lebih percaya diri saat menghadapi tantangan. (Sumber : Pixabay/JupiLu)